Skip to main content

Cara Singkat Membuat / Menulis Resensi Film

Cara Singkat Membuat / Menulis Resensi Film.Khususnya dalam artikel ini, kita akan membahas ulasan film, terutama dalam hal bagaimana mereka ditulis. Ini dibahas sehingga kita mengetahui teknis dari ulasan film yang sesuai. Dengan mengetahui ulasan teknis, diharapkan pembaca dapat menulis ulasan film dengan tepat, sehingga pembaca dapat memberikan gambaran umum tentang informasi film suptar yang telah diulas, dan tingkat kelayakan film yang ditonton.

Ulasan adalah esai yang membahas sebuah karya, baik itu buku, lagu, atau film. Resensi sendiri berfungsi sebagai pemberi gambaran kepada publik tentang jenis pekerjaan apa yang ingin mereka hadapi. Selain itu, reviewer juga berfungsi untuk memberikan ide pada kebenaran tentang apakah sebuah karya layak didengarkan oleh khalayak.





Dalam penulisannya, resensi film mesti dilakukan dengan beberapa cara khusus. Adapun cara-cara menulis resensi film yang dimaksud adalah sebagai berikut ini!

1. Menulis Ulasan Kelebihan dan Kekurangan Film

Setelah menulis ringkasan cerita film, maka langkah selanjutnya adalah menuliskan kelebihan dan kekurangan yang terdapat pada film tersebut. Adapun aspek yang perlu dibahas kelebihan dan kekurangan pada film tersebut antara lain jalan cerita, visual (penataletakkan kamera, pemilihan latar belakang, dan sebagainya), dan karakter-karakter dalam film.

2. Menulis Kesimpulan

Setelah semua kelebihan dan kekurangan dibahas, maka langkah terakhir yang mesti dilakukan adalah menulis kesimpulan dari resensi yang dibuat. Kesimpulan sendiri berisi tentang layak-tidaknya film itu disimak oleh para penonton.

Dari pembahasan di atas, bisa disimpulkan bahwa cara menulis resensi film terdiri atas empat cara, di mana cara-cara tersebut antara lain menulis identitas film, ringkasan, film, keunggulan dan kekurangan, serta kesimpulan resensi. Bila dilihat, sebetulnya cara menulis resensi film ini mirip dengan cara menulis resensi buku. Hanya saja, objek yang diresensinya saja yang berbeda.

3. Tulis Identitas Film

Cara menulis resensi film yang pertama adalah dengan menuliskan identitas atau data film tersebut. Identitas film sendiri terdiri atas: judul film, sutradara, penulis naskah, produser, pemeran, durasi, bahasa, negara asal film, dan tempat produksi film tersebut. Khusus untuk pemeran, nama-nama pemeran yang hanyalah tokoh-tokoh utamanya saja. Selain data-data tersebut, identitas film juga bisa ditambah dengan data nama simatografer, penata musik, distributor, dan penyunting dari film tersebut.

4. Menuliskan Ringkasan Cerita Film Tersebut

Cara kedua menulis resensi film adalah menulis ringkasan cerita dalam film tersebut. Ringkasan ini ditulis agar pembaca dapat memperoleh garis besar atau inti dari film tersebut. Rigkasan film sendiri bisa berasal dari sinopsis film yang kita kembangkan dalam bahasa kita sendiri. Atau, bisa juga berasal dari apa yang ditangkap penulis saat menonton film tersebut.


Demikianlah diskusi tentang bagaimana menulis ulasan film dalam bahasa Indonesia. Jika pembaca ingin menambahkan referensi tentang ulasan, sinopsis, atau hal-hal lain yang berkaitan dengan esai, pembaca dapat membuka artikel berikut, yaitu: contoh ulasan buku baru, contoh ulasan buku teks, contoh sinopsis film, contoh sinopsis nonfiksi buku-buku, contoh-contoh biografi pahlawan, serta contoh-contoh autobiografi singkat tentang diri Anda.

Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan baru untuk semua pembaca, baik mengenai reviewer tertentu, maupun orang Indonesia pada umumnya. Maafkan jika ada kesalahan dan kesalahan dalam artikel ini, apakah itu dalam hal penulisan atau presentasi materi. Itu saja dan terima kasih.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar