Skip to main content

Kalimat Lengkap Berunsur S, P, O, K dan Contoh Kalimatnya

Kalimat lengkap adalah kalimat yang memiliki unsur kalimat lengkap di dalamnya, materi pelajaran minimum (S) dan Predikat (P). Kalimat ini sendiri termasuk jenis kalimat berdasarkan elemen. Dalam artikel ini, kita akan tahu apa contoh kalimat ini dalam elemen tertentu, yaitu S (subjek), Predikat (P), Objek (O), dan juga Deskripsi (K). Contoh-contoh yang dimaksud adalah sebagai berikut!



Contoh Kalimat Lengkap Berunsur S, P, O, K dalam Bahasa Indonesia

  1. Ibu sedang mencuci baju di kamar mandi. (S: ibu, P: sedang mencuci, O: baju, K: di kamar mandi)
  2. Pak Usman menjual ayam-ayam potong itu di pasar. (S: Pak Usman, P: menjual, O: ayam-ayam potong itu, K: di pasar)
  3. Bu Ningsih menggadaikan cincin emasnya ke pegadaian. (S: Bu Ningsih, P: menggadaikan, O: cincin emasnya, K: ke pegadaian)
  4. Ari mengerjakan tugas sekolahnya dengan penuh kesungguhan. (S: Arif, P: mengerjakan, O: tugas sekolahnya, K: dengan penuh kesungguhan)
  5. Agus mengarit rumput-rumput itu dengan menggunakan arit yang baru dibelinya. (S: Agus, P: mengarit, O: rumput-rumput itu, K: dengan menggunakan arit yang baru dibelinya)
  6. Para petani telah memanen padi-padinya tadi pagi. (S: para petani, P: telah memanen, O: padi-padinya, K: tadi pagi)
  7. Pak guru menghukum Aldi karena dia telah melakukan perisakan kepada kawan-kawannya. (S: Pak guru, P: menghukum, Aldi, K: karena dia telah melakukanperisakan terhadap kepada kawan-kawannya)
  8. Aku akan menemui perempuan itu nanti sore. (S: aku, P: akan menemui, O: perempuan itu, K: nanti sore)
  9. Polisi telah menangkap para penjahat itu tadi malam. (S: polisi, P: telah menangkap, O: para penjahat itu, K: tadi malam)
  10. Mereka menjauhi Ani karena Ani dianggap telah melakukan tindakan yang tercela. (S: mereka, P: menjauhi, O: Ani, K: karena dianggap telah melakukan tindakan yang tercela)
  11. Pak Umar mesti menjual rumahnya untuk melunasi utang-utangnya. (S: Pak Umar, P: mesti menjual, O: rumahnya, K: untuk melunasi utang-utangnya)
  12. Ayah sedang mencuci mobil di garasi rumah. (S: ayah, P: sedang mencuci, O: mobil, K: di garasi rumah)
  13. Adik tengah mengerjakan tugas di kamarnya. (S: adik, P: tengah mengerjakan, O: tugas, K: di kamarnya)
  14. Dudung sedang memakan nasi goreng di ruang makan. (S: Dudung, P: sedang memakan, O: nasi goreng, K: di ruang makan)
  15. Adik membeli buku itu kemarin sore. (S: adik, P: membeli, O: buku itu, K: kemarin sore)
  16. Rahmi menyimpan separuh gajinya ke dalam rekening tabungannya. (S: Rahmi, P: menyimpan, O: separuh gajinya, K: ke dalam rekening tabungannya)
  17. Pak Karta memindahkan buku-buku itu ke rak buku yang baru. (S: Pak Karta, P: memindahkan, O: buku-buku itu, K: ke rak buku yang baru)
  18. Kami akan menjenguk Muthia nanti sore. (S: kami, P: akan menjenguk, O: Muthia, K: nanti sore)

Demikianlah beberapa contoh kalimat lengkap dalam istilah S, P, O, K dalam bahasa Indonesia. Untuk menambahkan referensi ke kalimat lengkap dan jenis kalimat lainnya, pembaca dapat membuka artikel berikut, yaitu: kalimat lengkap dan tidak lengkap, kalimat lengkap dan tidak lengkap, contoh kalimat pernyataan dalam bahasa Indonesia, contoh kalimat akronim, dan artikel misalnya definisi kalimat dari binatang.

Semoga akan bermanfaat dan mampu memberikan wawasan baru kepada pembaca, baik mengenai kalimat lengkap khususnya, maupun materi pembelajaran dalam Bahasa Indonesia secara umum. Itu saja dan juga terima kasih.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar