Skip to main content

Kumpulan Contoh Teks Paragraf Deskripsi Objektif tentang Sekolah

Contoh Paragraf Deskripsi Objektif tentang Sekolah – Salah satu jenis paragraf deskripsi adalah paragraf deskripsi objektif. Paragraf ini adalah paragraf deskripsi yang berisi penjelasan tentang suatu objek tanpa menyertakan pendapat atau pendapat penulis. Dengan demikian, objek yang dijelaskan dalam paragraf deskripsi dijelaskan apa adanya, baik bentuknya, sifatnya, dan hal-hal lain yang terkandung dalam objek tersebut. Paragraf deskriptif dapat ditulis dengan tema apa pun, termasuk sekolah.

Tema ini mengangkat tema penulisan yang cukup banyak, seperti contoh paragraf spasial sekolah, deskripsi paragraf paragraf sekolah, contoh kritik kalimat tentang sekolah, contoh paragraf induktif tentang sekolah, memberikan contoh saran tentang sekolah, memberikan contoh saran tentang sekolah, memberikan contoh Kritik kalimat tentang lingkungan sekolah, dan memberi contoh kalimat pujian tentang kebersihan sekolah.



Di bawah ini terdapat beberapa contoh paragraf deskripsi objektif tentang sekolah yang bisa disimak dan dipelajari.

Contoh 1:
Taman belakang sekolah merupakan tempat yang dikhususkan oleh pihak sekolah sebagai tempat disimpannya berbagai jenis tanaman hias. Adapun tanaman-tanaman hias yang ada di sini antara lain Kumis Kucing, Kuping Gajah, Bunga Anggrek, dan sebagainya. Tidak hanya tanaman hias, tanaman-tanaman rempah seperti cabai, lengkuas, dan jahe pun juga ada di sini. Semua tanaman itu berasal dari sumbangan para guru, serta para murid yang diperintahkan oleh guru PLH untuk membawa tanaman-tanaman tersebut. Semua tanaman itu diurus oleh penjaga sekolah dan dibantu oleh para murid yang telah diberi tugas untuk merawat semua tanaman itu sesuai dengan jadwal yang ditentukan oleh guru PLH.

Contoh 2:
Bu Heriyani adalah guru bahasa Indonesia kami di sekolah. Beliau sudah mengajar di sini sejak 20 tahun yang lalu. Setiap mengajar, beliau selalu memakai baju dinas khas sekolah, berkerudung, serta berkacamata. Khusus untuk hari kamis dan jumat, beliau biasanya memakai baju batik. Gaya bicara beliau santun, meski terkadang juga bisa tegas. Bu Heriyani merupakan sosok guru yang disenangi oleh para murid di sekolah ini. Hal ini terbukti dari sejumlah tanggapan ari para siswa serta alumni sekolah ini.

Contoh 3:


Sekolah dasar ini merupakan sekolah dasar yang didirikan pada tahun 1976. Bagian luar sekolah ini ditutup oleh gerbang setinggi 3 meter dengan gulungan kawat berduri di ujungnya. Bangunan sekolah ini terdiri dari tiga lantai yang berisi sekitar 50 buah ruangan yang terdiri dari ruang kelas, ruang laboratorium sains, laboratorium bahasa, perpustakaan, ruang guru, ruang BK, dan ruang kepala sekolah. Warna putih dan hijau tosca menghiasi seluruh bangunan sekolah. Di sekolah ini, terdapat pula lapangan serba guna dan tanaman-tanaman hias yang tumbuh di halaman belakang sekolah. Semua tanaman itu berasal dari sumbangan para guru, serta dari para murid yang disuruh oleh Guru PLH untuk membawa tanaman hias ke sekolah.

Contoh-contoh di atas hanya segelintir contoh deskripsi objektif sekolah. Pembaca dapat menambah atau membuat deskripsi paragraf tentang sekolah seperti yang diinginkan. Jika Anda ingin melihat contoh paragraf deskriptif lainnya, pembaca dapat membuka artikel tentang contoh paragraf singkat dan contoh paragraf deskripsi subjektif. Diskusi kali ini cukup untuk tiba di sini. Semoga penjelasan dan contoh yang disajikan dapat dipahami oleh pembaca, dan mampu menambah wawasan pembaca di ranah bahasa Indonesia. Terima kasih.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar