--> Skip to main content

Contoh Surat Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) Secara Resmi

Contoh Surat Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Dalam artikel sebelumnya kita membahas Contoh Surat Pengunduran Diri yang Baik dan Sopan di mana surat itu memutuskan untuk mengakhiri masa kerja adalah karyawan itu sendiri. Dalam artikel ini kita akan membahas topik yang hampir serupa tetapi orang yang memegang keputusan untuk mengakhiri masa layanan adalah perusahaan tempat seseorang bekerja.

Surat Penghentian Pekerjaan (PHK) adalah surat yang diterbitkan oleh perusahaan atau agen kepada karyawan yang bertujuan untuk mengakhiri kerjasama antara perusahaan dan orang yang bersangkutan.

Pengakhiran pekerjaan ini (PHK) diberikan kepada karyawan karena berbagai alasan. Beberapa alasan umum untuk penerbitan Termination Lines (PHK), misalnya, seorang karyawan terbukti telah melakukan tindakan atau kesalahan fatal yang dapat mengancam nama baik atau masa depan perusahaan. Alasan lain adalah karena karyawan yang bersangkutan tidak lagi produktif atau tidak menunjukkan peningkatan kinerja pada waktu tertentu.

Maka alasan yang cukup klasik adalah karena kebijakan perusahaan itu sendiri sebagai langkah efisiensi dengan mengurangi jumlah karyawan. Pada alasan ketiga ini, pemutusan hubungan kerja ini biasanya akan diberikan secara bersamaan kepada beberapa karyawan yang kinerjanya dianggap kurang dari karyawan lain.


Ada beberapa poin utama yang harus diperhatikan ketika membuat Surat Penghentian Pekerjaan ini (PHK). Beberapa hal penting ini termasuk:


  1. Kepala surat (header perusahaan)
  2. Nomor referensi
  3. Subjek (PHK)
  4. Orang yang dituju (bisa juga dimasukkan dalam isi surat dengan menyatakan identitas orang yang bersangkutan)
  5. Isi surat (umumnya berisi nama karyawan yang harus diberhentikan, alasan untuk pemutusan hubungan kerja, dan tanggal resmi pemutusan hubungan kerja)
  6. ucapan terima kasih
  7. Tempat dan tanggal surat itu
  8. Tanda tangan dan nama yang jelas


Bagi Anda yang membutuhkan referensi ke Contoh Penghentian Pekerjaan (PHK), seperti biasa kami akan memberikan beberapa Contoh Penghentian Pekerjaan (PHK) sebagai pertimbangan Anda. Berikut ini adalah beberapa Contoh Surat Pengakhiran yang dapat kami sertakan dalam artikel ini:

Contoh Surat PHK Karena Efisiensi


KOP SURAT
SURAT PEMUTUSAN HUBUNGAN KERJA
Nomor : .....

Dengan ini,
Diberitahukan kepada :

Nama     : Ali Sodikin
Jabatan    : Staff Produksi

bahwsa PT. Maju Sejahtera memutuskan untuk mengakhiri hubungan kerja dengan Anda terhitung sejak 17 Juli 2017.

Keputusan ini diambil setelah mempertimbangkan beberapa hal penting meliputi kondisi keuangan perusahaan yang kurang stabil, quota karyawan yang tidak seimbang dengan kuantitas produksi, serta kinerja Saudara yang dinilai kurang memberikan kontribusi penting terhadap perkembangan perusahaan.

Demikianlah surat pemutusan hubungan kerja ini kami sampaikan, atas perhatian dan pengertian Saudara, kami sampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya.

Pati, 15 Juli 2017
Hormat kami,

PT. Maju Sejahtera

Contoh Surat Pemutusan Hubungan Kerja Karena Tidak Disiplin


KOP SURAT

Nomor : .....
Perihal : Pemutusan Hubungan Kerja
Lampiran : -

Yang terhormat,
Sdr. Suntono Hadi
Di tempat

Dengan Hormat,
Sehubungan dengan hasil evaluasi kinerja saudara selama 6(enam) bulan terakhir, maka kami menilai tidak ada peningkatan dan perbaikan kinerja dari aspek kedisiplinan serta tanggungjawab pekerjaan. Berdasarkan hasil penilaian tersebut, kami memutuskan untuk tidak melanjutkan kontrak kerja (pemutusan hubungan kerja) dengan Sdr. Suntono Hadi. Dengan demikian, terhitung mulai tanggal 17 Juli 2017 hubungan kerja antara PT. Maju Terus dengan Sdr. Suntono Hadi dinyatakan sudah berakhir. Dan atas nama lembaga, kami menyampaikan permohonan maaf serta ucapan terima kasih atas kinerja yang Saudara berikan selama ini.

Demikian surat pemutusan hubungan kerja ini kami sampaikan dan agar dapat dimaklumi, terima kasih.

Yogyakarta, 15 Juli 2017
PT. Maju Terus

Prawiro
HRD Manager

Contoh Surat Pemutusan Hubungan Kerja untuk Karyawan Masa Percobaan


 contoh surat pemutusan hubungan kerja untuk karyawan masa percobaan
 contoh surat pemutusan hubungan kerja untuk karyawan masa percobaan

Contoh Surat Keputusan Pemberhentian Kerja Karyawan

contoh surat keputusan pemberhentian kerja karyawan
contoh surat keputusan pemberhentian kerja karyawan

Contoh Surat Pemberhentian Karyawan Swasta

contoh surat pemberhentian karyawan swasta
contoh surat pemberhentian karyawan swasta

Contoh Surat Pemutusan Hubungan Kerja Antar Perusahaan

contoh surat pemutusan hubungan kerja antar perusahaan
contoh surat pemutusan hubungan kerja antar perusahaan

Contoh Surat PHK Karena Kesalahan Karyawan
contoh surat phk karena kesalahan karyawan
contoh surat phk karena kesalahan karyawan

Contoh Surat PHK karena Mangkir 

contoh surat phk karena mangkir
contoh surat phk karena mangkir

Demikian pembahasan mengenai Contoh-contoh Surat PHK Pemutusan Hubungan Kerja yang Baik dan Benar. Serta bisa digunakan untuk referensi Anda dalam membuat Surat.

Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar