Eksposisi Definisi - Contoh Paragraf Eksposisi Definisi tentang Hewan

Eksposisi Definisi - Contoh Paragraf Eksposisi Definisi tentang Hewan. Paragraf eksposisi definisi adalah salah satu jenis paragraf eksposisi yang berisi definisi atau definisi suatu hal yang dijelaskan secara spesifik dan rinci. Banyak hal yang dapat didefinisikan oleh paragraf ini, termasuk tentang hewan. Di bawah ini adalah beberapa contoh definisi paragraf yang menjadikan hewan tema. Contohnya adalah sebagai berikut!


Contoh 1:

Menurut ensiklopedia daring id.wikipedia.org, Burung kenari merupakan spesies burung yang berasal dari keluarga Fringilidae. Burung ini sendiri pertama kali ditemukan oleh Jean de Betrhan Cout pada abad ke-15.

Banyak yang mengira bahwa burung yang bernama ilmiah Serinus Canaria ini adalah burung pemakan buah kenari atau burung yang mempunyai hubungan dengan pohon kenari. Padahal, penamaan kenari pada burung ini justru didapatkan dari nama pulau tempat ditemukannya burung ini, yaitu Kepulauan Cannary. Adapun asal muasal nama pulau ini adalah karena pulau ini didominasi oleh populasi anjing liar sehingga orang-orang pun menamakan pulau ini sebagai Canarias (pulau anjing) yang kelak berubah nama menjadi Cannary.

Burung kenari mempunyai sejumlah ciri khas, mulai dari bentuknya yang mungil, hingga warna bulunya yang kekuningan atau kebiruan tergantung jenisnya. Di Indonesia, jenis kenari yang paling banyak adalah jenis kenari yang berasal dari Belanda. Negara ini sendiri memang merupakan negara pengekspor burung kenari terbesar di Indonesia. Menurut laman id.wikipedia.org, burung-burung kenari dari negara ini adalah berasal dari negara Inggris, Jerman, dan Belgia yang kemudian dikawinkan dengan kenari liar yang ada di negara ini.

Contoh 2:

Menurut laman id.wikipedia.org, kucing merupakan sejenis hewan karnivora yang dari keluarga Felidae. Nama ilmiah dari hewan ini adalah Felis catus. Secara keseluruhan, kucing terbagi menjadi dua kategori, yakni kucing yang dekat dan dipelihara oleh manusia, serta kucing liar atau besar seperti harimau, kucing hutan, dan juga singa.

Khusus untuk kategori kucing yang pertama, kucing kategori ini mempunyai sejumlah ras dan jenis, di mana ras yang paling banyak dipelihara adalah ras keturunan campuran atau yang biasa kita kenal dengan kucing kampung. Populasi kucing ini ada sekitar 90% dari populasi kucing yang ada di dunia. Adapun kucing-kucing ras murni yang ada di dunia serta tak luput menjadi kucing peliharaan antara lain Angora, Persia, Pinx, dan Manx.

Akrabnya kucing dengan kehidupan manusia sudah ada sejak berabad-abad yang lalu. Menurut laman id.wikipedia.org, terdapat kerangka seekor kucing di pulau Siprus yang diduga adalah kerangka kucing yang hidup di era 6.000 SM. Masih menurut laman id.wikipedia.org, terdapat bukti lain yang menyatakan keakraban kucing dengan kehidupan manusia. Bukti tersebut adalah catatan sejarah di zaman Mesir Kuno yang di mana orang-orang saat itu menggunakan tikus sebagai pengusr tikus dan hewan pengerat lain dari lumbung tempat disimpannya panen orang-orang tersebut.

Demikianlah beberapa contoh paparan paragraf tentang definisi hewan dalam bahasa Indonesia. Jika pembaca ingin mengetahui beberapa contoh paragraf eksposisi lain, pembaca dapat membuka artikel contoh tentang proses eksposisi tentang makanan, contoh proses eksposisi paragraf tentang minuman, ilustrasi contoh eksposisi paragraf, contoh paragraf eksposisi komparatif, eksposisi paragraf contoh klasifikasi, dan contoh paragraf kontradiksi eksposisi. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan bagi semua pembaca, baik mengenai paragraf eksposisi maupun bahasa Indonesia. Terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Eksposisi Definisi - Contoh Paragraf Eksposisi Definisi tentang Hewan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel