Skip to main content

Paragraf eksposisi proses - Contoh Paragraf Eksposisi Proses tentang Minuman

Paragraf eksposisi proses adalah paragraf eksposisi yang berisi penjelasan tentang prosedur atau proses dalam melakukan atau memproses suatu masalah. Penjelasan tentang prosedur atau proses yang disajikan dalam paragraf ini informatif, di mana paragraf ini tidak mengandung unsur paksaan yang kuat sama sekali. Tema atau hal yang dapat ditulis oleh tema ini bisa apa saja, termasuk cara membuat minuman. Di bawah ini, ada beberapa contoh paragraf eksposisi tentang tema membuat minuman. Contohnya adalah sebagai berikut!



Contoh 1:

Teh manis panas merupakan salah satu minuman yang cocok diminum saat musim hujan yang suhunya cukup dingin. Cara membuat minuman ini pun relatif mudah, di mana cara-cara tersebut adalah:

  • Setelah air berwarna cokelat kemerahan, barulah masukkan dua sendok makan gula putih ke dalam air tersebut. Aduk hingga gula bercampur dengan air dan air teh pun menjadi terasa lebih manis.
  • Teh manis panas pun siap untuk disajikan. Jika tidak menyukai gula pasir, pemanis teh bisa diganti dengan pemanis lain seperti madu ataupun gula merah yang telah dibubukkan.
  • Siapkan sejumlah bahan seperti 1 buah teh celup, 2 sendok teh gula, dan air panas secukupnya. Tidak lupa, sediakan juga beberapa alat seperti sendok teh dan juga cangkir.
  • Masukkanlah air panas secukupnya ke dalam cangkir, dan setelah itu masukkan teh celup ke dalamnya. Tunggulah hingga air panas berwarna cokelat kemerahan.

Contoh 2:

Wedang jahe merupakan salah satu minuman khas Indonesia yang biasanya disajikan secara hangat, sehingga sangat cocok diminum di musim hujan seperti ini. Untuk membuat minuman hangat ini, kita mesti mengikuti sejumlah langkah berikut. Adapun langkah-langkah membuat wedang jahe yang dilansir dari laman cookpad.com ini adalah:

  • Tunggulah sekitar 10 hingga 15 menit. Setelah melewati batas waktu tersebut, angkat rebusan air wedang jahe dari kompor lalu tuangkan ke dalam cangkir yang di atasnya sudah ditutupi oleh saringan.
  • Wedang jahe pun siap disajikan dian diminum. Bila wedang jahe yang dibuat ingin lebih manis, maka masukkanlah gula merah, madu, ataupun pemanis lain yang sesuai dengan selera masing-masing.
  • Itulah sekelumit cara membuat wedang jahe.Semoga bermanfat untuk para pembaca sekalian.
  • Sediakan sejumlah bahan seperti 2 ruas jahe, 1 helai sereh, 5 biji cengkeh, 1 ibu jari kayu manis, dan 250 ml air. Selain itu, beberapa alat seperti kompor, pisau, saringan, alat penggeprek, panci kecil untuk merebus bahan wedang jahe, dan tentu saja cangkir untuk menampung hangatnya wedang jahe.
  • Setelah semua itu tersedia, maka kita harus memulai mengolah wedang jahe dengan terlebih dulu mengupas jahe dengan pisau. Setelah itu, panaskan air dalam panci dalam suhu api yang sedang. Setelah air mendidih, barulah masukkan jahe yang digeprek dengan sejumlah bahan seperti negkeh, sereh, dan kayu manis.

Begitu juga beberapa contoh proses persuasi paragraf tentang minuman. Jika pembaca ingin mengetahui beberapa contoh dari paragraf eksposisi lain, pembaca dapat membuka artikel tentang definisi paragraf eksposisi, contoh paragraf proses eksposisi, contoh ilustrasi eksposur paragraf, contoh paragraf eksposisi komparatif, contoh klasifikasi eksposur paragraf, dan contoh kontradiksi paragraf eksposisi. . Semoga bermanfaat dan mampu menambah wawasan bagi semua pembaca, baik mengenai paragraf eksposisi khususnya, maupun bahasa Indonesia pada umumnya. Sekian dan terima kasih banyak.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar