--> Skip to main content

Kumpulan Contoh Doa Ucapan Syukur Menurut Kristen Dan 12 Dasar Cara Berdoa Umat Kristen

Dalam kehidupan spiritual, kita bernafas dengan doa. Doa seperti udara yang kita hirup setiap hari. Tanpa udara, tanpa doa, kita tidak dapat bertahan hidup dalam kehidupan rohani kita. Lebih khusus lagi, kita perlu syukur. Syukur kita bisa seperti oksigen, ke dalam paket yang tidak dapat dipisahkan dari doa. Kita tidak bisa terus hidup dalam keluhan, kemarahan, atau kesedihan. Agar tetap hidup dan bergerak dengan baik, kita perlu bersyukur.

Mengingat pentingnya doa dan ucapan syukur, kita sering perlu mengucapkan doa syukur menurut orang Kristen Protestan. Namun, ingatlah bahwa kita perlu benar-benar memahami mengapa kita mengucapkan doa-doa ini.

Dalam hidup, manusia membutuhkan udara untuk bernafas agar bisa bertahan hidup. Namun, itu bukan udara sewenang-wenang yang bisa dihirup. Udara harus mengandung oksigen sehingga manusia dapat menggunakannya untuk bergerak dengan baik. Tentu saja kita berbicara tentang kehidupan fisik kita. Lalu, bagaimana dengan kehidupan spiritual kita?
Kumpulan Contoh Doa Ucapan Syukur Menurut Kristen Dan 12 Dasar Cara Berdoa Umat Kristen


Dasar Doa Ucapan Syukur

Berikut dasar doa ucapan syukur menurut Kristen

Filipi 4:6
Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apa pun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur.

Thanksgiving akan membantu kita untuk tidak mengkhawatirkan hal-hal. Sebagai manusia, wajar jika kita merasa ragu, memiliki kekhawatiran. Namun, sebagai anak Tuhan, Tuhan tidak ingin kita terus fokus pada kekhawatiran itu. Kita perlu belajar untuk melepaskan kekhawatiran kita kepada Tuhan sebagaimana dikatakan dalam ayat Alkitab tentang penyerahan diri. Karena itu, kita perlu berdoa dan bersyukur.

Kolose 4:2
Bertekunlah dalam doa dan dalam pada itu berjaga-jagalah sambil mengucap syukur.
Tuhan selalu mengingatkan kita untuk bertahan dalam doa karena doa adalah sarana bagi kita untuk berkomunikasi dengan Tuhan. Namun, Tuhan juga ingin mengingatkan kita untuk tidak lupa bersyukur. Thanksgiving membantu kita untuk menjaga hati kita tetap fokus pada Tuhan. Memberikan ucapan terima kasih akan membantu kita untuk menyingkirkan pikiran negatif, terutama jika didukung oleh ayat Alkitab tentang pikiran negatif.


1 Tesalonika 5:18
Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu.

Sekali lagi, kami diingatkan bahwa bersyukur telah menjadi kehendak Tuhan bagi kita. Tentu saja, karena ciptaan-Nya terus didampingi dan dicintai tanpa batas, kita perlu hidup sesuai dengan kehendak-Nya. Ini berarti kita juga harus selalu bersyukur.

Kolose 3:17
Dan segala sesuatu yang kamu lakukan dengan perkataan atau perbuatan, lakukanlah semuanya itu dalam nama Tuhan Yesus, sambil mengucap syukur oleh Dia kepada Allah, Bapa kita.
Kita perlu melakukan segalanya dalam nama Tuhan Yesus sambil mengucap syukur. Dalam semua yang kami lakukan, pekerjaan kami, hubungan kami dengan orang lain, juga termasuk dalam doa-doa kami, kami perlu bersyukur. Ayat ini mengingatkan kita bahwa ucapan syukur kita harus ditujukan kepada Tuhan. Ucapan syukur menurut orang Kristen Protestan membantu kita mengenali kedaulatan Tuhan. Thanksgiving juga membantu kita untuk memilikinya

Isi Doa Ucapan Syukur

Ada sangat banyak hal yang dapat membuat kita mengucap syukur dalam doa kita. Berikut beberapa hal yang dapat menjadi isi doa ucapan syukur menurut Kristen Protestan.

  1. Mengucap syukur atas kesempatan untuk berdoa.
  2. Mengucap syukur atas Tuhan yang memenuhi janji keselamatan dalam Alkitab dan pengampunan dosa.
  3. Mengucap syukur atas rasa sukacita yang kita alami seperti yang dikatakan ayat Alkitab tentang sukacita.
  4. Mengucap syukur atas kebutuhan yang boleh terpenuhi.
  5. Mengucap syukur atas iman kepercayaan atas janji Tuhan untuk terus menyertai dalam kesusahan dan kekurangan kita, Tuhan akan memberikan keberhasilan seperti yang tertulis dalam ayat Alkitab tentang keberhasilan.
  6. Mengucap syukur untuk kehadiran orang lain dalam kehidupan kita.
  7. Mengucap syukur untuk apa yang boleh terjadi dalam kehidupan orang sekitar kita.

Contoh Doa Ucapan Syukur

Daftar ini hanya panduan untuk mengingat kebaikan Tuhan. Dalam doa syukur menurut orang Kristen Protestan, sebisa mungkin kita menyebutkan kebaikan khusus Tuhan. Jika Anda masih memiliki sesuatu yang lain, itu adalah kebaikan Tuhan, tentu saja Anda dapat menambahkannya. Berikut ini adalah contoh doa syukur menurut orang Kristen Protestan.


Bapa, Yesus, dan Roh Kudus, aku datang ke hadirat-Mu saat ini. Aku mengucap syukur ya, Tuhan, kalau aku masih dapat menghadap Engkau di tengah segala kesibukanku. Aku mengucap syukur kalau Roh Kudus masih mengingatkan aku, mendorongku untuk berkomunikasi dengan-Mu karena aku percaya bahwa tidak ada yang lebih aku butuhkan dibandingkan Engkau.

Tuhan, pertama-tama aku mau mengucap syukur kalau aku boleh teringat akan keselamatan yang telah Engkau berikan kepadaku. Aku mengucap syukur Engkau telah disalibkan, mati, dan boleh bangkit kembali. Engkau mengampuni dosa ku di masa lalu, masa kini, bahkan di masa datang. Aku mengucap syukur kalau kasih-Mu tidak pernah terbatas bagiku dan pengampunan-Mu selalu tersedia.

Aku mengucap syukur ya, Tuhan, kalau aku hari ini boleh merasakan sukacita yang begitu luar biasa. Hari ini aku boleh menyelesaikan rangkaian ujianku dengan baik. Aku mengucap syukur kalau Engkau terus menyertaiku, memberikan aku kepintaran di dalam mengerjakan ujian-ujian itu. Aku juga mengucap syukur kalau Engkau masih memberikan aku hati yang jujur saat ujian. Tuhan, aku juga mengucap syukur kalau aku hari ini masih dapat makan dan minum dengan cukup. Bersama-Mu, Bapa, aku tidak pernah merasa kekurangan. Aku sungguh mengucap syukur untuk itu.

Tuhan, kalau saat ini aku sedang membutuhkan uang lebih untuk tugas kuliahku, kiranya Engkau, Allah, yang mau mencukupkan. Saat ini aku sedang berusaha untuk mencari pekerjaan tambahan, kiranya Engkau yang bantu. Aku percaya bahwa Engkau akan menyertaiku, Engkau akan memberikan jalan keluar yang terbaik, segala kebutuhanku akan terpenuhi. Aku mengucap syukur kalau aku masih memiliki Engkau sebagai tempatku bergantung dan berlindung.

Aku juga mengucap syukur, Tuhan, untuk Mama yang boleh Engkau hadirkan dalam hidupku. Terima kasih Engkau terus menyertai dia dengan kesehatan, sukacita, dan kasih yang tak pernah terbatas untukku. Terima kasih, Tuhan, aku mengucap syukur kalau hari ini Engkau boleh berikan ia kesembuhan dari sakit demamnya. Kiranya Engkau yang terus menyertai dia.

Inilah doa ucapan syukurku ya, Tuhan. Engkau Allah yang mendengar dan menyertai. Terima kasih, Tuhan. Dalam nama-Mu, Tuhan Yesus Kristus, aku berdoa. Amin.

Itu adalah contoh doa syukur menurut orang Kristen Protestan. Tentu saja kita bisa mengembangkannya sendiri sesuai dengan apa yang kita rasakan. Belajarlah untuk terus melihat apa yang telah dilakukan Tuhan dalam hidup kita. Ingatlah bahwa hal terpenting dalam doa adalah bagaimana hati Anda berperilaku. Pastikan ucapan syukur yang kami sebutkan bukan hanya lelucon belaka, tetapi benar-benar berasal dari hati kami. Segala kemuliaan bagi nama Tuhan. Tuhan memberkati.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar