Pengertian Paragraf Deduktif, Induktif dan Campuran beserta Contohnya

Pengertian Paragraf Deduktif, Induktif dan Campuran beserta Contohnya Paragraf adalah serangkaian kalimat yang saling terkait dan membentuk satu kesatuan gagasan yang terdiri dari gagasan utama dan kalimat penjelas. Dari dua makna ini dapat dikatakan bahwa paragraf adalah bagian yang harus dalam esai untuk membentuk keseluruhan ide. Menurut KBBI, makna paragraf adalah bagian bab dalam esai (biasanya berisi satu ide utama dan tulisan dimulai dengan baris baru; paragraf.

Menurut lokasi kalimat utama atau ide utama, paragraf dibagi menjadi tiga jenis, yaitu paragraf deduktif, induktif dan campuran. Dalam diskusi ini, tiga jenis paragraf akan disajikan. Paragraf adalah elemen penting dalam wacana. Elemen wacana yang akan dibentuk ditentukan oleh beberapa paragraf yang muncul dalam esai.



Paragraf Campuran
Paragraf campuran adalah paragraf yang didahului dengan mengungkapkan kalimat utama (ide pokok) di awal dan akhir paragraf. Paragraf campuran dikembangkan dengan pola deduksi-induksi yaitu pola pengembangan yang memaparkan kalimat utama dan diselingi kalimat-kalimat penjelas, kemudian ditarik simpulan pada akhir paragraf yang juga merupakan kalimat pendukung kalimat utamanya. Dengan kata lain paragraf campuran adalah paragraf yang memiliki dua kalimat utama.


Beberapa ciri paragraf campuran antara lain :

  • Kalimat utama di akhir paragraf adalah bentuk simpulan yang menekankan ide pokok pada kalimat utama di awal
  • Terdapat pengulangan kata kunci di awal dan akhir paragraf
  • Berpola umum-khusus-khusus-umum(simpulan)
  • Kalimat utama pada awal paragraf merupakan pembuka


Contoh Paragraf Campuran :

  1. Air adalah kebutuhan mutlak bagi manusia. Tanpa adanya air dapat dibayangkan bagaimana kehidupan manusia tersebut akan berlangsung. Selain untuk minum, beberapa kegiatan sehari- hari manusia tidak bisa lepas dari peran penting air. Mencuci, mandi, dan membersihkan rumah termasuk sebagian kecil kegunaan air setiap harinya. Oleh sebab itu, air menjadi hal yang wajib diperhatikan keberadaannya.
  2. Menjaga kebersihan badan sangat dianjurkan terutama dengan mencuci tangan sesudah melakukan aktifitas tertentu. Tangan sangat rentan dengan perubahan suhu yang kemudian dapat menjadi lembab sehingga menjadi sarang bakteri. Dengan mencuci tangan terutama sebelum menyentuh makanan maka sembilan puluh persen bakteri akan mati dan kita tidak terinfeksi. Anjuran ini juga diungkapkan oleh Ikatan Dokter Indonesia dalam seminar hari cuci tangan beberapa waktu lalu. Jadi, mencuci tangan merupakan langkah awal jaga kebersihan yang sangat disarankan.
  3. Sebagian besar wanita sangat menyukai bunga. Bunga dapat menjadi simbol kelembutan hati seorang wanita. Demikian lah yang disebutkan dalam seminar literatur pecinta mawar yang digelar di gedung seni Sasana Budaya Singaraja minggu kemarin. Beberapa kaum hawa yang hadir dalam seminar menyetujui pendapat bahwa bunga adalah simbol wanita. Oleh karena itu, tidak heran bila penyuka bunga didominasi kaum wanita.
  4. Makhluk hidup di dunia ini memerlukan makan dan minum untuk kelangsungan hidupnya. Manusia, hewan dan tumbuhan bertahan hidup dengan cara yang berbeda- beda. Ketiganya perlu asupan makanan yang harus dijaga setiap harinya untuk proses metabolisme dan berkembang. Proses metabolisme di dalam tubuh didukung oleh peran segala makanan dan minuman yang masuk ke tubuh makhluk hidup. Jadi, baik manusia, hewan, maupun tumbuhan sama- sama memerlukan makanan untuk hidup.
  5. Maraknya penipuan berkedok undian akhir- akhir ini sangat meresahkan warga. Hal tersebut bermula dari dua warga yang menjadi korban penipuan sehingga puluhan juta raib dari tangan mereka. Kapolda Jatim juga menginstruksikan jajarannya untuk memburu pelaku yang sudah diketahui identitasnya ini. Tentunya peran kewaspadaan dari calon korban juga menjadi hal yang harus dilakukan. Beberapa warga yang belum menjadi korban juga dimintai keterangan terkait kasus ini. Bahkan beberapa diantaranya mengaku sempat bertemu dengan wajah yang mirip sketsa pelaku. Keresahan warga semakin terasa manakala pelaku belum tertangkap dan masih menebar isu undian kepada calon korban yang lain.
  6. Di era sekarang banyak jenis olahraga yang dikenal luas termasuk lari. Lari memberikan manfaat yang besar bagi tubuh. Satu diantara manfaat lari adalah menjaga metabolisme tubuh dan sistem peredaran darah semakin lancar. Selain itu lari dapat dilakukan tanpa perlu persiapan yang rumit seperti olahraga lainnya. Maka tidak heran, olahraga lari semakin banyak diminati masyarakat.
  7. Indonesia adalah negara yang berlimpah kekayaan lautnya. Dengan wilayah yang terpisah oleh laut, Indonesia justru memiliki kekayaan alam dan laut yang besar dan dikenal seluruh dunia. Sempat menjadi primadona pariwisata laut dengan keelokan Taman Laut Bunaken, Indonesia tetap optimis untuk menjaga alam dan kebersihannya. Laut yang luas menyimpan kekayaan alam dan potensi kelautan yang bisa menjamin penduduknya. Melihat kenyataan tersebut maka tidak heran Indonesia dinilai sebagai negeri yang kaya raya.
  8. Media sosial saat ini semakin menjadi primadona bagi kalangan pecinta publikasi. Hampir setiap detik media sosial menjadi kebutuhan sebagian besar masyarakat Indonesia yang gemar online di depan komputer. Hal ini dimanfaatkan sebagian orang untuk berinteraksi dengan kawan lama atau kawan baru mereka. Kecanggihan inilah yang mengakibatkan media sosial digandrungi oleh masyarakat Indonesia.
  9. Para petani wortel di wilayah Pacet Mojokerto terancam gagal panen. Hal tersebut dikarenakan seminggu lalu hama tikus melanda willayah seluas 7 hektar ini. Dengan terpaksa wortel yang belum masa dipanen diselamatkan dengan cara panen dini. Harga wortel di pasaran pun merosot turun. Kondisi tersebut membuat para petani stres hingga enggan menanam kembali bibit baru untuk wortel. Gagal panen wortel dipastikan melanda wilayah Pacet hingga sebagian daerah Trawas.

Paragraf Deduktif

Deduktif adalah jenis paragraf yang dikembangkan dengan pola deduksi. Pola deduksi bermula dengan pemaparan hal yang bersifat umum kemudian menyebarkan hal khusus. Paragraf deduktif bisa dilihat dari letak kalimat utamanya yang berada di awal alinea.

Beberapa ciri paragraf deduktif yang bisa dilihat antara lain:

  • Letak ide pokok di awal paragraf
  • Ide pokok tersusun dari pernyataan umum diikuti dengan penjelasan yang bersifat khusus

Beberapa ciri paragraf induktif :


  • Pola pengembangan analogi adalah pola pengembangan yang membandingkan dua hal yang memiliki kesamaan.
  • Paragraf diawali dengan penjelasan- penjelasan khusus
  • Penjelasan khusus kemudian digeneralisasikan menjadi suatu kesimpulan di akhir paragraf
  • Kalimat penjelas yang ada sebelum kalimat utama berupa fakta, contoh, rincian khusus atau bukti- bukti yang mendukung pernyataan di akhir kalimat
  • Pola pengembangan generalisasi adalah pola pengembangan kalimat dengan pernyataan khusus sangat mirip dengan pernyataan kalimat utamanya
  • Pola pengembangan kausalitas (sebab-akibat) adalah pola pengembangan yang menggunakan fakta untuk mempertegas kesimpulan

Contoh paragraf deduktif :


  1. Kecelakaan akibat kelalaian kerja masih sering terjadi. Sepanjang tahun 2016, tercatat sudah 15 orang meninggal dikarenakan kecelakaan kerja terutama di pabrik- pabrik wilayah perkotaan. Korban meninggal tidak hanya berasal dari pekerja saja, tetapi beberapa warga sipil yang tinggal di lingkungan pabrik turut menjadi korban. Insiden kecelakaan tersebut banyak yang disebabkan konsleting aliran listrik karena pekerja yang lupa mematikan arus listrik saat meninggalkan pabrik.
  2. Fenomena macet sudah biasa dijumpai di beberapa kota besar di Indonesia. Hal tersebut dapat dikarenakan beberapa sebab diantaranya adalah volume kendaraan yang sudah tinggi dan melampaui target dan kapasitas jalan. Selain itu, tingkat kesadaran warga yang kurang disiplin serta masih banyaknya aparat yang kurang tegas menindak pelanggaran pengguna jalan yang semakin mengakibatkan lalu lintas tidak terkendali.
  3. Disiplin menjadi permasalahan di lingkungan sekolah belakangan ini. Hal tersebut terjadi karena banyak siswa yang sering datang terlambat. Apalagi beberapa hari ini saat digelar ujian tengah semester masih juga ada yang terlambat. Persoalan tersebut kemudian dirapatkan oleh komite sekolah yang menghasilkan kebijakan soal hukuman lari keliling lapangan jika terbukti terlambat lebih dari sepuluh menit.
  4. Internet sangat bermanfaat bagi manusia. Dengan kebebasan mengakses jaringan internet kita dapat mudah mengetahui berbagai informasi di belahan dunia manapun. Disamping menjadikannya media informasi, internet juga digunakan sebagai alat komunikasi bagi sebagian orang yang menggunakan aplikasi sosial media. Banyak hal yang ternyata bisa dijangkau hanya dengan sekali klik menggunakan jasa internet sehingga masyarakat pun sangat terbantu dengan kemudahan ini.
  5. Sosok ibu sangat besar peranannya bagi sebuah keluarga. Sebagian besar orang pasti setuju dengan pernyataan tersebut. Kita tidak bisa melengkapi dan menyiapkan segala keperluan hidup tanpa bantuannya. Sebuah keluarga akan sangat bergantung pada peran seorang ibu. Mulai dari makanan, perlengkapan, dan kebutuhan rumah biasanya dilakukan ibu tanpa mengeluh. Tentunya hal tersebut semakin menyadarkan kita untuk tidak membantah segala nasihat ibu dan menghargainya lebih baik lagi.

Paragraf Induktif
Induktif adalah jenis paragraf yang dikembangan dengan pola induksi, yaitu dengan memaparkan hal- hal yang khusus kemudian disimpulkan dengan hal yang lebih umum. Dapat dikatakan paragraf induktif adalah paragraf yang letak kalimat utamanya di akhir paragraf. Pola pengembangan paragraf induksi dapat dilakukan dengan cara generalisasi, sebab-akibat, akibat-sebab, dan analogi.

Contoh paragraf Induktif :


Setelah banjir surut, anak-anak yang berhasil dievakuasi kemarin diantar ke pelayanan medis darurat untuk diberikan pemeriksaan. Ternyata kasus penyakit yang diderita anak- anak korban banjir bandang tersebut cukup beragam. Sebanyak 15 anak mengalami diare akut, 2 anak menderita penyakit kulit, dan 4 anak dipastikan terkena demam berdarah. Dapat dikatakan banjir bandang yang melanda Denpasar minggu lalu itu membawa dampak yang buruk bagi kesehatan anak korban banjir.

Keterangan : Paragraf induktif diatas menggunakan pola generalisasi

Memang kedua kakak beradik kembar itu sangat kompak. Baik Etti maupun Itta sama- sama berprofesi sebagai seorang dokter. Dari usianya masih sepuluh tahun keduanya kerap mengikuti karnaval dan selalu berperan menjadi dokter. Dengan upaya dan dukungan orang tua keduanya bisa menempuh pendidikan di Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Surabaya. Selain sifat yang sama, Etti dan adiknya Itta juga memilih untuk bekerja di rumah sakit yang sama. Kakak beradik Itta dan Etti memang terlihat seperti pinang dibelah dua.

Keterangan : Paragraf induktif diatas menggunakan pola analogi

Peralihan musim seperti pada saat ini sangat rentan terjadinya bencana alam. Beberapa waktu yang lalu misalnya berita banjir yang terjadi di wilayah kota besar sangat memprihatinkan. Kota yang menurut pembangunannya modern justru menjadi tempat favorit banjir tahunan. Hal tersebut tentunya bergantung pada peran warga di perkotaan yang hampir setiap hari memproduksi sampah rumah tangga. Banjir yang terjadi di perkotaan sudah pasti berasal dari penyumbatan aliran air karena sampah yang menumpuk.

Keterangan : Paragraf induktif diatas menggunakan pola kausalitas

  1. Kanker paru merupakan satu diantara penyakit yang mengancam keselamatan perokok. Baik perokok aktif, maupun perokok pasif. Hal ini berasal dari asap yang dihasilkan daroi proses merokok tersebut yang didalamnya terdapat kandungan zat kimia berbahaya seperti tar dan nikotin. Oleh sebab itu, anjuran untuk berhenti merokok harus digerakkan oleh semua lapisan masyarakat.
  2. Diaz sangat hobi dengan pelajaran menggambar. Setiap hari setelah pulang sekolah dia selalu melampiaskan hobinya tersebut diatas kertas gambar sambil menonton televisi. Beberapa prestasi menjadi juara menggambar bahkan didapatkannya setiap tahun. Semua guru disekolahnya yakin karya Diaz memang pantas mendapatkan juara. Oleh sebab itu, pihak sekolah tidak ragu mendukung Diaz setiap kali akan berlomba.
  3. Dari pintu pertama galeri milik Soetopo, kami tal berhenti menikmati karya indah tangannya. Begitu terpukau mata kami para pengunjung yang dimanjakan dengan banyak lukisan berkelas karya maestro Malang ini. Tampak dari bilik ke bilik lukisan ada yang disulap secara tiga dimensi. Semakin membuat mata kami tidak berkedip. Apalagi karyanya yang berupa wajah- wajah pahlawan nasional Indonesia. Alangkah indahnya dan beruntungnya Indonesia memiliki seniman seperti Soetopo.
  4. Pelukis andal pasti menghasilkan karya- karya yang indah, pelukis tersebut menciptakan karyanya diatas kanvas dengan menjalin komunikasi bersama emosinya sehingga tercipta imajinasi untuk dituangkan dalam karyanya. Imajinasi tersebut tertuang dengan konsep dan pemikiran serta makna yang ingin disampaikan oleh si pelukis. Disanalah nanti sebuah lukisan seakan berbicara dengan penikmatnya. Maka dari itu, imajinasi menjadi hal yang sangat penting bagi seorang seniman.
  5. Kebijakan pemerintah menaikkan tarif BBM dinilai tidak berpihak pada rakyat kecil. Mayoritas rakyat Indonesia yang hidupnya bergantung pada BBM seperti sopiur danb pedagang banyak yang mengeluh sebagai akibat kebijakan tersebut. Dengan turunnya kebijakkan menaikkan harga BBM semakin membuat harga bahan pokok juga turut merangkak naik. Hal inilah yang dikeluhkan rakyat kecil yang semakin tersiksa. Oleh karena itu, beberapa titik dikota besar dua hari belakangan diserbu demonstran yang ingin kebijakan ini dihapus.



Demikian pembahasan mengenai paragraf deduktif, induktif dan campuran yang biasa ditemukan pada struktur sebuah wacana. Semoga bermanfaat !

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Paragraf Deduktif, Induktif dan Campuran beserta Contohnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel