Paragraf Sebab Akibat - Contoh Paragraf Sebab Akibat tentang Narkoba dan Penjelasannya

Contoh Paragraf Sebab Akibat tentang Narkoba beserta Penjelasannya – Paragraf Sebab Akibat adalah salah satu jenis paragraf berdasarkan pola perkembangan di samping paragraf klasifikasi dan contoh paragraf analogi singkat. Paragraf ini adalah paragraf yang berisi pola sebab-akibat dari tema yang sedang dibahas. Pola sebab akibat itu sendiri juga ada dalam paragraf induktif.



Paragraf sebab akibat mempunyai tiga jenis, yaitu:

  1. Paragraf Sebab-Akibat: adalah paragraf yang diawali sebab lalu diakhiri dengan akibat.
  2. Akibat-Sebab: adalah paragraf atau alinea yang diawali akibat lalu diakhiri dengan sebab.
  3. Sebab-Akibat1-Akibat2: alinea yang diawali sebab dan diakhiri dengan dua akibat, diaman akibat yang pertama (akibat1) menjadi sebab bagi yang lainnya..
Adapun pada artikel kali ini akan menyajikan beberapa contoh paragraf sebab akibat, di mana contoh-contoh yang disajikan mempunyai tema khusus, yaitu narkoba. Tema tersebut sudah dijadikan tema pada artikel-artikel sebelumnya, seperti contoh karangan eksposisi tentang narkoba, contoh paragraf induktif tentang narkoba, dan contoh paragraf deduktif tentang narkoba

Beberapa contoh paragraf sebab akibat tentang narkoba bisa dilihat di bawah ini.

Contoh 1 :
Penyalahgunaan narkotika dapat menyebabkan dampak negatif bagi penggunanya. Adapun akibat yang ditimbulkan dari penyalahgunaan narkoba adalah gangguan mental. Orang yang menggunakan narkoba akan mengalami kondisi mental yang membuatnya seperti orang aneh atau orang gila. Hal itu pun menjadi pemicu perilaku aneh para pengguna yang mengakibatkan kerugian bagi dari pengguna atau pecandu sendiri maupun orang lain.

Penjelasan : Paragraf di atas menggunakan jenis paragraf sebab-akibat1-akibat2. Hal itu bisa dilihat dari adanya dua kalimat yang menggunakan kata  akibat/mengakibatkan yang ada di paragraf di atas. Akibat1 yag ad di paragraf contoh 3 adalah terletak pada kalimat 2 hingga kalimat 3 (adapun akibat… dst). Sementara kalimat terakhir di paragraf tersebut adalah akibat2.


Contoh 2 :
Akibat yang ditimbulkan dari mengkonsumsi tembakau gorila adalah sensasi aneh yang dirasakan oleh penggunanya, di mana sang pengguna tembakau gorila akan merasa seperti ditindih oleh seekor gorila. Adapun hal itu disebabkan karena adanya kandungan ganja sintetis yang ada di dalam tembakau tersebut.

Penjelasan : Paragraf sebab akibat di atas menggunakan jenis paragraf akibat-sebab. Hal itu bisa dilihat dari adanya kalimat akibat yang ada di bagian awal paragraf. Kalimat tersebut lalu disambung dengan kalimat sebab yang sekaligus menjadi penutup paragraf di atas.

Contoh 3 :
Secara geografis, letak negara Indonesia sangatlah strategis, di mana negara beribukotakan Jakarta ini terletak di antara dua samudera dan dua benua, serta mempunyai jumlah pulau yang begitu banyak. Hal itu menyebabkan negara ini dapat dimasuki oleh semua orang, termasuk para pengedar narkoba. Akibatnya, para pengedar narkoba dapat masuk ke Indonesia dari arah manapun dan peredaran narkoba pun jadi susah dibendung. Maka tak heran jika jumlah pecandu narkoba kian banyak jumlahnya, mulai dari orang dewasa, hingga anak-anak dan ibu rumah tangga.

Penjelasan : Paragraf sebab akibat di atas menggunakan jenis paragraf sebab-akibat. Hal itu bisa dilihat dari adanya kalimat-kalimat sebab yang ada di paragraf awal dan kemudian diakhiri dengan kalimat-kalimat akibat.

Contoh-contoh di atas hanya sebagian kecil dari contoh paragraf sebab akibat tentang narkoba beserta penjelasannya. Pembaca bisa mengembangkan dan mengkreasikan sendiri contoh dari paragraf sebab akibat. Adapun untuk pembahasan kali ini dicukupkan sampai di sini saja. Semoga bermanfaat dan mampu menambah wawasan para pembaca di dalam ranah bahasa Indonesia. Terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Paragraf Sebab Akibat - Contoh Paragraf Sebab Akibat tentang Narkoba dan Penjelasannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel