Skip to main content

Struktur dan Contoh Teks Eksposisi Analisis tentang Kesehatan

Contoh Paragraf eksposisi Analisis tentang Kesehatan beserta Strukturnya – Sebelumnya, kita telah mengetahui contoh teks teks analisis eksposisi dan strukturnya. Kali ini, kita akan menemukan contoh teks analisis eksposisi dengan tema khusus, yaitu kesehatan. Tema ini sebelumnya telah digunakan sebagai tema beberapa artikel, seperti contoh esai eksposisi tentang kesehatan, contoh klasifikasi paragraf tentang kesehatan, contoh analogi paragraf tentang kesehatan, contoh paragraf induktif tentang kesehatan, dan contoh paragraf campuran kesehatan.




Untuk mengetahui seperti apa contoh teks eksposisi analisis tentang kesehatan beserta strukturnya, berikut disajikan contohnya.

Manfaat Lidah Buaya
Lidah buaya adalah tanaman yang kaya akan manfaat. Tanaman ini berbentuk seperti lidah besar dikenal karena khasiatnya yang baik untuk kesehatan rambut. Selain khasiat ini, lidah buaya juga memiliki manfaat lain, yaitu sebagai penyembuh jerawat yang meradang pada kulit.

Menurut penelitian yang diambil dari berbagai sumber, lidah buaya mengandung hormon Gibberelin yang dapat membantu menyembuhkan jerawat yang meradang pada kulit. Sifat anti-inflamasi yang terkandung dalam hormon ini menyebabkan lidah buaya memiliki sifat-sifat ini. Selain itu, hormon Gibberellin juga mampu menumbuhkan sel-sel kulit baru pada bekas jerawat, sehingga mengurangi kemungkinan pertumbuhan jerawat baru.

Dengan demikian, lidah buaya memiliki manfaat selain untuk kesehatan rambut, yaitu sebagai penyembuh jerawat yang meradang pada kulit dan membentuk sel kulit baru. Hal ini disebabkan oleh adanya hormon Gibberelin yang terkandung dalam lidah buaya.


Tesis
Lidah buaya merupakan tanaman yang kaya akan manfaat. Tumbuhan yang berbentuk seperti lidah besar ini dikenal dengan khasiatnya yang baik untuk kesehatan rambut. Selain khasiat tersebut, lidah buaya ternyata juga mempunyai khasiat lain, yaitu sebagai penyembuh jerawat yang merdang di kulit.

Argumentasi
Menurut penelitian yang diambil dari berbagai sumber, lidah buaya mengandung hormon Gibberellin yang dapat membantu menyembuhkan jerawat yang meradang di kulit. Sifat anti inflamasi yang terkandung di dalam hormon tersebutlah yang menyebabkan lidah buaya mempunyai khasiat tersebut. Selain itu, hormon Gibberellin juga mampu menumbuhkan sel kulit baru pada bekas jerawat, sehingga mengurangi bertumbuhnya jerawat yang baru.

Penegasan Ulang
Dengan demikian, lidah buaya mempunyai manfaat selain untuk kesehatan rambut, yaitu sebagai penyembuh jerawat yang meradang di kulit dan pembentuk sel-sel kulit yang baru. Hal itu disebabkan karena adanya hormon Gibberellin yang terkandung di dalam lidah buaya.


Dalam penyajiannya, contoh teks eksposisi analisis di artikel ini juga dilengkapi dengan bagian atau struktur. Adapun struktur salah satu jenis teks selain contoh teks berita singkat,  contoh teks eksplanasi, dan teks prosedur dalam bahasa Indonesia ini sama dengan struktur contoh karangan eksposisi, yaitu:

  1. Argumentasi: struktur teks eksposisi yang mengembangkan atau mengatkan struktur sebelumnya. Struktur ini berisi pernyataan para ahli, hasil penelitian, atau pernyataan umum yang bersumber dari sumber yang terpercaya.
  2. Penegasan Ulang: merupakan bagian akhir teks eksposisi analisis yang berisi kesimpulan dari dua struktur sebelumnya.
  3. Tesis: struktur pertama teks eksposisi analisis yang berisi pandangan penulis pada tema yang dibahas atau teori dasar yang akan dikembangkan di struktur selanjutnya, yaitu:


Demikianlah contoh teks eksposisi analisis tentang kesehatan beserta dengan strukturnya. Semoga bermanfaat bagi para pembaca sekalian, entah itu dalam ranah reks eksposisi analisis khususnya dan ranah bahasa Indonesia pada umumnya. Sekian dan terima kasih.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar