Skip to main content

Kumpulan Contoh Teks Paragraf Deskripsi Objektif tentang Lingkungan

Contoh Paragraf Deskripsi Objektif tentang Lingkungan – Sebelumnya, kami membahas paragraf contoh deskripsi objektif sekolah. Kali ini, kami juga akan membahas paragraf uraian obyektif dengan tema tertentu. Tema yang akan dibahas dalam paragraf deskripsi obyektif ini adalah tema lingkungan. Tema ini sendiri cukup banyak dibahas pada artikel sebelumnya, seperti contoh kalimat berita positif tentang lingkungan, contoh-contoh kalimat opini tentang lingkungan, contoh argumen tentang lingkungan, contoh paragraf deduktif tentang lingkungan, contoh paragraf campuran dari lingkungan, contoh paragraf induktif tentang lingkungan, contoh cerita pendek tentang liburan, dan contoh cerita pendek tentang lingkungan alam.



Untuk lebih mengetahui seperti apa bentuk paragraf deskripsi objektif tentang lingkungan, berikut disajikan beberapa contoh paragraf deskripsi objektif tentang lingkungan yang tertera di bawah ini.

Contoh 1:
Semenjak program penanaman pohon diberlakukan, lingkungan di perumahan ini semakin sejuk dan asri. Pohon-pohon yang ditanam di setiap pekarangan pun kian bertambah tinggi. Pohon-pohon yang ditanam di setiap pekarangan ini adalah pohon mangga. Pohon ini dipilih karena dapat bertumbuh dengan cepat dan buahnya bisa dinikmati atau bahkan dijual oleh setiap pemilik rumah. Batangnya yang menjulang dan daunnya yang rimbun juga menjadi nilai tambah pohon ini. Sejauh ini, pohon-pohon mangga di sini tingginya sudah mencapai 4 meter. Daun-daunnya pun sudah mulai merimbun. Sebagian sudah ada yang berbuah meski belum sepenuhnya matang. Ada juga yang baru berbuah dan buahnya masih kecil-kecil. Program penanaman pohon ini digagas oleh ketua RT perumahan ini sejak beberapa bulan yang lalu.

Contoh 2:
Lingkungan di pemukiman pinggir kota ini terlihat sangat kumuh. Hal ini bisa dilihat dari sampah-sampah plastik yang berserakan di sepanjang jalan, rumah-rumah yang kotor dan tidak terurus, serta adanya beberapa tikus yang tak sungkan untuk lalu lalang di muka umum. Saluran air di sini juga memprihatinkan. Hal ini bisa dilihat dari seringnya saluran air di rumah mereka macet. Mereka pun terpaksa harus mengambil air di sungai yang tidak jauh dari sana. Nahasnya, air sungai di sana juga kotor akibat pencemaran limbah.

Contoh 3:
Limbah rumah tangga merupakan limbah yang dihasilkan oleh kegiatan di dalam rumah, baik dalam jenis organik dan anorganik. Limbah rumah tangga organik merupakan limbah yang dapat terurai dan didaur ulang, seperti kotoran manusia, sisa-sisa makanan, dan sisa-sisa sayuran. Sementara itu, limbah anorganik adalah limbah rumah tangga yang sulit diurai, seperti air sabun, kantong plastik, alat elektronik, dan sebagainya. Beberapa limbah anorganik bisa didaur ulang menjadi barang-barang yang baru. Limbah-limbah tersebut antara lain kantong plastik dan alat elektronik yang sudah tidak terpakai lagi.

Contoh-contoh di atas hanya sebagian kecil dari paragraf contoh deskripsi objektif lingkungan. Pembaca dapat membuat sendiri atau mengembangkan contoh kalimat deskripsi. Jika pembaca ingin melihat contoh paragraf deskripsi lainnya, pembaca dapat membuka artikel tentang deskripsi paragraf singkat, contoh deskripsi paragraf sekolah, contoh paragraf deskripsi spasial sekolah, dan contoh paragraf deskripsi subyektif.

Diskusi artikel ini cukup untuk sampai di sini. Semoga bermanfaat bagi semua pembaca, sekaligus menambah wawasan tentang bahasa Indonesia. Maaf jika ada kesalahan atau kesalahan dalam penulisan dan pembahasan artikel ini. Terima kasih.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar