Paragraf Sebab Akibat - Contoh Paragraf Sebab Akibat tentang Pemanasan Global

Contoh Paragraf Sebab Akibat tentang Pemanasan Global – Paragraf Sebab Akibat adalah salah satu jenis paragraf berdasarkan pola perkembangan di samping paragraf klasifikasi dan contoh paragraf analogi singkat. Paragraf sebab dan akibat adalah paragraf di mana pola pengembangan paragraf dimulai dari sebab dan kemudian berakhir dengan hasilnya. Pola perkembangan tidak hanya dimiliki oleh paragraf kausal, tetapi juga oleh paragraf induktif. Jenis-jenis paragraf juga memiliki varian pola sendiri, yaitu:



  1. Akibat-sebab: merupakan kebalikan dari pola sebelumnya, di mana pola ini justru diawali akibat dan kemudian diakhiri dengan sebab.
  2. Sebab-akibat: adalah pola dasar paragraf sebab akibat yang diawali dengan sebab lalu diakhiri dengan akibat.
  3. Sebab-akibat1-akibat2: pola paragraf sebab akibat yang terdiri atas satu sebab dan dua akibat.


Pada artikel kali ini, ditampilkan juga contoh paragraf sebab akibat, di mana contoh-contoh paragraf sebab akibat kali ini mempunyai tema pemanasan global.Sebelumnya, kita telah mengetahui beberapa contoh paragraf sebab akibat, seperti contoh paragraf sebab akibat tentang narkoba, contoh paragraf sebab akibat tentang lingkungan, contoh paragraf sebab akibat tentang pendidikan, contoh paragraf sebab akibat tentang korupsi, dan contoh paragraf sebab akibat tentang ekonomi.  Adapun contoh-contoh tersebut bisa disimak di bawah ini!

Contoh 1:
Menanam banyak pepohonan, mengurangi penggunaan bahan bakar fosil, dan sebagainya adalah beberapa upaya yang dapat dilakukan manusia untuk mengurangi pemanasan global. Jika upaya-upaya tersebut dilakukan, maka gas rumah kaca pun akan menipis dan bahkan tidak terbentuk. Jika gas rumah kaca menipis atau bahkan tidak terbentuk, maka pemanasan global pun bisa dikurangi.

Penjelasan: paragraf sebab akibat di atas menggunakan pola sebab-akibat2. Adapun sebab pada kalimat di atas terletak di kalimat awal paragraf tersebut. Sementara itu, akibat1 dan akibat2 pada paragraf di atas terletak di kalimat kedua dan kalimat ketiga.


Contoh 2:
Mencairnya es di kutub utara dan selatan, kenaikan permukaan laut, dan kenaikan suhu secara global adalah beberapa akibat atau dampak yang ditimbulkan oleh pemanasan global. Adapun pemanasan global sendiri disebabkan oleh gas rumah kaca yang terbentuk dari komponen-komponen gas berbahaya seperti CO2, N2O, dan CH4.

Penjelasan: paragraf sebab akibat di atas menggunakan pola akibat-sebab. Adapun akibat pada paragraf di atas terletak di kalimat pertama paragraf tersebut, sedangkan kalimat-kalimat lainnya adalah sebab paragraf tersebut.

Contoh 3:
Gas rumah kaca terbentuk oleh berbagai macam komponen gas lainnya, seperti karbondioksida (CO2), nitrous oxide (N2O), dan gas metana (CH4). Komponen-komponen itu terbentuk oleh kegiatan-kegiatan manusia yang bersifat desruktif atau merusak lingkungan. Akibat yang ditimbulkan dari gas ini adalah pemanasan global.

Penjelasan: paragraf sebab akibat di atas menggunakan pola sebab-akibat. Adapun sebab pada paragraf di atas terketak pada kalimat pertama dan kedua. Sementara itu, kalimat ketiga atau kalimat terakhir merupakan akibat dari paragraf di atas.

Contoh-contoh di atas adalah sebagian kecil dari contoh paragraf sebab akibat tentang pemansan global beserta penjelasannya. Pembaca dapat mengembangkan atau mengkreasikan sendiri contoh-contoh paragraf tersebut berdasarkan pola-pola yang sudah disebutkan di awal pembahasan. Adapun pembahasan kali ini dicukupkan sampai di sini saja. Semoga bermanfaat dan mampu menambah wawasan pembaca sekalian, baik mengenai paragraf sebab akibat khususnya maupun bahasa Indonesia pada umumnya. Sekian dan terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Paragraf Sebab Akibat - Contoh Paragraf Sebab Akibat tentang Pemanasan Global"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel