Contoh Surat Pernyataan Nikah Siri yang Benar dan sah

Pernikahan yang secara resmi dinyatakan di Indonesia harus diakui secara hukum oleh agama dan negara. Jika salah satu dari dua parameter belum terpenuhi, pernikahan tidak dapat secara resmi diakui di negara ini. Tetapi ada beberapa orang yang memilih melakukan pernikahan siri. Yakni pernikahan yang dilakukan dalam hukum agama. Bisakah pasangan yang melakukan pernikahan siri disebut suami dan istri secara sah? Jika dilihat dari perspektif agama, keduanya memang telah dinyatakan sebagai suami dan istri secara sah. Tetapi negara masih tidak mau mengakuinya. Kecuali pasangan bersedia mengurus pernikahan sesuai dengan hukum yang berlaku di Indonesia.

Salah satu persyaratan yang harus diselesaikan untuk menjaga legalitas pernikahan siri adalah dengan membuat Pernyataan Pernikahan Siri. Isi Pernyataan Perkawinan Siri dinyatakan bahwa kedua orang tersebut sebenarnya telah melakukan proses perkawinan yang sah menurut hukum agama. Contoh Pernyataan Pernikahan Siri ini adalah apa yang akan kita bahas dalam artikel ini.


 Beberapa poin penting yang harus dipertimbangkan dalam menyusun Pernyataan Perkawinan Siri meliputi:

1. Nama surat
Poin pertama adalah nama surat itu, yang merupakan pernyataan. Umumnya di posisi teratas, ditulis dengan huruf besar dan diposisikan tengah (tengah).

2. Identitas suami
Poin selanjutnya adalah identitas suami atau pihak yang merupakan pembuat pernyataan tersebut. Sebutkan identitas dengan jelas seperti nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, usia, pekerjaan, hingga alamat tempat tinggal.

3. Identitas istri
Setelah mengidentifikasi identitas pembuat pernyataan (suami), maka kita juga harus dengan jelas menyatakan identitas istri. Isinya kurang lebih sama dengan poin sebelumnya.

4. Isi pernyataannya
Poin utama dalam Pernyataan Pernikahan Siri ini adalah bahwa kedua pihak secara hukum terikat sebagai suami dan istri oleh hukum agama. Juga menyebutkan waktu pernikahan.

5. Penutup
Selanjutnya adalah menutup Siri Marriage Statement seperti pada surat-surat lain pada umumnya.

6. Saksi
Di akhir Pernyataan Pernikahan Siri, perlu juga mencantumkan tanda tangan orang-orang yang dulunya bertindak sebagai saksi dalam pernikahan.

7. Poin terakhir, selain termasuk saksi, adalah bahwa Pernyataan Pernikahan Siri juga harus disetujui oleh pejabat setempat (RT / RW / Kelurahan).

Seperti biasa, dalam artikel ini kami akan memberikan contoh pernyataan perkawinan Siri sehingga semua pembaca akan merasa lebih mudah untuk memahami bentuk Pernyataan Perkawinan Siri. Berikut ini adalah Contoh Pernyataan Pernikahan Siri yang dapat Anda jadikan sebagai bahan referensi:

SURAT PERNYATAAN NIKAH AGAMA



Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                     : Paijo
Tempat, Tgl lahir   : …….
Umur                     : …….
Pekerjaan               : …….
Alamat                   : …….

menyatakan bahwa :

Nama                   : Paijah
Tempat/Tgl lahir : …….
Umur                   : …….
Pekerjaan             : …….
Alamat                 : …….


Adalah istri saya yang telah saya nikahi secara sah menurut hukum dan syari’ah Islam pada tanggal 1 Januari 2017 dalam keadaan sadar dan tanpa adanya paksaan dari pihak manapun. 

Demikian pernyataan ini saya buat dengan sebenar-benarnya agar dapat dipergunakan sebagaimana mestinya. Apabila di kemudian hari terdapat hal-hal yang tidak diinginkan, maka saya bersedia untuk mempertanggunjawabkannya sesuai hukum yang berlaku.

Yogyakarta, 12 September 2017 

Saksi I                                            Saksi II                                   Yang menyatakan,


(Suparmin)                                      (Suparman)                                 (Paijo)


Mengetahui,
Ketua RT 008


(Sumarno)

Contoh Akta Nikah Siri

Contoh Akta Nikah Siri

Contoh Akta Nikah Siri

Contoh Surat Keterangan Nikah dari Kepala Desa

contoh surat keterangan nikah dari kepala desa
contoh surat keterangan nikah dari kepala desa

ontoh surat keterangan nikah siri dari desa

 Contoh Surat Nikah Siri Resmi

 Contoh Surat Nikah Siri Resmi

 Contoh Surat Nikah Siri Resmi


Demikian artikel tentang Contoh Surat Pernyataan Nikah Siri semoga bermanfaat

Belum ada Komentar untuk "Contoh Surat Pernyataan Nikah Siri yang Benar dan sah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel