Skip to main content

Eksposisi Definisi - Contoh Paragraf Eksposisi Definisi tentang Tumbuhan

Eksposisi Definisi - Contoh Paragraf Eksposisi Definisi tentang Tumbuhan. Sebelumnya, kita sudah tahu apa contoh definisi eksposisi hewan. Kali ini, kami juga akan menemukan beberapa contoh paragraf eksposisi yang mengambil tema khusus. Tema khusus adalah tanaman yang dalam beberapa artikel sebelumnya juga digunakan sebagai tema penulisan. Artikel-artikel tersebut mencakup contoh definisi tentang tanaman dan contoh deskripsi tanaman.

Beberapa contoh paragraf eksposisi bertema tumbuhan yang dimaksud pada alinea di atas adalah sebagai berikut!

Contoh 1:

Menurut halaman id.wikipedia, org, bunga lotus atau Nymphaea adalah bunga yang dapat hidup di air dan berasal dari suku Nymphaeaaceae. Bunga ini sering diibaratkan bunga lotus atau biasa disebut bunga lotus. Padahal kedua bunganya memiliki sejumlah perbedaan. Bunga lotus adalah bunga mengambang di atas air dan bunga itu berasal dari batang yang muncul dari rhizoma di dalam kolam. Warna bunga itu sendiri umumnya berwarna putih atau agak kekuningan. Sementara itu, bunga lotus adalah bunga yang tidak mengapung di atas air, berwarna merah semu, dan berbentuk seperti lingkaran penuh.

Bunga teratai dapat dianggap sebagai bunga yang unik. Ini karena bunga-bunga ini benar-benar tumbuh dengan baik dan indah jika ditanam dan ditanam di kolam yang kotor dan berlumpur. Ini tentu saja berbeda dari kebanyakan bunga yang dapat mekar dengan indah jika ditanam di tanah yang bersih dan sehat.

Contoh 2:

Menurut halaman id.wikipedia.org, kaktus didefinisikan sebagai tanaman yang berasal dari keluarga Cactaceae. Tanaman ini dapat hidup lama tanpa air dan umumnya ditemukan di gurun kering. Adapun beberapa tipologi khas tanaman ini, antara lain, batangnya mengandung lapisan lilin dan berbentuk khas. Pada batang ini, kaktus menyimpan sejumlah cadangan air yang dapat membantunya bertahan hidup di iklim kering.

Selain batangnya, kaktus juga memiliki bentuk daun yang unik, di mana bentuk daun di kaktus tidak menyerupai daun pada umumnya, tetapi berbentuk seperti duri kecil dan tajam. Menurut halaman id.wikipedia.org, fungsi daun adalah untuk melindungi diri dari serangan berbagai jenis hewan, terutama spesies herbivora. Selain itu, fungsi daun seperti duri juga berfungsi untuk mengurangi penguapan di pohon kaktus yang dapat membuat cadangan air di tubuh kaktus menguap ke langit.

Masih menurut halaman id.wikipedia.org, kaktus dikatakan memiliki sejumlah manfaat dan kegunaan untuk kehidupan manusia. Dalam kehidupan manusia, kaktus sering digunakan sebagai tanaman hias. Pada jenis kaktus tertentu, kaktus juga dapat digunakan sebagai makanan, apakah itu dibuat sebagai selai atau acar dalam makanan. Tidak hanya itu, beberapa jenis kaktus juga dapat diolah menjadi tepung alternatif alih-alih tepung dari singkong atau jagung.


Demikianlah beberapa contoh paragraf eksposisi definisi tentang tumbuhan. Jika pembaca ingin mengetahui beberapa contoh paragraf eksposisi lainnya, maka pembaca bisa membuka artikel contoh paragra eksposisi proses, contoh paragraf eksposisi ilustrasi, dan contoh paragraf eksposisi klasifikasi. Semoga bermanfaat dan mampu menambah wawasan bagi para pembaca sekalian, baik itu mengenai paragraf eksposisi khususnya, maupun bahasa Indonesia pada umumnya. Sekian dan juga terima kasih.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar