Pengertian Paragraf Campuran, Ciri Ciri dan Contohnya

Pengertian dan Contoh Paragraf Campuran dalam Bahasa Indonesia  – Setelah kita membahas paragraf deduktif dan paragraf induktif, untuk melengkapi artikel kita tentang jenis paragraf, maka di sini kita akan membahas jenis paragraf terakhir, yaitu paragraf campuran. Apa paragraf campuran dan bagaimana contoh akan dibahas di bawah. Selamat belajar.



Ciri Ciri Paragraf Campuran


Beberapa ciri ciri yang dapat digunakan untuk membedakan paragraf campuran dengan jenis paragraf lainnya adalah:

  • Terdapat dua kalimat utama
  • Kalimat pertama terletak di awal paragraf, dan kalimat utama kedua merupakan kesimpulan yang terletak di akhir paragraf
  • Kalimat penjelas terletak di tengah paragraf
  • Terdapat pengulangan pada kata kunci dalam kedua kalimat utama
  • Pola paragraf campuran adalah umum-khusus-khusus-umum

Pengertian Paragraf Campuran


Berbeda dengan paragraf deduktif dan paragraf induktif yang hanya memiliki satu kalimat utama, paragraf campuran justru memiliki dua kalimat utama. Paragraf campuran adalah paragraf yang mempunyai dua kalimat utama pada awal dan akhir paragraf, kalimat selain itu adalah kalimat penjelas.


Contoh Paragraf Campuran

Agar lebih memahami paragraf campuran, perhatikan beberapa contoh paragraf campuran berikut. Kalimat yang dicetak tebal adalah kalimat utama dari masing-masing paragraf.


Contoh 1
Senada dengan facebook, instagram kini menjadi media unjuk eksistensi penggunanya. Hampir setiap detik pengguna instagram selalu upload gambar atau video kegiatannya. Melalui gambar atau video mereka ingin memperlihatkan atau memberikan info. Atau terkadang hanya ingin diketahui oleh orang lain saja. Melalui info yang dibagikan, followernya akan memberikan komentar atau sekedar like pada postingan mereka. Selain itu, adu mulut atau adu opini juga marak terjadi di instagram. Mereka yang tidak sepaham saling adu opini lewat meme-meme yang dibuat. Komunikasi bahkan dengan orang yang tidak dikenal menjadi lebih cepat dan mudah. Kemudahan dan kecepatan ini dirasa membuat instagram eksis sebagai media unjuk esksistensi yang paling tepat.

Contoh 2
Pola hidup yang sehat berperan penting dalam tingkat harapan hidup masyarakat. Di masa yang serba instan ini, masyarakat seringkali tergiur dengan tawaran produk-produk instan, misalnya saja makanan instan hingga perawatan kecantikan instan. Pola hidup dengan berbagai makanan instan tentu sangat tidak sehat. Makanan cepat saji ini sudah tentu rendah nutrisi. Kolesterol, hipertensi, diabetes dan jantung adalah penyakit-penyakit yang saat ini paling banyak diderita. Selain itu, turunnya kesadaran untuk berolahraga, istirahat tidak teratur, kebiasaan merokok, dan minum alkohol sangat buruk bagi kesehatan. Kebiasaan-kebiasaan inilah yang menjadi masalah utama pola hidup masyarakat. Sehingga sangat wajar jika kondisi kesehatan masyarakat masih tergolong buruk. Oleh karena itu, pola hidup yang sehat perlu digalakkan untuk meningkatkan harapan hidup masyarakat.

Contoh 3
Air adalah unsur terpenting dalam kehidupan manusia. Semua sendi kehidupan berkaitan dengan air. Manusia tidak akan pernah bisa lepas dari air. Kehidupan manusia sangat bergantung pada air. Manusia akan sangat kesulitan menjalani kehidupan jika tidak ada air. Kegiatan vital manusia seperti makan, mandi, minum, mencuci, sampai bercocok tanam akan terganggu. Organ tubuh manusia juga sangat bergantung pada air. Jika manusia sampai mengalami dehidrasi, maka kerja organ vital dalam tubuh tidak berfungsi dengan normal. Oleh karena itu, kita sebagai manusia harus menjaga kelestarian air baik untuk generasi sekarang maupun untuk generasi mendatang.

Contoh 4
Narkoba masih menjadi jurang kegelapan terbesar bagi masyarakat Indonesia. Peredaran narkoba semakin mengerikan di negeri ini. Banyak orang-orang yang tidak bertanggung jawab membawa narkoba dari luar negeri. Mereka mulai mempengaruhi orang-orang dari golongan bawah hingga golongan atas. Pejabat, artis, bahkan oknum penegak hukum mulai terjebak dalam rayuan palsu narkoba. Hal yang sangat disayangkan adalah para pelajar dan mahasiswa yang juga banyak terjebak narkoba. Pendidikan mereka menjadi kacau. Kehidupan sosial menjadi tidak berjalan baik. Bahkan masa depan pun menjadi suram. Oleh karena itu, kita harus selalu waspada terhadap semua orang terdekat kita agar tidak terjebak dalam jurang kegelapan narkoba.

Contoh 5
Korupsi bukan hanya mengenai uang, tetapi bisa juga tentang waktu. Kita sering mendengar ungkapan “time is money“. Ungkapan ini benar karena waktu sama berharganya dengan uang, bahkan lebih berharga dengan uang. Selama ini kita hanya fokus bahwa korupsi pasti selalu berhubungan dengan uang. Tentu saja tidak. Banyak yang tidak menyadari kalau sudah melakukan korupsi waktu. Misalkan saja seorang pengajar. Ketika pengajar tersebut sengaja datang terlambat dan memajukan jam belajar maka itu termasuk ke dalam korupsi waktu. Mereka menggunakan waktu tidak sesuai yang seharusnya. Mereka memanfaatkan waktu demi kepentingan sendiri. Korupsi waktu sama saja dengan sebutan “jam karet”. Istilah ini diartikan tidak tepat waktu atau molor. Jam karet yang masih menjadi kebiasaan di sebagian besar masyarakat harus mulai dibenahi demi mengubah perilaku menjadi lebih baik. Jadi, pandai-pandailah mengatur dan memanfaatkan waktu agar tidak tergolong orang yang korupsi.

Contoh 6
Kerusakan jalan berimbas pada lambatnya pertumbuhan ekonomi suatu daerah. Lambatnya pertumbuhan ekonomi suatu daerah akan berdampak juga terhadap pertumbuhan ekonomi daerah lain.  Kerusakan jalan bukan sekedar menjadi masalah bagi pengguna jalan. Proses distribusi barang baik dari daerah ke pusat atau sebaliknya tentu akan menjadi terganggu. Waktu distribusi akan semakin melambat. Keterlambatan distribusi akan menyebabkan barang tidak sesuai pasokan. Jika barang tidak sesuai dengan pasokan maka akan terjadi kelangkaan barang. Harga barang akan meningkat seiring dengan tingginya biaya produksi. Jika hal ini dibiarkan tanpa ada perbaikan maka kondisi ekonomi akan semakin memburuk. Bukan hanya pertumbuhan ekonomi daerah yang terhambat, akan tetapi akan terjadi perlambatan ekonomi skala nasional.


Sekian pembahasan mengenai paragraf campuran dalam bahasa Indonesia – pengertian dan contohnya. Semoga uraian tentang paragraf campuran ini mudah dipahami dan bermanfaat bagi para pembaca. Nantikan pembahasan materi lain. Terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Paragraf Campuran, Ciri Ciri dan Contohnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel