--> Skip to main content

Kumpulan Contoh Paragraf Narasi Singkat tentang Liburan

Contoh Paragraf Narasi Singkat tentang Liburan – Di Indonesia ada jenis paragraf, yaitu narasi paragraf, deskripsi paragraf, argumen paragraf, paragraf persuasif, paragraf eksposisi. Paragraf naratif adalah jenis esai yang berisi cerita dengan urutan waktu. Menulis dalam paragraf narasi ini tidak terikat oleh aturan khusus tertentu. Komposisi jenis ini bisa berupa esai panjang atau hanya esai pendek. Tema yang dapat digunakan dalam paragraf ini juga gratis. Salah satu contoh yang bisa digunakan adalah tema liburan. Liburan adalah kegiatan menyenangkan yang dicintai oleh banyak orang. Melalui tema ini, tentu saja berbagai jenis esai dapat dibuat. Dalam artikel ini, contoh singkat paragraf naratif diberikan dengan tema liburan.

Contoh 1

Berlibur ke Kebun Binatang

Riska dan teman-temannya berkumpul untuk pergi berlibur ke kebun binatang. Total ada 10 orang yang akan berlibur bersama. Setelah semuanya berkumpul, mereka pergi bersama-sama ke kebun binatang. Sesampainya di sana, mereka antre membeli tiket dan mulai masuk ke area kebun binatang. Kebun binatang itu sangat luas dan mempunyai banyak koleksi binatang. Mereka menyusuri setiap rute dan berfoto bersama beberapa binatang. Sesampainya di area menunggang gajah, mereka antre untuk dapat merasakan sensasi menunggang gajah. Tak lupa mereka pun menikmati wahana naik perahu dan melihat sirkus lumba-lumba dan binatang lain. Mereka semua sangat senang berlibur di kebun binatang.

Contoh 2

Berdagang sambil Liburan

Siapa bilang liburan harus pergi ke tempat-tempat wisata. Musim liburan kemarin, aku tidak pergi ke tempat wisata tertentu. Justru selama liburan aku pergi ke pasar untuk berdagang. Tentunya tidak sendiri, aku pergi dengan kakak-kakakku. Kami berdagang bakso bakar. Sejak malam harinya, kami sudah memasak bakso itu sendiri. Bumbu bakar pun sudah kami siapkan agar keesokan harinya kami tinggal mengolahnya. Selepas sholat subuh kami membuat bumbu bakar dan menyiapkan semua peralatan. Secara bergantian kami membawa barang-barang ke pasar. Pukul 06.00 pasar mulai ramai, banyak pembeli yang datang untuk berbelanja. Kami pun memulai memasak bakso bakar. Aromanya sungguh menggoda. Satu per satu pembeli datang membeli bakso bakar kami. Kami melayani setiap pembeli dengan suka ria. Setelah sekitar 5 jam berjualan dagangan kami pun ludes habis terjual. Setelah itu kami mulai membereskan semua peralatan untuk pulang. Hasil yang kami peroleh pun lumayan. Sebagian hasilnya kami tabung, dan sebagian lagi kami gunakan untuk berjualan lagi di hari berikutnya. Sungguh liburan yang berkesan bagiku.

Contoh 3

Berlibur bersama Anak Yatim

Hari libur tanggal 21 September kemarin menjadi liburan yang tidak terlupakan oleh Mila. Biasanya ketika ada libur hari besar nasional, Mila mengajak ayah dan ibu untuk berjalan-jalan. Akan tetapi kemarin Mila diajak oleh ayah dan ibu ke salah satu panti asuhan anak yatim. Mila sempat tidak ingin ikut, tetapi ayah dan ibu membujuk dia. Ayah, ibu, dan Mila membawa makanan dan bingkisan untuk dibagikan kepada anak-anak yatim. Sesampainya di panti asuhan tersebut, mereka bertemu dengan anak-anak yang bernasib tidak seberuntung Mila. Mereka sangat senang sangat menerima makanan dan bingkisan tersebut. Raut muka Mila pun berubah. Mila juga merasa senang melihat teman-teman seumurannya bergembira membuka bingkisan yang ia bawa. Makanannya pun dimakan dengan sangat lahap. Tak lupa Mila ikut bermain dan berbincang dengan anak-anak tersebut. Setelah semua acara selesai Mila dan keluarga pulang ke rumah. Sebelum pulang Mila berjanji akan berkunjung lagi. Mila pun meminta kepada ayah dan ibu agar lain kali dapat datang lagi ke tempat itu. Liburan kali ini sangat mengesankan untuk Mila dan keluarga.

Contoh 4

Liburan Sekolah Bersama Ibu

Liburan sekolah kemarin, Lisa tidak pergi kemana pun. Selama satu minggu, Lisa hanya di rumah saja. Akan tetapi bukan hanya bermalas-malasan, Lisa mempunyai misi membantu ibu selama liburan. Liburan ini Lisa dan ibu membuat kue kering untuk dijual ke tetangga atau dititipkan di warung langganan. Dalam satu hari, Lisa dan ibu dapat membuat 5 toples kue. hari berikutnya Lisa dan ibu mulai menjual kue tersebut. Liburan kali ini sangat berkesan untuk Lisa. Lisa belajar banyak hal dari pengalamannya bersama ibu. Selain belajar membuat kue, Lisa juga berlatih cara berdagang.

Contoh 5

Berlibur ke Rumah Nenek

Setiap libur akhir pekan, Ami selalu pergi ke rumah nenek. Nenek tinggal seorang diri. Oleh karena itu Ami sering berkunjung untuk menemani nenek. Terkadang Ani bertemu dengan sepupu-sepupu yang kebetulan berkunjung juga ke rumah nenek. Satu aktivitas yang disukai Ami saat berlibur ke rumah nenek adalah bermain bersama ikan koi peliharaan nenek. Nenek mempunyai peliharaan ikan koi yang besar-besar. Ami terbiasa berenang dan bermain bersama ikan koi. Tak lupa Ami juga memberi makan ikan tersebut. Ami sangat senang berlibur akhir pekan ke rumah nenek.

Contoh 6

Liburan ke Pantai

Liburan Idul Fitri kemarin, aku bersama seluruh anggota keluarga berlibur ke pantai. Pantai tujuan kami adalah pantai-pantai di Gunung Kidul, Yogyakarta. Kami berangkat selepas sholat subuh. Tujuan pertama kami adalah pantai Indrayanti. Pantai ini berpasir putih dan memiliki panorama yang indah. Kami semua bermain air bersama. Lebih dari 2 jam kami bermain di air. Selepas itu kami beristirahat, makan, dan mandi. Kami pun melanjutkan perjalanan ke pantai Siung. Di pantai ini kami kembali bermain air, naik perahu, dan bersantai. Kami sangat senang dan menikmati bermain di pantai.

Contoh yang ditulis di atas hanya sebagian kecil dari banyak paragraf narasi yang dapat dibuat dari tema liburan. Pembaca dapat berkreasi sendiri dalam membuat paragraf narasi bertema liburan atau tema-tema yang lain. Semoga contoh yang diberikan pada artikel ini mudah dipahami dan dapat bermanfaat bagi para pembaca. Terima kasih.