Skip to main content

Kumpulan Contoh Teks Paragraf Sebab Akibat tentang Ekonomi beserta Penjelasannya

Contoh Paragraf Sebab Akibat tentang Ekonomi beserta Penjelasannya – Contoh paragraf sebab dan akibat telah ditunjukkan sebelumnya. Contoh paragraf kausal tentang narkoba, contoh paragraf kausal tentang lingkungan, contoh paragraf kausal tentang pendidikan, dan contoh paragraf kausal tentang korupsi adalah beberapa di antaranya. Artikel kali ini juga akan memberikan contoh paragraf kausal, di mana contoh kali ini memiliki tema ekonomi.

Tema ekonomi itu sendiri telah menjadi tema beberapa artikel, seperti contoh klasifikasi paragraf tentang ekonomi, contoh paragraf campuran ekonomi, dan anekdot teks pendek tentang ekonomi.



Adapun beberapa contoh paragraf sebab akibat tentang ekonomi adalah sebagai berikut.


Contoh 1:
Ekonomi kratif merupakan sektor ekonomi yang berbasis ide dan kreativitas seseorang. Oleh karena itu, seseorang harus mempunyai ide-ide yang segar dan kreativitas yang mumpuni jika hendak memasuki sektor ekonomi ini. Jika seseorang mempunyai ide-ide yang segar dan kreativitas yang mumpuni, maka orang tersebut akan mampu bertahan dan berkembang di dalam sektor ekonomi kreatif.

Penjelasan: Paragraf sebab akibat di atas menggunakan pola sebab-akibat1-akibat2. Pola ini merupakan salah satu pola alinea sebab akibat yang di mana suatu alinea terdiri atas satu sebab dan dua akibat. Pada pola ini, akibat yang pertama (akibat1) menjadi sebab bagi akibat yang lainnya (akibat 2). Adapun sebab pada paragrafdi atas terletak pada kalimat pertama. Sementara itu, akibat1 terletak di kalimat kedua dan akibat2 terletak di kalimat ketiga.

Contoh 2:
Pesatnya kemajuan teknologi justru membuat masyarakat malah menjadi semakin konsumtif. Padahal, majunya teknologi saat ini bisa dijadikan sarana untuk meningkatkan produktivitas masyarakat, sehingga masyarakat yang semula menjadi konsumen pun kemudian meningkat menjadi masyarakat produsen. Oleh kareanya, perlu adanya proses pendewasaan masyarakat agar kemajuan teknologi saat ini mampu dimanfaatkan dalam proses ekonomi produksi.

Penjelasan: paragraf di atas menggunakan pola sebab-akibat, dimana dua kalimat awal menjadi sebab, dan kalimat terakhir menjadi akibatnya.


Contoh 3:
Investasi saham di perusahaan mempunyai sejumlah keuntungan dan keurugian. Keuntungannya, investor saham mampu menjadi pemilik perusahaan yang sahamnya dibeli oleh investor. Kerugiannya, investor akan dikenai likuidasi atau pembubaran perusahaan yang sewaktu-waktu bisa terjadi. Oleh karenanya, orang yang hendak berinvesatsi di bidang saham harus mengetahui untung rugi berinvestasi di bidang tersebut.

Penjelasan: Paragraf sebab akibat di atas menggunakan pola sebab-akibat yang merupakan salah satu pola paragraf sebab akibat. Adapun sebab pada paragraf atau alinea di atas terletak pada kalimat pertama hingga kalimat ketiga. Sementara itu, kalimat keempat atau kalimat terakhir paragraf di atas adalah akibat dari paragraf tersebut.

Contoh 4:
Pemerintah harus memperhatikan sektor Usaha Mikro Kecil Menegah atau UMKM. Sebab, sektor ekonomi ini ternyata mampu memberikan peranan penting bagi perekonomian negara Indonesia. Adapun peranan-peranan tersebut antara lain: mengentaskan kemiskinan, meningkatkan tingkat perekonomian rakyat menengah ke bawah, serta memberi devisa atau pemasukan kepada negara.

Penjelasan: Paragraf sebab akibat di atas menggunakan pola akibat-sebab. Pola ini merupakan salah satu pola paragraf sebab akibat yang dimulai dari akibat lalu diakhiri dengan sebab. Akibat pada paragraf di atas terletak pada kalimat pertama. Sementara itu, kalimat kedua dan seterusnya adalah sebab pada paragraf tersebut.

Demikianlah beberapa contoh paragraf sebab akibat tentang ekonomi beserta penjelasannya. Semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar