Skip to main content

Kumpulan Contoh Paragraf Induktif tentang Lingkungan

Kumpulan Contoh Paragraf Induktif tentang Lingkungan. Contoh Paragraf Induktif tentang Lingkungan dalam Bahasa Indonesia – .Paragraf induktif adalah salah satu dari jenis paragraf yang ada. Paragraf ini dimulai dengan kalimat penjelas yang kemudian diakhiri dengan kalimat utama yang menjadi muara dari kalimat penjelas. Kalimat penjelasan dapat berupa fakta, bukti, detail, dan contoh dari kalimat utama


Kalimat induktif juga mempunyai sejumlah jenis, yaitu:

  • Analogi: paragraf induktif ini dimulai dengan membandingkan hal-hal yang mempunyai kesamaan lalu kesamaan tersebut disimpulkan dalam suatu kesimpulan di akhir paragraf. Kesimpulan tersebut merupakan kalimat utama paragraf induktif analogi.
  • Sebab akibat: paragraf ini dimulai dari pernyataan sebab dan akibat dalam fakta paragraf tersebut. Paragraf ini mempunyai tiga macam pola, yaitu sebab-akibat, akibat-sebab, dan sebab-akibat1-akibat2.
  • Generalisasi: jenis paragraf induktif ini diawali dengan pernyataan-pernyataan khusus yang dikerucutkan ke dalam kalimat utama di penghujung paragraf.


Dalam artikel paragraf deduktif induktif dan campuran, paragraf induktif mempunyai sejumlah ciri khusus, yaitu:

  1. Menggunakan pernyataan khusus yang mirip dengan kalimat utama.
  2. Menggunakan fakta untuk menarik kesimpulan.
  3. Menggunakan perbandingan antara dua hal yang mempunyai kesamaan.
  4. Diawali dengan penjelasan-penjelasan khusus.
  5. Penjelasan-penjelasan tersebut kemudian diarahkan ke kalimat utama yang ada di akhir paragraf.


paragraf narasi – contoh kalimat dan paragraf persuasi – paragraf deskripsi – contoh paragraf narasi singkat tentang liburan – paragraf klasifikasi – paragraf deduktif

Banyak tema yang bisa disajikan dalam format paragraf induktif, salah satunya adalah tema lingkungan. Di bawah ini terdapat contoh paragraf induktif tentang lingkungan dalam bahasa Indonesia.

Contoh 1:

Manusia akan merasa tidak nyaman jika rumahnya mengalami kerusakan. Manusia juga akan marah dan merasa terancam jika rumahnya dialihfungsikan menjadi tempat yang tidak semestinya. Hewan pun juga mengalami hal yang sama. Orang Utan adalah salah satunya. Primata yang keadaannya kian punah ini akan merasa terancam dan tidak nyaman jika hutan yang merupakan rumahnya mengalami kerusakan dan dialihfungsikan menjadi tempat yang tidak semestinya. Menjaga ekosistem lingkungan merupakan suatu keharusan bagi kita semua. Sebab, ekosistem merupakan rumah bagi semua makhluk hidup, termasuk manusia.



Paragraf di atas menggunakan pola paragraf induktif analogi. Hal itu bisa dilihat dari perumpamaan yang disebutkan di awal paragraf.


Contoh 2:

Tas dan bunga plastik adalah dua kerajinan tangan yang bisa dibuat dengan menggunakan plastik sebagai bahan utamanya. Selain itu, plastik juga bisa dibuat menjadi berbagai kerajinan tangan lainnya, seperti lampu, pot bunga, payung, sandal, dan tempat penyimpanan permen. Sampah plastik yang sulit diurai ternyata bisa diolah menjadi berbagai kerajinan tangan.

Kalimat terakhir pada paragraf di atas merupakan kalimat utama sekaligus kesimpulan dari paragraf induktif di atas. Paragraf di atas merupakan jenis paragraf induktif generalisasi.

Contoh 3:

Petroleum, Synthetic Chemical, Chemicals Harmful dan Sodium Lauryl Sulfate adalah beberapa bahan kimia yang terdapat pada sabun mandi. Bahan-bahan kimia tersebut berpotensi menimbulkan pencemaran lingkungan, terutama pencemaran air. Limbah sabun yang masuk ke dalam air akan merusak dan bahkan membunuh ekosistem perairan, seperti ikan, dan sebagainya. Oleh karenanya, mengurangi penggunaan sabun mandi berbahan kimia patut dilakukan. Sabun mandi berbahan ramah lingkungan bisa digunakan untuk menggantikan sabun mandi berbahan kimia. Sudah saatnya kita mengurangi konsumsi sabun berbahan kimia dan menggantinya dengan sabun berbahan ramah lingkungan.

Kalimat yang dicetak miring pada paragraf atas merupakan kalimat utama paragraf induktif tersebut. Sedangkan kalimat-kalimat lainnya adalah penjelas dari kalimat utama tersebut. Kalimat utama tersebut merupakan kesimpulan dari paragraf di atas. Paragraf di atas merupakan jenis paragraf induktif sebab-akibat dengan pola sebab-akibat1-akibat2.


paragraf campuran – ciri-ciri kalimat utama dan penjelas – paragraf argumentasi – jenis-jenis konjungsi – contoh kalimat berita positif tentang lingkungan – contoh karangan argumentasi tentang lingkungan – Contoh Karangan Bebas – Karangan Eksposisi – Karangan Argumentasi

Demikian pembahasan mengenai contoh paragraf induktif tentang lingkungan dalam bahasa Indonesia. Terima kasih.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar