Skip to main content

Kumpulan Contoh Teks Paragraf Deskripsi Subjektif

Contoh Paragraf Deskripsi Subjektif dalam Bahasa Indonesia – Setelah mengetahui contoh paragraf deskripsi spasial sekolah, kali ini kita akan menemukan contoh satu jenis paragraf deskripsi, yaitu paragraf deskripsi subyektif. Jenis paragraf deskripsi ini adalah jenis paragraf deskripsi yang menjelaskan sesuatu berdasarkan pandangan atau perasaan penulis sendiri. Segala sesuatu yang dinyatakan dalam paragraf ini adalah hasil dari pendapat penulis. Meski begitu, pembaca dapat membaca dan menyetujui pandangan subjektif penulis yang terkandung di dalamnya. Ini bisa terjadi jika penulis mampu menuliskan pandangannya secara terperinci dan meyakinkan.

Sama seperti jenis deskripsi paragraf lainnya, paragraf ini juga menggunakan jenis kata sifat di dalamnya. Selain itu, paragraf deskripsi subyektif juga termasuk dalam jenis paragraf berdasarkan isinya bersama dengan jenis deskripsi paragraf lainnya. Jenis-jenis paragraf berdasarkan isinya terdiri dari deskripsi paragraf, paragraf eksposisi, contoh kalimat dan paragraf persuasif, narasi paragraf, dan paragraf argumentasi.




Untuk lebih memahami paragraf deskripsi subjektif, berikut disajikan beberapa contoh paragraf deskripsi subjektif dalam bahasa Indonesia.

Contoh 1:


Banyak yang mengatakan bahwa tempat futsal yang baru dibuka itu adalah tempat futsal yang bagus. Mendengar hal itu, aku dan teman-teman pun menyewa lapangan futsal tersebut. Saat tiba di sana, aku mempunyai firasat bahwa tempat ini tidak sebagus yang dikatakan orang. Ternyata firasatku benar. Lapangan futsal yang kami gunakan cukup licin, sehingga kami hampir terpeleset beberapa kali. Selain itu, bolanya juga agak keras, sehingga membuat kaki kami kesakitan saat menendangnya. Kondisi toilet di tempat futsal ini sama parahnya. Air yang keluar dari keran toilet sangat kecil, dan ada beberapa bagian atapnya yang bolong. Sejak saat itu, kami pun akhirnya memutuskan untuk tidak bermain futsal lagi di tempat tersebut.


Contoh 2:
Masih ada sebagian orang yang berpikir bahwa tiwul adalah makanan orang miskin yang tidak ada manfaatnya. Padahal, makanan yang berwarna coklat ini mempunyai manfaat yang baik untuk tubuh, terutama bagi orang yang hendak berdiet. Sifat tiwul yang mengenyangkan membuat perut cepat kenyang dan dapat menghindarkan diri dari obesitas. Tiwul sendiri mempunyai tekstur yang halus dan beraroma singkong saat dicium. Bahan baku makanan ini adalah gaplek yang terbuat dari singkong yang dikupas dan dijemur hingga kering, lalu ditumbuk hingga halus bentuknya. Rasa tiwul ini cukup manis di lidah. Agar lebih nikmat, tiwul bisa ditaburi dengan parutan kelapa halus, atau disajikan bersama lauk pauk dan sambal yang pedas.

Contoh 3:
Bagi sebagian mahasiswa di kampusku, perpustakaan adalah tempat yang membosankan di kampus. Bagiku, perpustakaan justru adalah tempat yang paling menyenangkan di kampus. Perpustakaan di kampusku ada di lantai tiga di gedung perkuliahan. Ada beberapa rak bertingkat empat yang berisi sekitar 100 buah buku. Ruangan ini dilengkapi dengan AC, meja dan kursi, serta beberapa unit komputer yang diperuntukkan untuk para mahasiswa yang hendak mengetik. Sinyal Wi-Fi gratis pun juga ada di sini. Alasan mengapa tempat ini adalah tempat menyenangkan bagiku adalah karena di sini tidak akan ada mahasiswa yang iseng melempar kertas, mengobrol dengan intonasi tinggi, ataupun menggoda mahasiswi sebagaimana yang sering terjadi di kelas, Student Center, dan kafetaria.

Demikian beberapa contoh paragraf deskripsi subjektif dalam bahasa Indonesia. Jika pembaca ingin melihat contoh paragraf deskripsi lainnya, pembaca bisa membuka artikel contoh paragraf deskripsi singkat, serta contoh paragraf deskripsi tentang sekolah. Terima kasih.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar