Paragraf Analogi - Contoh Paragraf Analogi tentang Kehidupan

Contoh Paragraf Analogi tentang Kehidupan dalam Bahasa Indonesia – Contoh paragraf analogi telah dibahas sebelumnya. Contoh paragraf analogi singkat dan contoh paragraf analog dengan budaya sosial adalah dua di antaranya. Definisi analogi paragraf itu sendiri adalah salah satu dari jenis paragraf yang berisi perbandingan dua elemen. Sekilas, jenis paragraf ini mirip dengan makna metaforis atau contoh bentuk metaforis yang merupakan salah satu dari berbagai jenis perbandingan.

Paragraf analogi itu sendiri juga termasuk dalam salah satu jenis paragraf berdasarkan pola perkembangan di samping klasifikasi paragraf. Untuk artikel ini, kita akan melihat beberapa contoh analogi paragraf tentang kehidupan di Indonesia, di mana beberapa contohnya adalah sebagai berikut.


Contoh 1 :
Ladang adalah tempat bagi para petani menanam tanaman-tanamannya. Di ladang, para petani mesti menanam dan mengurus tanamannya secara telaten, sabar dan menggunakan cara yang benar. Hal itu dilakukan supaya tanaman yang ditanam dapat menghasilkan buah atau sayuran yang baik dan berkualitas. Kelak, hasil dari tanaman itu bisa dijual atau dikonsumsi oleh para petani di rumah mereka masing-masing. Hal senada juga berlaku dalam melakoni kehidupan. Dalam hidup, kita juga mesti berusaha dan berbuat sebaik mungkin di dunia ini. Sebab, dunia ini adalah ladang bagi kita untuk berusaha dan berbuat baik. Jika dilakukan dengan baik dan benar, semua usaha dan perbuatan baik kita akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain, baik di dunia maupun di akhirat.

Contoh 2 :
Mengetahui rute jalan akan membantu kita sampai ke tempat yang hendak kita tuju dan terhindar dari kesesatan arah. Begitupun dengan pedoman hidup. Dengan memiliki pedoman hidup, kita bisa menjalani hidup kita sesuai dengan arah yang benar, sehingga kita tidak akan tersesat ke jalan atau pebuatan yang salah. Oleh karena itu, memiliki pedoman di dalam kehidupan sangatlah penting bagi tiap manusia.

Contoh 3 :
Seperti halnya film, kehidupan ini juga sudah ada yang mengatur atau menyutradainya. Dan sebagaimana kita tahu, bahwa sutradara di dalam laku hidup kita ini tentu saja adalah Tuhan Yang Maha Kuasa. Semua watak, tindak-tanduk, alur hidup, dan masa depan kita sudah dirancang dan diatur oleh-Nya. Kita sebagai manusia hanya perlu melakoni peran kita dengan semaksimal mungkin. Sebab, kita hanyalah pelakon di dalam skenario yang telah diciptakan-Nya.


Contoh 4 :
Kehidupan di dunia ini seperti belajar di sekolah. Kita akan selalu menemukan hal-hal baru yang patut dipelajari setiap harinya. Kala kita gagal, maka akan selalu ada kesempatan bagi kita untuk mempebaiki diri layaknya seorang murid yang mengikuti ujian remedial untuk memperbaiki kualitas nilainya yang buruk. Oleh karenanya, kita harus senantiasa terus belajar dalam kehidupan ini. Selain itu, kita juga jangan takut untuk gagal dalam menjalani kehidupan. Sebab, sebelum nyawa kita dicabut, akan selalu ada kesempatan bagi kita untuk memperbaiki diri layaknya kesempatan remedial yang selalu ada jika kita gagal saat ujian sekolah.

Contoh-contoh di atas adalah beberapa contoh dari paragraf analogi tentang kehidupan dalam bahasa Indonesia. Pembaca bisa menambahkan atau mengkreasikan sendiri paragraf analogi yang diinginkan. Adapun untuk pembahasan kali ini dicukupkan sampai di sini. Semoga bermanfaat dan mampu menambah wawasan bagi para pembaca sekalian. Sekian dan terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Paragraf Analogi - Contoh Paragraf Analogi tentang Kehidupan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel