Skip to main content

Paragraf Konjungsi - Contoh Paragraf Konjungsi “Oleh Karena Itu”

Paragraf Konjungsi - ontoh Paragraf Konjungsi “Oleh Karena Itu” Sebelumnya, kita sudah tahu seperti apa contoh paragraf konjungsi itu. Kali ini, kita akan tahu seperti apa paragraf dengan kata hubung lain di dalamnya. Kata hubung yang dimaksud adalah kata karena itu. Untuk mengetahui paragraf apa yang mengandung konjungsi, berikut ini adalah beberapa contoh di bawah ini!


Contoh 1:

Saat ini, dominasi perbankan dan manufaktur dalam bidang ekonomi nasional sedikit memudar. Kini, sektor ekonomi di negara kita mulai didominasi oleh sektor ekonomi kreatif. Sektor ekonomi ini merupakan sektor ekonomi yang mengandalkan kreativitas dan inovasi dari para pelaku ekonomi. Adapun beberapa bidang yang termasuk ke dalam sektor ekonomi ini antara lain: perfilman, periklanan, tata busana, dan juga jurnalistik.

Oleh karena itu, jika kita ingin memasuki sektor ekonomi ini, kita harus mempunyai ide dan inovasi sebagai modal utamanya. Kedua modal tersebut bisa kita asah dengan berbagai cara, seperti membaca, menikmati karya seni (musik, film dan sebagainya), berpikir di luar pola pikir kebanyakan, dan berbagai cara lainnya.


Contoh 2:

Saat ini, informasi begitu banyak kita temukan di media massa, terutama di media daring (online). Di satu sisi, banyaknya informasi membuat wawasan kita bertambah. Akan tetapi, informasi yang banyak di mdeia daring membuat kita juga kebingungan dalam menentukan benar tidaknya suatu berita.

Oleh karena itu, kita mesti cermat dalam membaca informasi yang kita dapat di media daring. Adapun salah satu cara untuk mengetahui benar tidaknya sebuah berita adalah kata-kata yang terkandung di dalamnya. Jika terdapat kata-kata seperti “viralkan”, “sebarkan” dan sejenisnya, maka bisa dipastikan bahwa berita tersebut adalah berita palsu. Selain itu, cek pula sumber infromasi dan tanggal yang ada di dalamnya. Jika sumber dan tanggalnya tidak jelas, maka berita tersebut sebaiknya jangan kita percayai begitu saja.

Contoh 3:

Mempunyai penghasilan yang besar merupakan suatu kenikmatan tersendiri bagi seorang pekerja. Dengan penghasilan yang besar, seorang pekerja dapat memenuhi kebutuhannya, mulai dari kebutuhan primer hingga yang tersier. Meskipun sudah berpenghasilan banyak, alangkah lebih baik jika separuh penghasilan tersebut kita tabungkan atau diinvesitasikan ke hal-hal lain yang bersifat memberi untung jangka panjang. Hal ini dilakukan agar kita tidak kesulitan saat kita krisis keuangan akibat terlalu boros dalam menggunakan penghasilan kita yang besar itu.

Oleh karena itu, kita harus mengelola penghasilan kita yang besar secara bijak, dengan cara ditabung atau diinvesitasikan ke hal-hal yang lain. Dengan begitu, kita tidak akan uring-uringan saat mengalami krisis keuangan.

Contoh di atas hanya beberapa contoh paragraf konjungsi "karena itu" dalam bahasa Indonesia. Dari contoh-contoh ini, kita dapat melihat bahwa kata penghubung "oleh karena itu" selalu ditempatkan pada paragraf berikutnya sebagai simbol hubungan paragraf dengan paragraf sebelumnya.

Demikianlah pembahasan tentang contoh paragraf konjungtif "oleh karena itu" dalam artikel ini. Untuk melihat beberapa contoh paragraf lain, pembaca dapat membuka artikel berikut, yaitu: contoh paragraf persuasi tentang lingkungan, contoh definisi paragraf eksposisi tentang hewan, contoh paragraf kausalitas, contoh paragraf ineratif tentang kesehatan, serta deskripsi paragraf artikel artikel tentang ekonomi. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan bagi semua pembaca, baik yang menyangkut paragraf konjungtif maupun materi pembelajaran bahasa Indonesia. Terima kasih.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar