Paragraf Analogi - Contoh Paragraf Analogi tentang Kesehatan

Contoh Paragraf Analogi tentang Kesehatan dalam Bahasa Indonesia – Sebelumnya, kita sudah mengetahui sejumlah contoh analogi paragraf, seperti contoh paragraf analogi singkat, contoh analogi paragraf tentang budaya sosial, contoh analogi paragraf tentang kehidupan, dan contoh analogi paragraf tentang cinta. Kali ini, kita juga akan mengetahui beberapa contoh paragraf analogi lainnya, di mana paragraf analogi yang disajikan kali ini adalah tentang kesehatan. Tema ini sendiri telah digunakan sebagai tema dalam beberapa artikel, seperti contoh klasifikasi paragraf tentang kesehatan, contoh paragraf induktif tentang kesehatan, dan contoh paragraf campuran kesehatan.



Adapun contoh paragraf analogi tentang kesehatan sendiri adalah sebagai berikut.

Contoh 1 :
Mengkonsumi makanan yang tidak sehat sama seperti menanam benalu di dalam tubuh. Makanan yang tidak sehat itu akan masuk dan mengendap ke dalam tubuh kita. Setelah itu pelahan kan merusak beberapa organ tubuh kita dan membuat kita rentan terserang penyakit. Hal itu sama sama seperti benalu yang tertanam pada tubuh suatu tanaman. Benalu tersebut pelahan akan membuat tanaman tempat dia tumbuh menjadi layu dan mati. Oleh karenanya, mengurangi bahkan menghindari konsumsi makanan yang tidak sehat mesti dilakukan, karena dampak yang ditimbulkan sama bahayanya dengan sebuah pohon benalu yang tertanam di tubuh suatu tanaman.

Contoh 2 :
Menggunakan alat elektronik seperti telepon genggam sebaiknya jangan digunakan berlebihan. Hal itu dikarenakan telepon akan mengalami kerusakan jika pemakaiannya melampaui batas kewajaran. Hal serupa berlaku bagi tubuh manusia. Tubuh yang kita miliki sebaiknya jangan terlalu dipaksakan untuk terus bergerak dan bekerja. Jika tubuh terlalu dipaksakan, maka sejumlah gangguan kesehatan pun akan menjangkiti anggota tubuh kita. Oleh karenanya, tidak memaksakan tubuh beraktivitas melebihi batas kemampuan sama baiknya dengan tidak menggunakan telepon genggam secara berlebihan.

Contoh 3 :
Melakukan sesuatu yang berlebihan tentu akan mengakibatkan kerugian yang sangat fatal bagi diri sendiri. Begitupun dengan mengkonsumsi mi instan secara berlebihan. Jika mi instan dikonsumsi secara berlebihan, maka sejumlah penyakit seperti kanker, ginjal, dan hati akan menjangkiti tubuh. Hal itu disebabkan karena kandungan lilin dan zat pengawet lainnya yang terdapat di dalam mi instan. Mengurangi konsumsi mi insntan dan menggantinya dengan makanan yang lebih sehat adalah dua solusi yang bisa dilakukan agar terhindar dari dampak buruk mengkonsumsi mi instan.

Contoh 4 :
Berolahraga secara rutin diibaratkan seperti menyiram dan memupuk tanaman secara rutin. Jika tanaman dipupuki dan disiram secara rutin, maka tanaman tersebut dapat tumbuh subur dan sehat. Begitupun dengan berolahraga secara rutin. Jikasering melakukan olahraga secara rutin, maka tubuh pun akan lebih sehat dan proses pertumbuhan di dalam tubuh pun akan berjalan dengan baik. Oleh karena itu, berolahraga secara rutin sangat penting bagi kesehatan tubuh.


Contoh 5 :
Merawat sebuah tanaman harus dilakukan secara telaten, sabar, dan berkesinambungan. Hal itu dikarenakan supaya tanaman yang dirawat bisa bertumbuh dan berkembang secara sehat dan semestinya. Hal serpa juga berlaku dan merawat kesehatan tubuh. Jika tubuh dirawat secara telaten, sabar dan berkesinambungan, maka tubuh yang sehat dan terawat pun tidak akan musthail untuk didapatkan.

Demikianlah beberapa contoh paragraf analogi tentang kesehatan dalam bahasa Indonesia. Semoga bermanfaat dan mampu menambah wawasan pembaca sekalian baik dalam ranah paragraf analogi maupun dalam ranah bahasa Indonesia. Sekian dan terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Paragraf Analogi - Contoh Paragraf Analogi tentang Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel