Skip to main content

Contoh Penulisan Abstrak Skripsi Tesis yang Baik

Contoh Penulisan Abstrak Skripsi Tesis yang Baik.Sebelumnya, kita sudah tahu seperti apa abstrak tesis dalam bahasa Indonesia. Kali ini, kita akan tahu seperti apa contoh abstrak dalam karya ilmiah tesis. Sama seperti dalam tesis, abstrak dalam tesis ini juga ditulis dalam dua bahasa dan berisi identitas dan kata kunci penulis (opsional) di dalamnya. Khusus untuk artikel ini, kami akan menunjukkan contoh abstrak tesis berbahasa Indonesia saja. Contohnya adalah sebagai berikut!





Abstrak*

Saras Anindila Ratri

15/388446/PPA/04885

Sintesis dan aktivitas uji senyawa turunan chalcone sebagai senyawa tabir surya penyerapan luas dan agen filter fototerapi telah dilakukan. Penelitian ini dilakukan untuk mensintesis dan mempelajari penyerapan UV-Visible dari turunan chalcone, melakukan formulasi krim tabir surya dan filter fototerapi, dan menentukan faktor perlindungan matahari (SPF) dan nilai-nilai panjang gelombang kritis. Penelitian lebih lanjut dilakukan untuk menguji stabilitas, kemampuan fotostabilitas dan sitotoksisitas pada turunan chalcone dan krim. Sintesis turunan chalcone dilakukan dengan mereaksikan asetofenon dan benzaldehida dalam kondisi alkali selama 24 jam. Hasil sintesis diidentifikasi dengan spektrometer IR, GC-MS, 1H-NMR, dan 13C-NMR.

Formulasi krim tabir surya dan filter fototerapi dilakukan dengan menambahkan campuran senyawa turunan chalcone sebanyak 0,5-1,2% dari berat krim. Uji aktivitas senyawa tunggal, campuran senyawa, dan krim dilakukan secara in vitro dengan spektrofotometer UV-Visibel untuk menentukan rentang panjang gelombang, stabilitas senyawa, nilai SPF, panjang gelombang kritis, dan kemampuan fotostabilitas. Tes sitotoksisitas dilakukan dengan menggunakan metode MTT. Reaksi antara turunan benzaldehida dan asetofenon dengan katalis NaOH 10% menghasilkan chalcone, 4-methoxycalcone, 3,4-dimethoxicalone, 4-dimethylaminocalone, 3-nitro-chalcone, 2-chlorocalone, 2,4-dichlorocalone dan 4-fluorocalone dengan persentase hasil adalah 64,4-92,2%.

Panjang gelombang senyawa turunan chalcone adalah 236-280 nm dan 299-416 nm. Nilai IC50 senyawa turunan chalcone <100 μg / mL. Senyawa tabir surya diproduksi dengan mencampur 3 senyawa turunan chalcone sehingga ada penyerapan pada panjang gelombang 290-400 nm. Senyawa turunan chalcone menghasilkan 6 jenis campuran sebagai krim tabir surya. Nilai SPF dari formula krim KTS1-KTS5> 20 dan SPF KTS6 adalah 11,5. Nilai panjang gelombang kritis formula krim tabir surya> 370 nm. Agen penyaring fototerapi dihasilkan dari campuran 2 senyawa turunan chalcone sehingga ada celah penyerapan pada 310-315 nm.

Mencampur 2 turunan chalcone menghasilkan 2 jenis campuran sebagai bahan filter krim fototerapi. Area serapan rendah dari filter krim fototerapi adalah pada 295-315 nm (KFF1) dan 287-330 nm (KFF2). Formula krim nilai IC50> 1000 μg / mL. Krim tabir surya dan filter fototerapi stabil terhadap waktu penyimpanan yang ditentukan oleh stabilitas pH dan pola penyerapan krim. Uji stabilitas senyawa dalam sediaan krim menunjukkan bahwa krim stabil terhadap paparan UV yang ditentukan oleh stabilitas pola penyerapan.

Ini adalah contoh dari tesis abstrak dalam bahasa Indonesia. Jika pembaca ingin menambahkan referensi ke hal-hal yang berkaitan dengan esai ilmiah, pembaca dapat membuka artikel misalnya pengantar tesis, contoh laporan pengantar tentang laporan laboratorium, contoh catatan kaki dan daftar pustaka, cara menulis bibliografi buku yang baik dan benar , cara menulis daftar pustaka tesis, dan artikel tentang cara menulis daftar pustaka dari Internet. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan pembaca, baik abstrak maupun esai ilmiah, serta materi pembelajaran bahasa Indonesia pada umumnya. Itu semua dan juga terima kasih kepada semua pembaca.

*Sumber: disalin tempel dari laman http://etd.repository.ugm.ac.id/index.php?mod=penelitian_detail&sub=PenelitianDetail&act=view&typ=html&buku_id=154522&obyek_id=4
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar