Paragraf Konjungsi - Contoh Paragraf Konjungsi “Adapun”

Paragraf Konjungsi - Contoh Paragraf Konjungsi “Adapun”. Menurut halaman kbbi.kemendikbud.go.id, paragraf didefinisikan sebagai bagian dari bab dalam esai yang biasanya berisi subjek di dalamnya. Dalam tulisan, paragraf terkadang selalu menggunakan kata hubung atau jenis kata hubung yang digunakan sebagai penghubung antara satu paragraf dan paragraf lainnya. Kata itu adalah satu kata yang biasa digunakan sebagai kata penghubung yang menghubungkan antara satu paragraf dengan paragraf lain.

Pada artikel ini, kita akan menemukan contoh penggunaan kata apa yang digunakan sebagai kata penghubung antar paragraf. Contohnya adalah sebagai berikut!


Contoh 1:

Paragraf merupakan bab dalam suatu karangan yang di dalamnya terdapat suatu pokok pikiran. Fungsi dari paragraf sendiri adalah sebagai sarana untuk menyampaikan pokok pikiran dalam suatu tulisan. Paragraf sendiri mempunyai sejumlah jenis berdasarkan indikator-indikator tertentu, seperti: berdasarkan fungsinya, letak kalimatnya, dan indikator-indikator lainnya.

Adapun salah satu jenis paragraf tersebut adalah paragraf eksposisi. Paragraf ini merupkaan suatu paragraf yang berfungsi untuk menjelaskan atau menginoformasikan suatu hal tanpa mengharap timbal balik dari orang lain. Paragraf ini sendiri merupakan salah satu jenis paragraf yang dikategorikan berdasarkan fungsi di dalamnya. Paragraf eksposisi sendiri terbagi atas beberapa jenis, diantaranya: paragraf eksposisi definisi, paragraf eksposisi klasifikasi, dan paragraf eksposisi proses.

Contoh 2:

Hampir setiap kota di Jawa Timur mempunyai potensi wisatanya masing-masing. Hal itu berlaku untuk kota Pacitan. Kota tempat kelahiran mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono  ini mempunyai sejumlah potensi wisata di dalamnya. Diantara semua potensi wisata di kota ini, gua menjadi potensi yang paling diunggulkan di kota ini. Hal ini dikarenakan kota ini mempunyai sejumlah gua yang patut untuk disambangi. Maka tak heran, jika kota ini mendapat julukan sebagai kota seribu satu gua.

Adapun salah satu gua yang menjadi destinasi wisata kota ini adalah Gua Gong. Dinamakan demikian, karena di gua ini terdapat sebuah batu yang bunyinya mirip seperti gua jika dipukul. Selain mempunyai batu unik tersebut, gua ini juga mempunyai daya tarik lainnya, yaitu ornamen stalakmit dan talaktit yang ada di bagian bawah dan atas gua. Kedua ornamen yang terbentuk secara alami ini mempunyai bentuk yang menyerupai sebuah ukiran abstrak yang begitu menarik.

Contoh-contoh yang ditunjukkan di atas adalah beberapa contoh paragraf konjungsi "sebagaimana untuk" dalam bahasa Indonesia. Dari contoh-contoh ini, kita dapat melihat bahwa kata atau kata sambung selalu dimasukkan setelah paragraf pertama ditulis, atau lebih tepatnya dimasukkan ke paragraf berikutnya. Ini dilakukan untuk menunjukkan bahwa paragraf pertama dan selanjutnya adalah paragraf yang terhubung satu sama lain.

Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan baru untuk semua pembaca, baik mengenai paragraf konjungtif khususnya, maupun mengenai mata pelajaran Bahasa Indonesia pada umumnya. Itu semua dan juga terima kasih kepada semua pembaca.

Demikianlah diskusi tentang paragraf konjungtif dalam artikel ini. Untuk mengetahui beberapa contoh paragraf lain, pembaca dapat membuka artikel berikut, yaitu: contoh paragraf persuasi tentang lingkungan, contoh definisi paragraf eksposisi tentang hewan, contoh paragraf induktif tentang lingkungan, contoh paragraf kausalitas, contoh paragraf analogi tentang cinta, contoh argumen paragraf tentang lingkungan sekolah, contoh paragraf ineratif tentang kesehatan, serta artikel tentang deskripsi paragraf ekonomi.

Belum ada Komentar untuk "Paragraf Konjungsi - Contoh Paragraf Konjungsi “Adapun”"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel