Skip to main content

Contoh Merubah Paragraf Induktif Menjadi Deduktif

Contoh Merubah Paragraf Induktif Menjadi Deduktif. Paragraf induktif adalah salah satu jenis paragraf berdasarkan posisi kalimat selain paragraf campuran atau paragraf ineratif. Paragraf induktif itu sendiri adalah paragraf yang kalimat utamanya ada di akhir paragraf. Paragraf ini sendiri sebenarnya dapat diubah menjadi bentuk paragraf lain, yaitu paragraf deduktif. Cara untuk mengubah paragraf adalah dengan meletakkan kalimat utama di awal paragraf.

Pada artikel ini, kita akan tahu beberapa contoh paragraf induktif yang dikonversi menjadi paragraf deduktif. Contoh-contoh ini dapat disimak sebagai berikut!



Contoh 1:

Sebelum diubah menjadi paragraf induktif:

Kurang tidur akan mengakibatkan kita sulit untuk bangun pagi. Kalaupun terbangun, biasanya tubuh kita pasti akan merasakan lelah dan seolah ingin tidur kembali. Kurang tidur juga membuat kita mudah mengatuk saat beraktivitas di siang hari. Selain mudah mengantuk, kita juga akan susah berkonsentrasi saat beraktivitas di waktu siang. Oleh karena itu, sebaiknya kita harus tidur dalam durasi waktu yang cukup, karena kurang tidur akan menyebabkan sejumlah dampak buruk bagi kita.

Setelah diubah menjadi paragraf deduktif:

Tidur yang cukup harus kita lakukan setiap hari, karena kurang tidur akan menyebabkan sejumlah dampak buruk bagi kita. Kurang tidur akan mengakibatkan kita sulit untuk bangun pagi. Kalaupun kita terbangun, biasanya tubuh kita pasti akan merasakan lelah dan seolah ingin tidur kembali. Kurang tidur juga membuat kita mudah mengantuk saat  beraktivitas di siang hari. Selain mudah mengantuk, kita juga akan susah berkonsentrasi saat beraktivitas di waktu siang.

Contoh 2:

Masih berupa paragraf induktif:

Cara pertama agar kita fit saat bekerja malam adalah dengan berolahraga. Disarankan supaya olahraga yang kita lakukan tersebut dilakukan tiga jam sebelum kita bekerja di waktu malam. Selanjutnya, kita juga harus menjaga pola makan dan makanan kita agar tetap kuat selama bekerja malam. Disarankan untuk tetap teratur makan tiga kali sehari dan juga menyantap makanan yang bergizi. Dari sejumlah cara tersebut, maka bisa disimpulkan bahwa kita kita tetap bisa menjaga kesehatan kita walau bekerja malam dengan sejumlah cara berikut.

Setelah dirubah menjadi paragraf deduktif:

Meskipun bekerja malam, kita tetap bisa menjaga kesehatan tubuh kita dengan sejumlah cara. Cara pertama yang bisa kita lakukan agar tubuh kita fit saat bekerja malam adalah dengan berolahraga. Disarankan olahraga yang kita lakukan tersebut dilaksanakan tiga jam sebelum kita bekerja di waktu malam. Cara selanjutnya adalah dengan menjaga pola makan dan makanan yang kita makan. Disarankan untuk tetap makan teratur tiga kali sekali dan juga rutin menyantap makanan yang bergizi.

Beberapa contoh di atas hanya sebagian kecil dari contoh paragraf induktif yang merupakan paragraf deduktif dalam bahasa Indonesia. Dengan tampilan semua contoh di atas, pembahasan dalam artikel ini cukup untuk sampai di sini. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan baru bagi semua pembaca, baik paragraf tertentu, maupun materi pembelajaran bahasa Indonesia secara umum. Mohon maafkan juga jika ada kesalahan dalam artikel ini.

Jika pembaca ingin menambahkan wawasan baru ke pertanyaan paragraf induktif, pembaca dapat membuka artikel berikut, yaitu: contoh paragraf induktif dan deduktif; contoh paragraf induktif tentang lingkungan; dan paragraf induktif tentang sampah.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar