Kumpulan Contoh Teks Paragraf Deskripsi Spasial tentang sekolah

Contoh Paragraf Deskripsi Spasial tentang Sekolah – Deskripsi paragraf adalah salah satu jenis paragraf yang menjelaskan suatu objek secara terperinci sehingga pembaca dapat melihat atau merasakan objek tersebut. Paragraf deskripsi juga mencakup satu jenis paragraf berdasarkan isinya, di samping paragraf eksposisi, contoh kalimat dan paragraf persuasif, argumen paragraf, dan paragraf naratif. Dalam paragraf deskripsi, suatu objek harus dijelaskan berdasarkan hasil pengamatan mendalam terhadap objek tersebut, sehingga objek tersebut dapat dijelaskan secara detail dan tepat.

Khusus di artikel kali ini, jenis paragraf deskrpisi yang dibahas dan diberi contohnya adalah paragraf deskripsi spasial. Se[erti yang telah dijelaskan, paragraf deskripsi spasial merupakan paragraf yang menjelaskan suatu tempat atau ruang. Adapun tempat atau ruang yang bisa dideskripsikan antara lain kamar, ruang kelas, ruang kantor, dan sebagainya. Karena tem artikel kali ini adalah paragraf deskripsi spasial tentang sekolah, maka ruang atau tempat yang dideskripsika adalah ruang atau tempat yang ada di sekolah.



Paragraf deskripsi dibagi lagi menjadi tiga jenis, yaitu:

  1. Paragraf deskripsi spasial, merupakan paragraf deskripsi yang menjelaskan tentang suatu ruang atau tempat.
  2. Paragraf deskripsi subjektif, adalah paragraf deskripsi yang ditulis berdasarkan pandangan ataupun perasaan penulis.
  3. Paragraf deskripsi objektif, yaitu jenis paragraf deskripsi yang menjelaskan sebuah objek secara apa adanya, tanpa dipengaruhi oleh perasaan ataupun pandangan diri sendiri.

Ciri Ciri paragraf ini adalah sebagai berikut:
  • Menjelaskan suatu objek tertentu, seperti tempat, benda, peristiwa, dan sebagainya.
  • Melibatkan proses pancaindera dalam proses penulisannya.
  • Melibatkan ciri-ciri fisik serta sifat objek yang dijelaskan.
  • Mengandung banyak jenis-jenis kata sifat.
  • Dijelaskan secara rinci.
  • Ketika dibaca, seolah-olah pembaca dapat melihat, merasakan, atau berada di objek tersebut.

Untuk lebih jelasnya, simak contoh paragraf deskripsi spasial di bawah ini!

Contoh 1: Ruang Perpustakaan
Perpustakaan sekolah ada di lantai dua gedung sekolah. Di sini terdapat 10 rak buku yang ditiap raknya bisa berisi hingga 100 buah buku. Warna hijau tosca mendominasi ruangan ini. Terdapat 20 meja dan 10 kursi di perpustakaan ini. Selain itu, ada satu ruangan khusus di ruang perpustakaan yang merupakan ruangan para pengurus perpustakan.

Contoh 2: Ruang Guru
Ruang guru terletak di sebelah kiri dari arah gerbang sekolah. Ruangan yang didominasi warna putih ini mempunyai luas setara dengan ruang kelas, yaitu 5x 7 meter persegi. Di sini, terdapat 10 meja dan 20 kursi yang khusus diperuntukkan untuk para guru. Di depannya, terdapat sebuah papan tulis spidol dan sebuah meja dan kursi. Di pojok kanan ruangan, terdapat satu bendera merah putih yang digantung di tiang bendera ukuran sedang.

Contoh 3: Ruang Kelas Kami
Ruang kelas kami ada di pojok kiri bangunan kelas. Ukurannya kurang lebih 5×7 m persegi. Warna putih mendominasi tiap sudut ruang kelas. Ada sekitar 20 meja dan 40 kursi yang berajar di ruang kelas kami. Papan tulis yang digunakan di kelas ini masih berupa papan tulis kapur. Tak lupa, meja guru yang diselimuti taplak berwarna merah juga terdapat di ruangan ini. Sirkulasi ruangan ini cukup baik karena terdapat cukup banyak ventilasi serta jendela yang bisa dibuka, sehingga udara segar di luar kelas pun bisa terhirup oleh siswa-siswi dan para guru yang mengajar di kelas ini.

Demikianlah pembahasan mengenai contoh paragraf deskripsi spasial tentang sekolah. Jika ingin melihat contoh paragraf deskripsi bertema lain, pembaca bisa membuka artikel contoh paragraf deskripsi singkat, serta contoh paragraf deskripsi tentang sekolah. Terima kasih

Belum ada Komentar untuk "Kumpulan Contoh Teks Paragraf Deskripsi Spasial tentang sekolah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel