Skip to main content

Kumpulan Contoh Soal Paragraf Kalimat Rumpang Beserta Jawabannya

Contoh Soal Paragraf Kalimat Rumpang Beserta Jawabannya. Salah satu jenis paragraf yang ada adalah paragraf frasa sandi. Paragraf ini adalah paragraf dengan beberapa bagian yang ditandai dengan tanda baca elips (...). Tanda baca ini menunjukkan bahwa ada bagian yang tumpang tindih atau dikosongkan dari paragraf. Paragraf ini biasanya digunakan sebagai bagian dari pertanyaan mata pelajaran bahasa Indonesia. Biasanya, bagian yang memasang adalah bagian yang harus diisi oleh siswa dengan jawaban yang benar untuk mengisi bagian tersebut.

Dalam artikel ini, kita akan menemukan contoh ayat mana yang disertai dengan jawaban. Contoh-contoh yang dimaksud dapat disimak sebagai berikut!



Contoh 1:

Kucing merupakan salah satu jenis hewan (1)… yang ada di muka bumi. Selain itu, kucing juga dikenal sebagai salah satu jenis hewan (2)… yang terkenal, selain anjing ataupun kelinci. Kucing sendiri mempunyai sejumlah spesies yang tersebar di seluruh dunia. Namun, menurut beberapa penelitian, spesies kucing yang paling banyak tersebar dan paling banyak dipelihara di dunia adalah kucing ras campuran atau yang dikenal dengan sebutan kucing (3)…. Jenis kucing ini memang terhitung banyak, apalagi di negara kita ini. Selain spesies kucing tersebut, terdapat pula beberapa spesies kucing ras alami yang lazim dipelihara manusia. Salah satu jenis kucing tersebut adalah kucing (4)… yang kini mulai menjadi primadona bagi pecinta kucing. Hal ini dikarenakan spesies (5)… mempunyai ciri khas, yaitu tidak adanya (6)… di (7)… kucing tersebut.



Jawaban: (1) mamalia, (2) peliharaan, (3) kampung, (4) Sphinx, (5) kucing, (6) bulu, dan (7) kulit.


Contoh 2:

Karangan eksposisi merupakan salah satu jenis (1)… yang ada di dalam khazanah bahasa Indonesia. Adapun pengertian dari karangan ini adalah sebuah karangan yang berisi tentang (2)… pembuatan (3)… secara (3)…. Karangan ini sendiri dibuat guna memberi (4)… kepada pembaca tanpa mengharap (5)… dari para pembaca. Untuk membuat karangan ini, penulis harus terlebih dahulu (6)… dari suatu hal, dan kemudian penulis harus menuangkannya secara (7)… agar pembaca memahami isi karangan tersebut.

Jawaban: (1) karangan, (2) dan (6) proses, (3) dan (7) informatif, (4) informasi, (5) tanggapan.

Contoh 3:

Sapardi Djoko Damono adalah seorang (1)… kelahiran Solo, 20 Maret 1940. Beliau telah menciptakan sejumlah puisi, cerpen, dan juga beberapa karya non fiksi. Salah satu puisinya yang paling terkenal adalah puisi (2)… yang ditulisnya pada tahun 1989 yang lalu. Puisi tersebut merupakan puisi yang ada di dalam salah satu buku puisinya, yaitu (3)…. Selain karena puisinya yang sederhana, puisi tersebut juga dikenal masyarakat karena pernah dimusikalisasi oleh duo folk asal Jakarta, yaitu (4)…. Selain oleh duo tersebut, puisi karya beliau itu juga sempat dimusikalisasi ulang oleh (5)… dan menjadi salah satu lagu tema untuk film “Cinta dalam Sepotong Roti” yang rilis pada tahun 1991 yang lalu.

Jawaban: (1) penyair, (2) Aku Ingin, (3) Hujan Bulan Juni, (4) Ari Reda, (5) Dwiki Darmawan.

Demikianlah beberapa contoh kalimat rumpang beserta jawabannya dalam bahasa Indonesia. Semoga bermanfaat dan mampu menambah wawasan bagi para pembaca sekalian, baik itu mengenai paragraf rumpang pada khususnya, maupun mengenai materi pembelajaran bahasa Indonesia pada umumnya. Mohon dimaafkan jika terdapat kekeliruan yang terkandung di dalam artikel kali ini. Sekian dan juga terima kasih.

JIka pembaca ingin menambah referensi soal paragraf, maka pembaca bisa membuka beberapa artikel berikut ini, yaitu: jenis-jenis paragraf berdasarkan fungsinya, jenis-jenis paragraf berdasarkan posisi kalimatnya, jenis-jenis paragraf berdasarkan pola pengembangannya, jenis-jenis paragraf berdasarkan isinya, paragraf klasifikasi, paragraf ineratif, dan artikel paragraf induktif.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar