Skip to main content

Pengertian dan Ciri-Ciri Kalimat Klasifikasi

Penjelasan tentang karakteristik kalimat dalam bahasa Indonesia dalam beberapa jenis kalimat telah ditunjukkan dalam artikel sebelumnya. Beberapa artikel termasuk karakteristik kalimat deklaratif, karakteristik kalimat imperatif, dan karakteristik kalimat definisi. Artikel ini juga akan menampilkan karakteristik salah satu jenis kalimat lainnya, di mana jenis kalimatnya adalah kalimat klasifikasi.


Kalimat klasifikasi adalah salah satu jenis kalimat selain kalimat imperatif atau kalimat deklaratif. Kalimat klasifikasi itu sendiri adalah kalimat yang berisi klasifikasi hal-hal ke dalam kategori tertentu.

Untuk mengetahui apa karakteristik kalimat ini, di sini adalah diskusi tentang karakteristik kalimat klasifikasi yang dikutip dari contoh artikel kalimat klasifikasi.

1. Adanya Kata-Kata Tertentu di Dalamnya

Ciri pertama yang melekat pada kalimat ini adalah adanya kata-kata tertentu yang terkandung di dalamnya. Kata-kata itu, antara lain, diklasifikasikan, terdiri dari, dan kata-kata serupa lainnya. Kata-kata ini disisipkan di antara kata-kata utama yang diklasifikasikan oleh kata-kata yang merupakan klasifikasi kata utama. Misalnya: Jenis kalimat berdasarkan fungsi mereka terdiri dari kalimat deklaratif, imperatif, interogatif, dan kalimat seru.

Selain kata-kata ini, kalimat ini terkadang diawali dengan beberapa kata khusus. Biasanya kata itu didasarkan. Misalnya: berdasarkan fungsinya, kalimat diklasifikasikan menjadi empat jenis, yaitu kalimat deklaratif, imperatif, interogatif, dan kalimat seru.

2. Bersifat Informatif

Ciri selanjutnya dari kalimat ini adalah sifat kalimatnya yang informatif. Artinya, kalimat ini berisi informasi-informasi yang bersumber dari fakta yang dapat dipercaya. Dengan demikian, isi dari kalimat klasifikasi dapat dipercaya dan dapat dipertanggunjawabkan.

3. Berisi Penggolongan Suatu Hal

Sesuai dengan definisinya, kalimat ini merupakan suatu kalimat yang berisi penggolongan suatu hal menjadi kategori-kategori tertentu. Adapun penggolongan pada kalimat ini dilakukan berdasarkan karakteristik, ciri, atau indikator lain yang terkandung dalam suatu objek atau kata yang hendak diklasifikasikan oleh kalimat ini.

Untuk mengetahui seperti apa bentuk dari kalimat ini, berikut ini akan ditampilkan beberapa contoh dari kalimat klasifikasi yang ditampilkan di bawah ini!


  • Berdasarkan waktunya, puisi digolongkan atas dua jenis, yaitu puisi lama dan puisi baru.
  • Berdasarkan makanan yang disantapnya, hewan digolongkan menjadi tiga jenis, yaitu hewan karnivora, hewan herbivora, dan hewan omnivora.
  • Sampah atau limbah diklasifikasikan menjadi beberapa jenis, yaitu sampah organik, sampah anorganik, dan sampah kimiawi.
  • Berdasarkan kata negattif yang terkandung di dalamnya, klausa digolongkan menjadi dua jenis, yaitu klausa negatif dan juga klausa positif.
  • Berdasarkan isinya, paragraf terbagi atas lima jenis, yaitu paragraf eksposisi, argumentasi, deskripsi, narasi, dan juga paragraf persuasi.
  • Media-media sosial yang kini masih eksis di tengah-tengah masyarakat terdiri atas Facebook, Twitter, Instagram, Snapgram, dan juga Path.

Dari pembahasan di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa karakteristik klausa klasifikasi terdiri dari tiga karakteristik, yaitu adanya kata-kata tertentu di dalamnya, memiliki sifat informatif atau memberikan informasi, dan berisi klasifikasi hal-hal berdasarkan indikator-indikator tertentu yang terkandung dalam saya t. . Semua karakteristik ini melekat dan merupakan karakteristik dari kalimat klasifikasi.

Demikian pembahasan tentang karakteristik kalimat klasifikasi dalam bahasa Indonesia. Semoga bermanfaat dan mampu menambah wawasan kepada semua pembaca, baik mengenai kalimat klasifikasi khususnya, maupun tentang bahasa Indonesia pada umumnya. Itu saja dan terima kasih.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar