Kalimat Lengkap Berunsur S, P, O, Pel, dan K dan Contoh Kalimatnya

Sebelumnya, kita sudah tahu sejumlah contoh kalimat lengkap dengan elemen S, P, O, K. Kali ini, kita akan mengetahui beberapa contoh kalimat lengkap yang mengandung semua unsur kalimat dalam bahasa Indonesia, yaitu: Subjek (S), Predikat (P), Objek (O), Pelengkap (Mop), dan Informasi (K). Beberapa contoh adalah sebagai berikut!



Contoh Kalimat Lengkap Berunsur S, P, O, Pel, dan K dalam Bahasa Indonesia

  1. Arfan menghadiahi Rini kalung berlian di hari ulang tahun istrinya itu. (S: Arfan, P: menghadiahi, O: Rini, Pel: kalung berlian, K: di hari ulang tahun istrinya itu)
  2. Pak guru memberi kami nasihat supaya kami terus giat mencari ilmu dan juga menggapai cita-cita. (S: pak guru, P: memberi, O: kami, Pel: nasihat, K: supaya kami terus giat belajar dan juga menggapai cita-cita)
  3. Dia mengabari kami kabar terbaru Helmi kemarin malam. (S: dia , P: mengabari, O: kami, Pel: kabar terbaru Helmi, K: kemarin malam)
  4. Pak direktur memberi kami bonus karena kami telah berhasil mencapai target yang diminta beliau. (S: pak direktur, P: memberi, O: kami, Pel: bonus, K: karena kami telah berhasil mencapai target yang diminta beliau)
  5. Pak manajer telah memberi Aldi surat peringatan karena dia telah melakukan tindakan indisipliner selama bekerja. (S: pak manajer, P: telah memberi, O: Aldi, Pel: surat peringatan, K: karena dia telah melakukan tindakan indisipliner selama bekerja)
  6. Dia menghadiahi gadis itu kerudung di hari ulang tahun sang gadis. (S: dia, P: menghadiahi, O: gadis itu, Pel: kerudung, K: di hari ulang tahun sang gadis)
  7. Ani menemani ibunya berbelanja ke pasar. (S: Ani, P: menemani, O: ibunya, Pel: berbelanja, K: ke pasar)
  8. Pak guru memberi Aldo peringatan karena telah memukul salah seorang temannya. (S: pak guru, P: memberi, O: Aldo, Pel: peringatan, K: karena telah memukul salah seorang temannya)
  9. Pak guru memberikan Aldi hukuman karena dia telah merisak teman-teman sekelahnya. (S: pak guru, P: memberikan, O: Aldi, Pel: hukuman, K: karena dia telah merisak teman-temannya)
  10. Nathan mentraktir kami makan siang di sebuah restoran mewah. (S: Nathan, P: mentraktir, O: kami, Pel: makan siang K: di sebuah restoran mewah)
  11. Dia menyuruh orang itu pergi dari rumahnya tersebut. (S: dia, P: menyuruh, O: orang itu, Pel: pergi, K: dari rumahnya tersebut)
  12. Paman menawarkan diriku pekerjaan di sebuah perusahaan rintisan. (S: paman, P: menawarkan, O: diriku, Pel: pekerjaan, K: di sebuah perusahaan rintisan)
  13. Koki itu memperkenalkan kami menu baru di restoran seafood-nya tersebut. (S: koki itu, P: memperkenalkan, O: kami, Pel: menu baru, K: di restoran seafood-nya tersebut)
  14. Ibu menghadiahi adik sepeda baru di hari ulang tahun adik yang kesepuluh. (S: ibu, P: menghadiahi, O: adik, Pel: sepeda baru, K: di hari ulang tahun adik yang kesepuluh)

Demikianlah beberapa contoh kalimat lengkap dengan istilah S, P, O, Pel, dan K dalam kalimat bahasa Indonesia. Untuk menambahkan referensi ke kalimat lengkap dan jenis kalimat lainnya, pembaca dapat membuka artikel tentang jenis kalimat berdasarkan fungsinya, kalimat lengkap dan tidak lengkap, kalimat lengkap dan tidak lengkap, contoh kalimat pernyataan dalam bahasa Indonesia, dan contoh kalimat klasifikasi.

Semoga bermanfaat dan mampu menambah wawasan kepada semua pembaca, baik mengenai kalimat lengkap dan mata pelajaran Bahasa Indonesia. Itu saja dan terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Kalimat Lengkap Berunsur S, P, O, Pel, dan K dan Contoh Kalimatnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel