Paragraf Deskripsi - Contoh Paragraf Deskripsi tentang Lingkungan

Contoh Paragraf Deskripsi tentang Lingkungan dalam Bahasa Indonesia. Paragraf deskripsi adalah salah satu jenis paragraf berdasarkan isinya, selain paragraf naratif dan argumen paragraf. Paragraf ini berisi deskripsi objek yang dijelaskan secara terperinci, seolah-olah objek tersebut dekat dengan pembaca. Paragraf ini terdiri dari tiga jenis, termasuk paragraf deskripsi spasial, contoh paragraf deskripsi subyektif, dan contoh paragraf deskripsi tujuan singkat. Artikel ini akan menampilkan deskripsi paragraf contoh, di mana contoh yang ditampilkan memiliki tema khusus, yaitu lingkungan. Deskripsi paragraf contoh lingkungan adalah sebagai berikut.


Contoh 1:
Lingkungan perkampungan itu masih begitu asri. Pepohonan yang rindang di ada di hampir sudut jalan, rumput-rumput yang menghampar di pinggiran jalan, serta udara segar dan aroma tanah masih ada di kampung itu. Suara-suara kicau burung dan kokok ayam masih sering terdengar tatkala pagi menyapa kampung ini. Malamnya, pancaran sinar kunang-kunang bermunculan menghiasi malam di perkampungan. Suara jangkrik pun masih terdengar di kampung ini. sayangnya, suasana kampung ini harus kutinggalkan, karena aku mesti kembali ke kota untuk bekerja seperti biasa.

Contoh 2:


Semenjak aku meninggalkan pemukiman ini, kondisi lingkungannya kian memprihatinkan. Jalanan yang biasanya bersih kini mulai dihiasi dengan serakan sampah plastik dan dedaunan. Lubang jalan yang dulu tidak ada kini banyak sekali kutemukan dan beberapa diantaranya telah tergenang oleh air hujan yang warnanya telah mencoklat. Pohon-pohon yang rindang pun sekarang sudah tidak ada, seiring bertambahnya jumlah bangunan dan adanya beberapa pohon yang tumbang dengan sendirinya. Beberapa rumah juga sudah mulai terlihat kumuh, dan halamannya pun gersang karena tidak ditanami suatu tumbuhan pun.


Contoh 3:
Semenjak program reboisasi dilakukan di hutan kampung ini, kehadiran pohon-pohon berdaun hijau pun kembali menghiasi  hutan. Meski belum menjulang tinggi, namun pohon-pohon tersebut mulai memperlihatkan daun-daunnya yang kian hari kian menghijau. Hal itu membuat kondisi hutan setidaknya lebih baik daripada saat terbakar dulu. Saat itu, hutan di perkampungan ini begitu gersang. Tanahnya mulai kehitaman, dan hawa panas pun akan terasa saat melintasi hutan yang saat itu terbakar. Dengan adanya program reboisasi yang mulai memperlihatkan hasilnya tersebut, diharapkan pohon-pohon rindang kembali menghiasi hutan dan kembali memberi hawa sejuk.

Contoh 4:
Sungai di kampung kami sudah tidak seperti sungai yang dulu. Warnanya kini kehitaman dengan sejumlah sampah mengambang di permukaannya, mulai dari sampah plastik, stereofom, dedaunan, hingga pakaian pun turut mengambang di sungai tersebut. Pinggir sungai yang bersih kini juga telah berubah. Sampah-sampah yang berserak, dan di beberapa sudut juga ada sampah yang menumpuk kini menjadi pemandangan yang lazim di sungai kami itu. Hal-hal itu menjadi pertanda bahwa sungai kami sudah sangat tercemar dan airnya sudah tidak sehat lagi. Padahal, sungai itu menjadi salah satu sumber air kami.

Contoh-contoh di atas adalah segelintir dari contoh paragraf deskripsi tentang lingkungan dalam bahasa Indonesia. Adapun beberapa referensi lain yang berhubungan dengan paragraf deskripsi dan lingkungan yang patut untuk dibaca antara lain contoh paragraf deskripsi objektif tentang lingkungan, contoh karangan eksposisi tentang lingkungan, dan contoh paragraf narasi tentang lingkungan. Adapun pembahasan kali ini dicukupkan saja sampai di sini. Semoga bermanfaat dan mampu menambah wawasan para pembaca sekalian dalam ranah bahasa Indonesia. Terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Paragraf Deskripsi - Contoh Paragraf Deskripsi tentang Lingkungan "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel