Skip to main content

Paragraf Sebab Akibat - Contoh Paragraf Sebab Akibat tentang Lingkungan dan Penjelasannya

Contoh Paragraf Sebab Akibat tentang Lingkungan beserta Penjelasannya – Sebelumnya, beberapa contoh paragraf kausal tentang narkoba telah disajikan. Paragraf sebab dan akibat itu sendiri adalah paragraf yang berisi pola sebab akibat dari suatu diskusi. Paragraf ini sendiri memiliki tiga pola khusus, yaitu sebab-akibat, sebab, dan sebab-akibat1-efek2. Paragraf sebab dan akibat itu sendiri adalah salah satu dari jenis paragraf berdasarkan pola perkembangan di samping paragraf klasifikasi dan contoh paragraf analogi singkat.

Kali ini, sejumlah contoh paragraf kausal akan disajikan dengan tema khusus, yaitu lingkungan. Tema ini sendiri juga telah digunakan dalam artikel sebelumnya, seperti contoh paragraf induktif tentang lingkungan, contoh paragraf deskripsi objektif lingkungan, contoh kalimat berita positif tentang lingkungan, contoh argumen tentang lingkungan, contoh deduktif paragraf tentang lingkungan, contoh cerita pendek tentang lingkungan, dan contoh cerita pendek tentang lingkungan alam.




Untuk selanjutnya, berikut contoh paragraf sebab akibat tentang lingkungan.

Contoh 1 :
Sampah elektronik merupakan jenis sampah yang memiliki banyak komponen di dalamnya. Komponen-komponen tersebut mengakibatkan jenis sampah ini sulit untuk diurai atau didaur ulang. Maka tak heran, jika sampai saat ini masih jarang orang yang mampu mengurai ataupun mendaur ulang sampah ini. Padahal, jumlah sampah ini sangatlah banyak dan akan berakibat fatal jika tidak diatasi baik melalui penguraian maupun daur ulang.

Penjelasan : Paragraf sebab akibat di atas menggunakan pola sebab-akibat1-akibat2. Sebab pada paragraf di atas terletak di kalimat pertama, sedangkan akibat1 terletak pada kalimat 2 dan 3. Adapun kalimat terakhir merupakan akibat2 dari paragraf di atas.


Contoh 2 :
Pencemaran air dan tanah adalah salah satu akibat yang ditimbulkan dari adanya limbah atau sampah rumah tangga. Adapun sampah atau limbah rumah tangga adalah limbah atau sampah yang dihasilkan dari kegiatan rumah tangga sehari-hari.

Penjelasan : Paragraf di atas menggunakan pola akibat-sebab, di mana pola tersebut terdiri atas akibat yang kemudian disusul dengan sebab. Pada paragraf contoh 2, bagian yang menjadi akibat adalah kalimat pertama, sedangkan kalimat kedua atau terakhir adalah sebab dari paragraf tersebut.

Contoh 3 :
Dalam sebuah sabun mandi, terdapat beberapa kandungan kimia, seperti Petroleum dan Sodium Lauryel Sulfat. Beberapa zat itu ternyata mengakibatkan pencemaran lingkungan, terutama pencemaran air. Pencemaran yang disebabkan oleh sabun mandi tersebut membuat ekosistem air menjadi tercemar dan mati. Oleh karena itu, mengurangi konsumsi sabun berbahan kimia mesti dilakukan agar pencemaran air tidak semakin parah.

Penjelasan : Paragraf sebab akibat di atas menggunakan pola sebab-akibat1-akibat2. Pola tersebut merupakan pola di mana sebuah paragraf sebab akibat terdiri atas satu sebab dan dua akibat. Akibat1 atau akibat pertama akan menjadi sebab untuk akibat selanjutnya. Kalimat awal pada paragraf di atas merupakan sebab dari paragraf tersebut. Adapun akibat1 pada alinea di atas adalah pada kalimat kedua dan ketiga paragraf tersebut. Adapun kalimat terakhir pada paragraf di atas adalah akibat2 yang disebabkan oleh akibat1.

Contoh-contoh di atas hanyalah sebagian kecil dari contoh paragraf sebab akbat tentang lingkungan beserta penjelasannya. Pembaca bisa mengembangkan dan mengkreasikan sendiri contoh-contoh dari paragraf sebab akibat tersebut. Untuk penjelasan artikel ini dicukupkan sampai di sini saja. Semoga bermanfaat dan mampu menambah wawasan pembaca, baik di ranag paragraf sebab akibat maupun di ranah bahasa Indonesia. Sekian dan terima kasih.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar