Skip to main content

Contoh Teks Paragraf Argumentasi tentang Lingkungan dan Penjelasannya

Contoh Paragraf Argumentasi tentang Lingkungan Sekolah beserta Penjelasannya –Argumen paragraf adalah salah satu jenis paragraf berdasarkan isinya di samping contoh kalimat dan paragraf persuasif, paragraf narasi, dan paragraf deskripsi. Jenis paragraf ini adalah paragraf yang berisi argumen penulis untuk suatu masalah dengan menyajikan sejumlah data dan fakta untuk memperkuat pendapat itu. Selain itu, paragraf ini terkadang menyisipkan perumpamaan sehingga pembaca mudah memahami argumen yang ingin disampaikan oleh penulis.

Selain ciri, paragraf ini juga mempunyai beberapa jenis, yaitu:

  1. Paragraf Argumentasi Akibat-Sebab: kebalikan dari jenis paragraf argumentasi sebelumnya, paragraf ini justru diawali akibat suatu fenomena dan diakhiri dengan sebabnya. Semua penjelasan tersebut dapat didukung sejumlah fakta dan data.
  2. Paragraf Argumentasi Sebab-Akibat: paragraf argumentasi yang diawali dengan sebab munculnya suatu fenomena yang disertai dengan fakta dan data, lalu diakhiri akibat dari fenomena tersebut. Pola paragraf ini mirip dengan pola paragraf sebab akibat dan paragraf induktif jenis sebab-akibat.

Adapun ciri-ciri paragraf ini adalah sebagai berikut:

  1. Berisi pendapat atau pandangan penulis terhadap suatu hal.
  2. Adanya fakta, data, dan contoh aktual yang terkandung di dalam paragraf tersebut.
  3. Pendapat disampaikan secara analitis atau analogis (menggunakan perumpamaan layaknya paragraf analogi).
  4. Diakhiri kesimpulan dari penulis.






Untuk mengetahui seperti apa paragraf argumentasi, berikut disajikan contoh paragraf argumentasi dengan tema tertentu. Adapun tema pada contoh-contoh paragraf argumentasi ini adalah tentang lingkungan sekolah. Tema ini sendiri sudah pernah dijadikan artikel sebelumnya. Berikan contoh kalimat saran tentang lingkungan sekolah dan berikan contoh kalimat kritik tentang lingkungan sekolah.

Contoh Paragraf Argumentasi tentang Lingkungan Sekolah

Salah satu faktor yang menyebabkan kecerdasan para siswa sulit berkembang adalah kelengkapan sarana dan prasarana di  lingkungan sekolah yang tidak memadai. Padahal, faktor tersebut sangat penting bagi para siswa layaknya tanah dan pupuk yang mempengaruhi tumbuhnya suatu tanaman. Hal ini sesuai dengan apa yang dikatakan oleh Dalyono (2010:131), yang mengatakan bahwa lingkungan sekolah merupakan salah satu faktor yang turut mempengaruhi tumbuh kembangnya para siswa terutama dari segi pola pikirnya.

Mengenai sarana dan prasarana di lingkungan sekolah, Muhibin Syah (2010:152) menyatakan bahwa lingkungan sekolah yang baik harus memiliki sarana dan prasarana yang baik, seperti keadaan gedung dan letak sekolah yang baik, serta kelengkapan alat-alat belajar yang dibutuhkan oleh para siswa. Oleh karena itu, kelengkapa sarana dan prasarana di lingkungan sekolah harus ditingkatkan agar kualitas siswa dapat meningkat dengan baik.

Penjelasan



Di paragraf kedua, akibat dari peristiwa tersebut lalu dijelaskan disertai dengan pernyataan dari seorang ahli. Dengan demikian, paragraf argumentasi di atas membahas tentang faktor yang mempengaruhi sulitnya kecerdasan siswa berkembang yang disajikan dengan pola sebab-akibat.

Paragraf argumentasi di atas ditulis dengan menggunakan jenis paragraf argumentasi sebab-akibat. Hal itu bisa dilihat dari paragraf pertama yang mengemukakan terlebih dahulu sebab suatu peristiwa. Adapun peristiwa yang sebabnya diungkapkan pada paragraf di atas adalah faktor yang membuat kecerdasan siswa sulit berkembang. Akibat di paragraf tersebut lalu diperkuat dengan pernyataan dari seorang ahli.

Demikianlah contoh paragraf argumentasi tentang lingkungan beserta penjelasannya. Semoga bermanfaat dan mampu menambah wawasan para pembaca sekalian, baik itu mengenai paragraf argumentasi khususnya, maupun ranah bahasa Indonesia pada umumnya. Sekian dan terima kasih.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar