Skip to main content

Pengertian Dan Contoh Paragraf Analogi tentang Lingkungan

Contoh Paragraf Analogi tentang lingkungan dalam bahasa Indonesia – Paragraf analogi adalah salah satu jenis paragraf berdasarkan pola perkembangan di samping klasifikasi paragraf. Paragraf ini sendiri ditafsirkan sebagai paragraf yang berisi perumpamaan tentang dua elemen yang sebanding dengan jenis perbandingan perbandingan. Beberapa contoh analogi paragraf telah dibahas sebelumnya, seperti contoh paragraf analogi singkat, contoh analogi paragraf tentang budaya sosial, contoh analogi paragraf tentang kehidupan, contoh analogi paragraf tentang cinta, contoh analogi paragraf tentang kesehatan, dan contoh analogi paragraf tentang pendidikan.

Artikel ini juga akan menyajikan beberapa contoh analogi paragraf, di mana paragraf analogi yang disajikan memiliki tema lingkungan. Tema ini sendiri sebelumnya telah dibahas dalam artikel sebelumnya, seperti contoh paragraf deskripsi objektif lingkungan, contoh paragraf deduktif tentang lingkungan, contoh paragraf berita positif tentang lingkungan, contoh cerita pendek tentang lingkungan dan contoh pendek cerita tentang lingkungan alam.



Adapun beberapa contoh paragraf analogi tentang lingkungan adalah seperti di bawah ini.

Contoh 1 :
Tidak ada yang sia-sia di dunia ini, termasuk dengan sampah botol plastik. Sampah satu ini ternayta bisa didaur ulang menjadi sejumlah barang yang berguna, seperti pot tanaman gantung, tempat pensil, tempat lampu tidur, dan lain sebagainya. Dengan demikian, sampah botol plastik masih bisa dimanfaatkan dan tidak sia-sia keberadaannya.

Contoh 2 :
Barang-barang yang rusak masih bisa diperbaiki jika kita berniat untuk melakukannya. Begitupun dengan kerusakan lingkungan. Meski agak berat dan mustahil namun selama ada niat, bukan tidak mungkin kerusakan lingkungan yang terjadi saat ini bisa diperbaiki layaknya sebuah barang rusak yang telah diperbaiki. Sejumlah cara bisa dilakukan untuk memperbaiki lingkungan yang sudah rusak ini, seperti membuang sampah pada tempatnya, mendaur ulang sampah-sampah organik dan anorganik, melakukan reboisiasi, menanam tanaman di lingkungan rumah masing-masing, serta masih banyak hal lainnya yang bisa dilakukan guna memperbaiki kondisi lingkungan yang kini seperti barang rusak tersebut.

Contoh 3 :
Kondisi lingkungan saat ini bagaikan seonggok tubuh yang tengah menderita penyakit kronis. Kondisi lingkungan yang sudah parah tersebut membuat sejumlah bencana alam terjadi dan menimpa seluruh makhluk hidup, termasuk manusia. Untuk itu, kita harus menyembuhkan kondisi lingkungan saat ini seprti halnya kita menyembuhkan tubuh kita yang tengah sakit kronis. Sejumlah upaya bisa dilakukan untuk menyembuhkan kondisi lingkungan tersebut, seperti pengelolaan limbah, reboisasi, melakukan kampanye kesadaran lingkungan, dan lain sebagainya.

Contoh 4 :


Tubuh senantasa mesti dirawat dan dijaga. Jika tidak dijaga, maka tubuh akan rentan terhadap berbagai macam penyakit. Hal serupa juga berlaku dalam konteks menjaga lingkungan hidup. Lingkungan mesti dijaga dan dirawat agar tetap lestari keberadaannya. Jika ditelantarkan bahkan dirusak, maka lingkungan pun akan mengalami kerusakan yang membahayakan bagi lingkungan hidup dan bahkan bagi manusia sendiri. Untuk  itu, kita mesti merawat lingkungan hidup seperti merawat tubuh kita sendiri.

Contoh-contoh di atas hanyalah sebagian kecil di antara contoh paragraf analogi tentang lingkungan dalam bahasa Indonesia. Pembaca bisa mengembangkan atau mengkreasikan sendiri paragraf analogi tentang lingkungan dengan menggunakan beberapa jenis majas perbandingan seperti contoh majas metafora dan contoh majas personifikasi. Adapun pembahasan artikel kali ini dicukupkan saja sampai di sini. Semoga bermanfaat dan mampu menambah wawasan bagi para pembaca sekalian di dalam ranah bahasa Indonesia. Sekian dan terima kasih.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar