Contoh Kata Pengantar Antologi Cerpen Keluarga

Contoh Kata Pengantar Antologi Cerpen dalam Bahasa Indonesia.Beberapa contoh kata pengantar yang telah kita lihat di artikel sebelumnya. Artikel-artikel tersebut meliputi: contoh kata pengantar pendek, contoh buku pengantar, contoh novel pengantar, contoh antologi pengantar puisi, contoh kata pengantar tesis, contoh laporan pengantar tentang laporan laboratorium, dan artikel tentang contoh pengantar proposal. Artikel ini juga akan menunjukkan contoh kata pengantar dalam sebuah esai, di mana esai adalah antologi cerita pendek atau kumpulan cerita pendek. Contohnya adalah sebagai berikut!





KATA PENGANTAR¹

Berani Mencintai Bunga-Bunga

Oleh: Bernard Batubara

Ibuku suka menanam bunga. Dia punya banyak pot di rumah kami, semuanya mengandung bunga. Aku tidak terlalu tahu bunga-bunga itu, apalagi menghafal nama mereka. Tetapi di antara pot-pot yang tersusun rapi di dekat beranda, saya ingat melihat bugenvil dan kembang sepatu. Kadang-kadang, biasanya pada sore hari setelah saya bangun dari tidur siang sepulang sekolah, saya menyirami bunga - saya mengambil bunga dari bak mandi dengan gayung, lalu menaburkannya ke masing-masing pot, sambil menghitung satu per satu, sampai saya yakin semuanya telah terciprat. Aku selalu tersenyum setiap kali aku menyirami bunga ibuku. Saya senang melihat bunga-bunga terlihat segar. Kecantikan mereka semakin terpancar setelah pangkalan itu terkena percikan air.

Ayah saya, di sisi lain, senang memelihara binatang. Dari beberapa hewan di rumah kami - burung, ikan, munyuk - yang mati bergantian, saya merasa ayah saya tidak begitu berbakat memelihara hewan. Tapi dia pria yang ulet. Dia tidak mudah menyerah. Hewan terakhir yang termasuk keluarga kami adalah tiga angsa, dan setelah arowana kami yang telah hidup cukup lama, ketiga angsa ini masih di rumah. Ayah saya juga suka bekerja sebagai tukang batu. Dia ingin memiliki bengkel sendiri. Dia juga secara teratur memanjat dan mengumpulkan cabang-cabang pohon Ketapang besar di halaman. Dia selalu terlihat mengenakan kaos singlet dan kotor.

Cerita Pendek Dilarang Mencintai Bunga oleh Kuntowijoyo, langsung membuat ingatanku terlempar ke pot bunga milik ibuku di rumah kami. Tidak hanya untuk ibuku, cerita itu juga membuatku mengingat ayahku. Dialog karakter ayah dalam cerita itu, walaupun tidak persis sama dengan apa yang dikatakan ayahku, membuatku mengingat lelaki yang selalu menjadi panutanku. Sosok ibu yang menyuruh anak itu mematuhi kata-kata ayahnya mengingatkan saya pada ibu saya sendiri. Karakter utama dari cerita itu, seorang anak kecil yang dipenuhi dengan rasa ingin tahu dan suka melihat bunga-bunga indah, mengingatkan saya pada diri saya sendiri.

Sebagai seorang anak, saya merasa lebih dekat dengan ibu daripada ayah. Dia berkata (siapa pun yang mengatakan itu) bahwa ini normal - anak laki-laki lebih dekat dengan ibu dan anak perempuan lebih dekat dengan ayah. Saya lebih tertarik dengan apa yang dilakukan ibu: memasak, mencuci piring dan gelas, menyiram bunga, menyetrika dan melipat pakaian, atau membuat kue ...

…………………………………………………………………………………………………………………………………………………….

Demikianlah contoh kata pengantar antologi cerpen dalam bahasa Indonesia. Semoga bermanfaat dan mampu menambah wawasan bagi para pembaca sekalian, baik itu mengenai kata pengantar khususnya, maupun materi pembelajaran bahasa Indonesia pada umumnya. Terima kasih.

¹Kuntowijoyo, Dilarang Mencintai Bunga-Bunga, (Jakarta: Noura), hlm VII-IX

Belum ada Komentar untuk "Contoh Kata Pengantar Antologi Cerpen Keluarga "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel