Skip to main content

Paragraf Analogi - Contoh Paragraf Analogi tentang Cinta

Contoh Paragraf Analogi tentang Cinta dalam Bahasa Indonesia – Beberapa contoh analogi paragraf telah disajikan sebelumnya. Contoh analogi paragraf singkat, contoh paragraf analog dengan budaya sosial dan contoh analogi paragraf tentang kehidupan adalah beberapa di antaranya. Artikel ini juga akan menyajikan beberapa contoh satu jenis paragraf berdasarkan pola perkembangan ini. Tema khusus yang ditemukan dalam contoh paragraf analogi kali ini adalah cinta. Tema ini sendiri merupakan tema yang sangat umum untuk digunakan sebagai tema berbagai tulisan, baik dalam jenis sajak, jenis puisi, berbagai cerita pendek, jenis novel, jenis drama, dan jenis romansa. Contoh rima cinta adalah salah satu artikel yang menjadikan tema cinta di dalamnya.

Untuk mengetahui seperti apa paragraf analogi bertema cinta, berikut beberapa contoh di antaranya.


Contoh 1 :
Masih banyak yang mengira bahwa tema cinta hanya mencakup hubungan asmara antara pria dan wanita saja. Padahal, cakupan tema cinta begitu luas seluas samudera yang ada di dunia ini. Tema cinta sendiri dapat meliputi rasa cinta dan kasih sayang sesama umat manusia, cinta kasih kepada makhluk hidup seperti hewan dan tumbuhan, dan tentu saja cinta kepada Tuhan Pencipta Semesta Alam.

Contoh 2 :
Seseorang yang mencintai karena hawa nafsu bagaikan seekor hewan yang memangsa buruannya. Bila sang hewan berhasil mendapat mangsa buruannya, maka buruan tersebut akan dia abaikan begitu saja dan sang hewan lalu mencari binatang buruan lainnya. Begitu juga dengan seseorang yang mencintai karena nafsu. Jika dia berhasil mendapatkan pasangan yang sesuai dengan hawa nafsunya, maka pasangan tersebut akan ditinggalkan sesudah hawa nafsunya terpenuhi. Selanjutnya, orang tersebut akan mencari lagi pasangan yang mampu melayani hawa nafsu yang tidak akan pernah merasa puas.

Contoh 3 :
Mencintai seseorang dalam diam ibarat seperti menyimpan bara di dalam sekam. Perasaan cinta yang dipendam itu bisa saja membakar hati yang merupakan sekam dari bara perasaan cinta. Oleh karenanya, memendam cinta dalam diam akan sangat menyakitkan hati jika tidak dilakukan dengan tulus dan sabar.

Contoh 4 :
Tema cinta sudah seperti makanan sehari-hari. Mulai dari karya sastra, musik, hingga film pasti terkandung tema satu ini. Bahkan sebagian orang menganggap bahwa sebuah film, musik, atau karya sastra tidak akan afdol jika tidak memasukkan bumbu-bumbu bertema cinta di dalamnya.

Contoh 5 :


Menyantap makanan dan minuman secara berlebihan dapat menyebabkan penyakit bagi tubuh, meski makanan dan minuman tersebut termasuk sehat dan higienis. Hal serupa juga berlaku dalam hal mencintai orang lain. Dalam mencintai orang lain, hendaknya jangan terlalu berlebihan meski orang yang dicintai itu adalah orang yang baik dan pantas dengan kita. Jika kita mencintai seseorang secara berlebihan, maka kita akan sering bertindak berlebihan kepada orang yang kita cintai, dan orang yang kita cintai itu justru malah menjadi sebal dan menjauhi kita.

Demikianlah beberapa contoh paragraf yang dianalogikan dengan cinta dalam bahasa Indonesia. Pembaca dapat menambah atau mengembangkan contoh paragraf analogi dengan menggunakan berbagai jenis majalah perbandingan, seperti contoh majalah metaforis dan contoh ceramah personifikasi. Diskusi kali ini cukup untuk tiba di sini. Semoga ini akan bermanfaat dan dapat menambah wawasan pembaca, baik tentang analogi paragraf pada khususnya, dan bidang bahasa Indonesia pada umumnya. Itu saja dan terima kasih.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar