Jenis-Jenis Paragraf Berdasarkan Isinya Dan Contoh kalimat Singkat

Jenis-Jenis Paragraf Berdasarkan Isinya Dan Contoh kalimat Singkat. Paragraf adalah satu kesatuan dari beberapa jenis paragraf yang berisi pemikiran tertentu. Paragraf itu sendiri dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan indikator tertentu, termasuk berdasarkan isinya. Berdasarkan isinya, paragraf dibagi menjadi lima jenis, di mana jenis paragraf berdasarkan isinya meliputi: argumen paragraf; paragraf deskripsi; eksposisi paragraf, paragraf naratif; dan paragraf persuasif. Lima jenis paragraf akan ditampilkan secara singkat khusus dalam artikel ini secara singkat. Beberapa contoh dapat dilihat sebagai berikut!



A. Contoh Paragraf Narasi Singkat

Pukul enam pagi aku berangkat ke sekolah. Setengah jam kemudian, aku pun sudah sampai di seberang jalan sekolahku. Saat aku hendak menyeberang, aku melihat seorang pria tua yang kelihatannya sangat linglung. Aku pun menghampiri dan menanyainya. Kakek itu ternyata ingin menyeberang ke seberang jalan sana sepertiku. Akhirnya, aku pun membantu si kakek menyeberang hingga ke seberang jalan sana.

B. Contoh Paragraf Persuasi Singkat

Jika Anda ingin mencari tempat menginap murah dan nyaman di luar kota, maka Anda bisa mengunduh aplikasi ponsel pintar Inap Murah. Lewat aplikasi ini, Anda bisa menemukan tempat menginap yang murah dan nyaman di kota tujuan Anda. Selain itu, aplikasi ini juga mempunyai layanan menarik lainnya, seperti bayar sewa di ATM, diskon untuk yang menginap lebih dari dua hari, dan lain sebagainya. Jadi, tunggu apa lagi. Ayo, pakai aplikasi Inap Murah agar Anda bisa menemukan tempat menginap idaman yang murah dan nyaman di luar kota.


C. Contoh Paragraf Deskripsi Singkat

Langit pagi ini amat cerah, namun sekitar rumahku mengabu. Langit pagi di sana tengah menyembulkan warna lzuardinya. Sinar mentari dari timur pun menggenapi keindahan langi pagi ini. sayangnya, lingkungan sekitar rumahku tidak seindah itu. Di sekitar rumahku tengah diselimtu sebuah kabut tebal yang membuat mata kami mengabur. Kabut-kabut ini menutupi segala apa yang bisa ditutupinya, rumah warga, pepohonan, tanah lapang, hingga kandang sapi yang tak jauh dari kampung kami.

D. Contoh Paragraf Eksposisi Singkat

Jika Anda ingin mendapat tempat menginap yang murah lagi nyaman di luar kota, maka anda bisa mengikuti sejumlah cara ini. Pertama, Anda bisa mencari sendiri di laman Google. Carilah situs terpercaya yang membahs soal tempat menginap idaman Anda. Dan yang kedua, tanyakan langsung ke teman yang pernah menginap di penginapan luar kota.

E. Contoh Paragraf Argumentasi Singkat

Dewasa ini, kita masih melihat beberapa guru yang mengajarkan murdinya dengan sistem menghapal. Sistem ini dilakukan dengan cara menyuruh para murid menghapal materi yang diajarkan para guru, untuk kemudian hasil hapalan itu dituliskan di selembar kertas ujian. Padahal, metode ini sebetulnya sudah tidak efektif lagi. Sebab, anak-anak akan cenderung hapal teks atau materi yang diajarkan guru, namun tidak memahami apa maksud dari materi tersebut. Sistem belajar seperti ini lebih baik ditinggalkan saja, dan menggantinya dengan sisetam memahami. Dengan sistem ini, anak-anak dituntun oleh para guru untuk memahami apa maksud dari materi yang diajarkan oleh para guru sekalian. Dengan cara ini, siswa akan mempelajri materi ajar yang diberikan kemudian menyimpulkan maksudnya berdasarkan pemahaman mereka. Selain anak-anak menjadi paham maksud materi pmbelajaran yang diterima, sistem memahami juga akan mengasah kemampuan si anak untuk menganalisis, memahami, serta memaknai pelajaran apa yang diterima.

Demikianlah beberapa contoh jenis-jenis paragraf singkat berdasarkan isinya. Terima kasih

Belum ada Komentar untuk "Jenis-Jenis Paragraf Berdasarkan Isinya Dan Contoh kalimat Singkat "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel