Skip to main content

Kumpulan Contoh Kalimat dan Paragraf Persuasi Singkat

Contoh Kalimat dan Paragraf Persuasi Singkat – Menulis kalimat atau paragraf persuasi dapat dikatakan sulit dan juga mudah. Ini karena pengaturannya kurang efektif (terlalu lama atau menggunakan istilah yang tidak mudah dipahami oleh target persuasi) atau kurang konsentrasi secara tertulis sehingga tujuannya menjadi menyimpang. Karena kalimat dan paragraf persuasi didasarkan pada data untuk mendukung pendapat penulis.

Paragraf didasarkan pada tujuan penulisan, dibagi menjadi argumen paragraf, deskripsi paragraf, paragraf naratif, paragraf eksposisi dan paragraf persuasi. Paragraf persuasif adalah kalimat atau paragraf dalam bentuk permohonan, persuasi, banding atau rayuan untuk mempengaruhi pembaca sehingga pembaca mengikuti keinginan penulis. Untuk memenuhi tujuan tersebut, penulis perlu memberikan bukti dan data pendukung yang kuat dan sesuai dengan fakta sehingga pembaca lebih percaya diri dengan isi tulisan yang disajikan dan bersedia menyetujui atau mengikuti apa yang dikatakan oleh penulis.



Paragraf persuasi memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

  • Bahasa yang digunakan umumnya menghindari konflik agar minat pembaca tidak hilang dan memberi kesempatan pembaca untuk sepakat dengan pemikiran penulis dan mengikutinya, khususnya bila terdapat argumen-argumen lain yang berbeda dengan yang disampaikan oleh penulis.
  • Adanya ajakan untuk mengikuti atau melakukan sesuatu.
  • Terdapat data berdasarkan fakta, contoh, argumen, perhitungan dan lain sebagainya untuk memperkuat alasan dan meyakinkan pembaca untuk mengikuti atau melakukan hal-hal yang disampaikan oleh penulis.


Jenis Jenis Paragraf Persuasi dan Contohnya

Kalimat dan paragraf persuasi dibagi terdiri dari 4 jenis, yakni persuasi propaganda, persuasi pendidikan, persuasi advertensi dan persuasi politik. Adapun penjelasan dan contohnya adalah sebagai berikut :

1. Persuasi Advertensi
Persuasi advertensi juga dikenal sebagai persuasi iklan. Hal tersebut karena jenis persuasi ini memang digunakan dalam bidang periklanan dengan tujuan komersil yaitu memperkenalkan, memasarkan atau mempengaruhi calon konsumen untuk memilih produk barang atau jasa yang ditawarkan oleh penulisnya.

Contoh kalimat :

  • Lemak tidak luntur juga meski sudah ratusan ribu hingga jutaan Anda habiskan untuk berbagai macam produk dan Anda merasa putus asa ? Ingin mencoba pil pelangsing namun mengkhawatirkan keamanannya bagi kesehatan Anda ? Berolahraga tapi rasanya sia-sia ? Setiap pergi ke pesta merasa gatal dan tidak nyaman dengan korset yang biasa Anda gunakan ? Sudahkah Anda mengetahui produk luar biasa ini ? Munafie Pants dengan serat benang yang halus dan lembut sehingga nyaman Anda kenakan meskipun seharian beraktivitas ! Jangan tertipu produk palsu ! Pesanlah hanya melalui alamat kami berikut ini dan dapatkan penawaran khusus hingga 31 Januari 2017.
  • Sudah lama berbisnis online tapi dagangan tetap kurang laku juga ? Gunakanlah aplikasi akulaku, dapatkan segera di playstore !
  • Anda sering merasa pegal-pegal di wilayah punggung? Tidur Anda menjadi tidak nyenyak dan sering terbangun karena rasa tidak nyaman tersebut? Magic Pillow adalah pilihan terbaik bagi Anda! Gunakanlah secara teratur setiap malam maupun ketika bersantai di depan televisi Anda selama 4 hingga 5 jam per hari untuk hasil terbaik!


Contoh paragraf :

Air Alkali Zernii merupakan air dengan pH basa yang sangat baik untuk kesehatan organ tubuh. Partikelnya yang kecil dapat dengan mudah diserap hingga ke tingkat sel sehingga tubuh mudah merasa puas dari rasa haus tanpa rasa kembung meskipun diminum dalam jumlah besar. Air Alkali Zernii berbeda dengan produk air alkali lainnya yang diperoleh dengan manipulasi air dengan menggunakan mesin maupun tambahan bahan tertentu untuk menurunkan kadar keasaman air. Air Alkali Zernii diperoleh dengan penyulingan aliran air alami dari pegunungan Selalu Alir di Jawa Barat secara profesional, higienis dan syari sejak dari sumber air hingga pengepakan melalui pembacaan ayat-ayat suci Al Quran sehingga memberikan komposisi Kristal air yang lebih indah apabila diperbesar. Tanpa bahan kimia tambahan dan kandungan mineral alaminya, tentu Air Alkali Zernii sangat baik untuk kesehatan Anda tanpa efek samping berbahaya. Oleh karena itu, beralihlah ke Air Alkali Zernii. Konsumsilah secara teratur untuk memperoleh kesehatan yang paripurna, mendukung produk lokal Indonesia dan bersama-sama mencapai derajat kehidupan yang lebih baik.



2. Persuasi Politik
Tujuan persuasi politik umumnya adalah mengajak atau mempengaruhi partisipasi pembaca/pendengar/penonton untuk tergabung dalam partai, menentukan pilihan calon perwakilan partai atau indipenden serta keterlibatan dalam suatu aktivitas tertentu yang berhubungan dengan agenda politik partai atau kepentingan Negara. Meskipun demikian, di dalam media cetak seringkali jenis kalimat dan paragraf persuasi politik masuk dalam kolom ‘advertorial’ atau dianggap serupa dengan iklan pada umumnya meskipun konten yang ada memiliki spesifikasi di bidang politik.

Contoh kalimat :

  • Hati-hati ! Jangan mudah terjebak hoax, galilah informasi mengenai pasangan calon pemimpin daerah Anda di situs dan sumber-sumber terpercaya. Jadilah pemilih yang bijak !
  • Golput tidak bertanggungjawab, gunakanlah hak pilih Anda.
  • Ayo laporkan bila Anda menemukan warga negara asing yang mencurigakan disekitar Anda !
  • Pilihlah berdasarkan hati nurani Anda, hindari godaan suap suara !
  • Mari kita sukseskan pilkada damai dan bermartabat.
  • Pemilihan umum akan segera tiba. Gunakanlah hak suara Anda dengan baik dan jadilah warga negara yang turut bertanggungjawab dengan kemajuan bangsa.
  • Jangan pertaruhkan masa dengan Anda selama 5 tahun kedepan hanya dengan beberapa lembar rupiah. Pilihlah pemimpin sesuai hati nurani Anda !


Contoh paragraf :



Tidak lama lagi setiap daerah di Indonesia akan mengadakan pesta demokrasi serentak untuk memilih kepala daerah masing-masing. Partisipasi kita merupakan hal yang tak dapat dipisahkan dalam upaya mensukseskan pemerintahan selama lima tahun kedepan. Masih hangat di media mengenai demonstrasi penolakan pada presiden terpilih Amerika Serikat yang ke-45, Donald Trumph. Terlepas dari kesepakatan ideologi yang diusung oleh perwakilan Partai Republik ini dan lawan politiknya dari Partai Demokrat yang diwakili oleh Hillary Clinton, faktanya separuh penduduk negeri adidaya ini tidak menggunakan hak pilihnya dan merasa dirugikan karena hasil pemilihan umum tidak sesuai dengan harapan mereka. Oleh sebab itu, gunakanlah hak pilih kita dan ajaklah orang-orang terdekat kita untuk pergi ke TPS dan memilih calon pemimpin daerah yang sesuai dengan harapan pada nasib Anda selama lima tahun ke depan.

3. Persuasi Propaganda
Jenis paragraf ini memiliki isi himbauan yang paling yang keras/kuat agar pembaca mengikuti pesan yang disampaikan, dengan memberikan informasi yang membuat pembaca percaya dan mau mengikuti atau melakukan bujukan yang terdapat dalam kalimat dan paragraf tersebut. Persuasi propaganda umumnya dijumpai di media cetak seperti surat kabar, majalah, pamflet dan sebagainya.

Contoh kalimat :

  • Jagalah kebersihan.
  • Kenakanlah sabuk pengaman ketika berkendara.
  • Gunakanlah helm berlogo SNI.
  • Ayo kita sukseskan Pekan Imunisasi Nasional, kunjungi posyandu mari kita sehatkan anak negeri.
  • Berhentilah sejenak bila mengantuk, jagalah keselamatan Anda dan pengguna jalan lainnya.
  • Bayarlah pajak tepat waktu.
  • Buanglah sampah pada tempatnya.
  • Kuncilah kendaraan Anda dengan kunci ganda.


Contoh paragraf :

Budayakan Keselamatan di Jalan Raya

Kecelakan lalu lintas di jalan raya adalah penyebab kematian tertinggi kedua setelah penyakit jantung di Indonesia saat ini. Hal itu disebabkan oleh kejadian tabrak lari, keterlambatan penanganan setelah kecelakaan tunggal maupun multipel, ketidakpatuhan menggunakan perlengkapan keamanan berkendara seperti helm atau sabuk pengaman dan lain sebagainya. Kepolisian mencatat setidaknya terdapat hingga 453 kasus kecelakaan di jalan raya pada tahun XXXX. Oleh sebab itu, marilah kita waspada ketika sedang menggunakan jalan raya. Apabila kita sudah merasa yakin telah berhati-hati sekalipun, tetaplah waspada terhadap ketidakwaspadaan pengguna jalan lainnya. Tidak sedikit kecelakaan terjadi akibat kecerobohan orang lain seperti pembiaran orangtua pada anak-anak dibawah umur untuk memegang kendali kendaraan, mengemudi dalam kondisi mengantuk atau terpengaruh obat-obatan dan minuman keras, ketidakpatuhan pengendara lain pada rambu dan lampu lalu lintas, pengemudi yang ugal-ugalan hingga pejalan kaki yang tidak tahu aturan. Maka, patuhilah semua rambu-rambu di jalan, gunakanlah alat keselamatan dan selalu ingat bahwa perilaku kita di jalan raya ikut mempengaruhi kehidupan orang lain termasuk keluarga tercinta yang sedang menunggu dirumah.

4. Persuasi Pendidikan
Adalah jenis paragraf yang digunakan oleh instansi/badan atau orang yang terlibat di dunia pendidikan untuk menyampaikan pesan yang terkait dengan pendidikan. Bentuknya dapat berupa himbauan, motivasi, anjuran atau panduan.

Contoh kalimat :

  • Mari bergabung dalam komunitas Aku Belajar, jadilah bagian dari penerang pendidikan bangsa.
  • Datanglah ke sekolah tepat waktu, hormati gurumu dan sayangi teman-temanmu.
  • Mari budayakan membaca !
  • Belajarlah meski lelah, jujurlah walau soal susah.
  • Ayoo… sukseskan program belajar 9 tahun !


Contoh Paragraf :

Era globalisasi telah merambah hampir seluruh wilayah negeri. Bumi tetap bulat, namun dunia menjadi datar dengan sangat cepat. Hal itu didukung dengan keberadaan teknologi internet yang semakin mudah diakses oleh hampir seluruh jangkauan geografi. Kondisi tersebut membuat seseorang dapat dengan mudah mengakses sumber-sumber informasi yang berada di tempat yang jauh, baik dengan media suara, gambar atau tulisan dengan dampak positif dan negatifnya. Membaca adalah kegiatan yang bermanfaat untuk merangsang otak untuk terus aktif. Wawasan dan ilmu yang didapatkan dari membaca memiliki potensi perlekatan dalam ingatan lebih lama daripada perolehan dengan cara lainnya karena ketika membaca seseorang didorong untuk memvisualisasikannya sendiri. Dengan membaca, kita dapat mengejar ketertinggalan atau memperoleh manfaat dari eksplorasi orang lain dan bisa mengembangkan serta membagikannya kembali pada orang lain. Membaca juga merupakan salah satu cara yang direkomendasikan untuk relaksasi otak dan menenangkan suasana hati, tentunya dengan memilih materi bacaan terlebih dahulu. Oleh sebab banyaknya manfaat membaca, marilah kita ciptakan dan tingkatkan budaya membaca anak dengan mensukseskan program literasi sekolah dan menjadikan buku sebagai salah satu materi hiburan bagi anak di rumah.


Demikianlah beberapa contoh kalimat dan paragraf persuasi singkat. Semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar