Skip to main content

Pengertian Kalimat Sumbang Singkat dan Contoh Kalimatnya

Pengertian Kalimat Sumbang Singkat dan Contoh Kalimatnya. Sumbang berarti sesuatu yang luar biasa, sedangkan kalimat sumbang adalah kalimat yang memiliki hal-hal aneh yang tidak sesuai atau tidak sesuai dengan kalimat utama atau sebelumnya. Untuk lebih memahami kalimat sumbang, berikut beberapa contoh kalimat sumbang singkat dalam bahasa Indonesia:



Contoh Kalimat Sumbang Singkat dalam Bahasa Indonesia

  1. Hari ini, semua anak sekolah akan mengikuti ujian kenaikan kelas. Adi telah belajar dengan baik sejak semalam untuk mengikuti ujian hari ini. Ia juga telah mempersiapkan semua perlengkapan ujian. Dalam kesehariannya Adi sangat suka bermain bola. 
  2. Mobil Ayah rusak pagi ini, sehingga Ayah harus pergi ke kantor dengan bus. Ibu mengantar adik ke sekolah. Karena tergesa-gesa, dompet Ayah ketinggalan.
  3. Nia sangat suka memasak. Walaupun ia masih kecil, tapi ia sangat mahir dalam membuat kue.  Titin tidak mau mengerjakan PR -nya. Ia memang sudah diajarkan memasak oleh ibu sejak kecil.
  4. Matahari sudah terbit sejak tadi, tapi Roni belum bangun juga. Masakan Ibu sepertinya kurang garam. Padahal pagi ini dia harus mengikuti ujian olahraga.
  5. Baju yang diberikan oleh Ayah sangat cantik. Aku sangat menyukainya. Ayah pergi ke kantor dengan motor. Aku selalu memakainya setiap aku ingin pergi jalan-jalan dengan Ayah.
  6. Liburan telah tiba. Tika akan pergi mengunjungi nenek.  Pesawat ditunda hingga jam 8 nanti.  Ia sangat senang liburan di rumah nenek karena ada banyak hal baru yang bisa ia lakukan disana.
  7. Dita merupakan anak satu-satunya keluarga Suroso. Ia sangat disayang dan dimanja oleh keluarganya sehingga menjadi keras kepala. Dita terlambat pergi sekolah hari ini. Hal ini menyebabkan ia menjadi egois dan selalu memaksa jika menginginkan sesuatu.

Ini adalah beberapa contoh kalimat sumbang singkat dalam bahasa Indonesia yang dapat Anda pelajari. Untuk menemukan kalimat sumbang tidaklah sulit, bukan? Untuk menambah pengetahuan Anda tentang kalimat,

Anda juga dapat membaca artikel untuk contoh kalimat yang tidak koheren, contoh kalimat dan paragraf persuasi, contoh kalimat kausalitas karena, misalnya kalimat kalimat bawahan sebab dan akibat, contoh kalimat sinonim dan antonim, contoh kalimat menggunakan istilah umum, contoh kalimat menggunakan kata-kata pertanyaan, contoh kalimat majemuk resistensi multi-level, contoh konjungsi obyektif bawahan, contoh adverbia alat, contoh kalimat menggunakan cara mengajukan pertanyaan, dan contoh kalimat antonim. Semoga bermanfaat. Terima kasih.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar