Skip to main content

Contoh Teks eksposisi Tentang Pendidikan Beserta Strukturnya

Contoh Teks eksposisi Tentang Pendidikan Beserta Strukturnya – Teks eksposisi  merupakan salah satu jenis karangan eksposisi. Teks ini merupakan suatu teks yang berisi pembahasan suatu hal yang dilakukan dengan menguraikannya menjadi beberapa bagian. Adapun ciri-ciri teks ini adalah sebagai berikut:


  1. Menggunakan contoh kata benda konkret dalam bahasa Indonesia, serta contoh kata benda abstrak dalam bahasa Indonesia.
  2. Menggunakan macam-macam kata penghubung.
  3. Adanya penggunaan kata keterangan modalitas.
  4. Adanya penggunaan jenis-jenis kata kerja aksi dan juga kata kerja yang berhubungan dengan pikiran, perasaan, dan sebagainya.

Struktur Teks Eksposisi analisis

Tesis:
Pendidikan merupakan hal yang penting bagi setiap manusia. Dengan pendidikan, manusia akan belajar banyak hal, termasuk belajar untuk lebih dewasa, mandiri, dan bertanggung jawab terhadap apa yang dilakukannya.

Argumentasi:
Hal itu sesuai dengan definisi pendidikan itu sendiri, baik menurut KBBI maupun menurut ahli pendidikan. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pendidikan adalah proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang daam bentuk pengajaran yang bertujuan untuk mendewasakan orang atau kelompok orang tersebut.

Sementara itu, menurut M.J. Lavengeld, pendidikan merupakan upaya dalam membimbing manusia yang belum dewasa ke arah kedewasaan. Selain itu, pendidikan juga merupakan suatu usaha dalam menolong anak untuk melakukan tugas-tugas hidupnya dengan mandiri dan bertanggung jawab secara sosial. Lavengeld juga mendefinisikan pendidikan sebagai usaha untuk mencapai penentuan diri dan bertanggung jawab.

Penegasan Ulang


Dari definisi-definisi tersebut, bisa kita simpulkan bahwa pendidikan sangatlah penting bagi pembentukkan kedewasaan manusia. Dengan pendidikan, seorang manusia bisa lebih dewasa, mandiri, dan bertanggung jawab terhadap apa yang dilakukannya. Selain itu, pendidikan juga mampu membuat orang menentukan jati diri dan masa depannya sendiri. Hal ini sesuai dengan yang diucapkan Lavengeld bahwa pendidikan adalah usaha untuk penentuan diri.

Selain ciri, teks eksposisi analisis juga mempunyai struktur yang sama dengan contoh karangan eksposisi, yaitu:

  1. Tesis: merupakan struktur teks eksposisi analisis yang berisi sudut pandang penulis terhadap topik yang hendak dibahas. Tesis juga dapat berisi teori yang akan dikembangkan di struktur argumentasi.
  2. Argumentasi: merupakan struktur teks eksposisi analisis yang berisi bukti-bukti yang dapat menguatkan struktur tesis. Struktur ini dapat berisi pernyataan para ahli, hasil penelitian, atau pernyataan umum yang berasal dari sumber terpercaya.
  3. Penegasan ulang: merupakan bagian akhir teks eksposisi analisis yang berisi kesimpulan tesis dan argumentasi.


Adapun contoh teks eksposisi analisis sendiri adalah sebagai berikut.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Pendidikan beserta Strukturnya

Pendidikan merupakan hal yang penting bagi setiap manusia. Dengan pendidikan, manusia akan belajar banyak hal, termasuk belajar untuk lebih dewasa, mandiri, dan bertanggung jawab terhadap apa yang dilakukannya.

Hal itu sesuai dengan definisi pendidikan sendiri, baik itu menurut KBBI maupun menurut ahli pendidikan. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pendidikan adalah proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam bentuk pengajaran yang bertujuan untuk mendewasakan orang atau kelompok orang tersebut.

Sementara itu, menurut M.J Lavengeld, pendidikan merupakan upaya dalam membimbing manusia yang belum dewasa ke arah kedewasaan. Selain itu, pendidikan juga merupakan suatu usaha dalam menolong anak untuk melakukan tugas-tugas hidupnya dengan mandiri dan bertanggung jawab secara sosial. Lavengeld juga mendefinisikan pendidikan sebagai usaha untuk mencapai penentuan diri dan bertanggung jawab.

Dari definisi-definisi tersebut, bisa kita simpulkan bahwa pendidikan sangatlah penting bagi pembentukan kedewasaan manusia. Dengan pendidikan, seorang manusia bisa lebih dewasa, mandiri, dan bertanggung jawab terhadap apa yang dilakukannya. Selain itu, pendidikan juga mampu membuat orang menentukan jati diri dan masa depannya sendiri. Hal ini sesuai dengan apa yang diucapkan Lavengeld bahwa pendidikan adalah usaha untuk penentuan diri.

Demikianlah contoh teks eksposisi analisis beserta strukturnya. Semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar