Contoh Feature Minat Insani ( Human Interest Feature )

Contoh Feature Minat Insani ( Human Interest Feature ). Salah satu tema yang diangkat dalam esai fitur adalah minat manusia atau biasa disebut kepentingan manusia. Tema ini biasanya berkisar pada kehidupan manusia yang membangkitkan emosi pembaca ketika membacanya; apakah itu bahagia, sedih, atau tergerak. Pada artikel ini, kita akan menemukan apa contoh fitur tentang minat manusia. Contoh-contoh ini dapat disimak sebagai berikut!



Dari Bau-Bau Menuju Sembuh*

Usia Andini masih tiga bulan. Tetapi pada usia itu, ia harus melakukan perjalanan semalam dan berlayar semalam dari Kota Bau-Bau, Sulawesi Tenggara ke Makassar. Perjalanan pasti lebih sulit bagi bayi miskin karena kepalanya semakin besar akibat hidrosefalus.

Ketika ditemui Tempo sore ini di salah satu kamar di kantor Voice of Radio Celebes FM, Dini tampak tenang; tidak ada suara. "Dia tidak cerewet," kata Sabarudin (ayah Andini, pena). Pasien mengatakan, dia dan istrinya Mawar tiba di Makassar dua hari yang lalu untuk mencari perawatan.

Sejak lahir, katanya, kepala Andini memang terlihat lebih besar dari ukuran kepala bayi yang baru lahir. Sekarang, kepalanya lebih besar dari ukuran kepala orang dewasa. Alisnya terangkat, dan nadinya juga muncul dan terlihat jelas.

Menurut Mawar, tanda-tanda bahwa Dini akan terkena penyakit sudah terasa sejak dia hamil. "Perutku selalu sakit di sebelah kanan," katanya. Namun, ketika putri kelimanya lahir 28 Desember tahun lalu dan terbukti hydroochepalus, keluarga ini tidak punya uang untuk merawat bayi itu.

Padahal, hudrochepalus akibat penyumbatan aliran cairan otak pada tempurung kepala bayi sangat berbahaya. Karena, cairan terus diproduksi oleh otak dan memenuhi tempurung kepala.

Baru pada awal bulan ini dengan Asuransi Kesehatan Masyarakat dipegang olehnya bahwa Dini dibawa ke Psukesman di Distrik Muna, kemudian dirujuk ke Rumah Sakit Umum Bau-Bau. "Dari sana kami mendapat surat rujukan ke Rumah Sakit Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar," kata Sabar.

Ketika ia tiba di Rumah Sakit Wahidin dua hari lalu, Dini tidak diterima karena masalah administrasi. "Dalam surat referensi permintaan orang tua dinyatakan. Ini masalahnya," kata Sabar. Untungnya, ketika dia ada di sana, dia bertemu dengan Ida yang menawarkan bantuan dan menginap.

Ida adalah anggota Voice of Celebes FM. Di rumah Ida, Sabar dan keluarganya menginap selama dua malam. "Alhamdulillah kami bertemu ibu Ida. Meski pada waktu itu, kami sudah merencanakan untuk pergi ke pelabuhan untuk pulang," kata Sabar.

Dari sini ia dibawa ke kantor Radio Celebes untuk dilaporkan ke calon donor. Setelah penyebaran informasi melalui radio, sarah ahli bedah sarah dari Ratulangi Medical Center bernama Willy menyatakan bahwa ia bersedia menangani Anak Usia Dini.

"Ini atas nama kemanusiaan. Tidak tahu rumah sakit mana yang akan diambil nanti. Tetapi dokter Willy mengatakan dia siap membentuk tim untuk menangani Andini," kata Humairah dari Celebes Radio. Sore ini Andini berencana untuk dibawa ke Pusat Medis Ratulangi.

Ini adalah contoh fitur minat manusia dalam bahasa Indonesia. Jika pembaca ingin menambahkan referensi ke fitur dan esai semi-ilmiah lainnya, pembaca dapat membuka artikel berikut ini, yaitu: contoh fitur singkat, contoh fitur kuliner, contoh esai sastra, contoh biografi singkat, contoh memoar pendek , contoh editorial di koran dan contoh opini di koran. Semoga bermanfaat bagi semua pembaca.

*Disadur dari laman https://nasional.tempo.co/read/235931/feature-dari-bau-bau-mencari-sembuh (dengan sedikit perubahan)

Belum ada Komentar untuk "Contoh Feature Minat Insani ( Human Interest Feature )"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel