Skip to main content

Cara Menulis Kata Pengantar Skripsi Yang Baik Dan Benar

Cara Menulis Kata Pengantar Skripsi Yang Baik Dan Benar. Pendahuluan adalah tulisan yang berisi pengantar dari esai. Salah satu esai yang berisi kata pengantar adalah tesis. Secara tertulis, pengantar esai esai harus ditulis dalam beberapa cara. Jumlah cara akan dibahas secara khusus dalam artikel ini, di mana pembahasannya adalah sebagai berikut!


1. Tuliskan Tujuan Dibuatnya Skripsi Tersebut

Cara kedua yang mesti dilakukan dalam menulis kata pengantar skripsi adalah menuliskan tujuan dibuatnya skripsi tersebut. Adapun fugsi penulisan tujuan penulisan dilakukan supaya pembaca tahu apa tujuan peneliti/penulis dalam membuat/menyusun skripsi tersebut. Dalam penulisannya, tujuan pembuatann skripsi bisa ditulis setelah ucapan syukur kepada Tuhan. Selain itu, tujuan pembuatanan juga bisa dilakukan di bawah ucapan puji syukur. Untuk lebih jelasnya, bisa dilihat pada contoh di bawah ini!

A. Contoh Penulisan Tujuan Pembuatan Skripsi yang Ditulis Setelah Ucapan Syukur

Puji syukur peneliti ucapkan kepada Allah SWT, karena atas rahmat dan ridha-Nya peneliti bisa menyelesaikan skripsi yang berjudul “Strategi Komunikasi PT. Citra Aksara dalam Memasarkan Produk Terbarunya” ini dengan baik. Selain sebagai syarat untuk meraih gelar S1, skripsi ini juga dibuat untuk memberi wawasan kepada masyarakat terkait sseperti apa strategi yang diterapkan oleh PT. Citra Aksara dalam memasarkan produk terbarunya, sehingga produk tersebut bisa dikenal luas oleh khalayak.

Catatan: tulisan bercetak miring di atas merupakan tujuan penulisan skripsi.

B. Contoh Penulisan Tujuan Pembuatan Skripsi yang Ditulis di Bawah Ucapan Syukur

Puji syukur peneliti ucapkan kepada Allah SWT, karena atas rahmat dan ridha-Nya peneliti bisa menyelesaikan skripsi yang berjudul “Strategi Komunikasi PT. Citra Aksara dalam Memasarkan Produk Terbarunya” ini dengan baik.

Selain sebagai syarat untuk meraih gelar S1, skripsi ini juga dibuat untuk memberi wawasan kepada masyarakat terkait sseperti apa strategi yang diterapkan oleh PT. Citra Aksara dalam memasarkan produk terbarunya, sehingga produk tersebut bisa dikenal luas oleh khalayak.

2. Tuliskan Ucapan Terima Kasih Kepada Beberapa Pihak yang Membantu Terselesaikannya Skripsi Tersebut

Cara ketiga ini dilakukan dengan menuliskan nama, gelar, dan jabatan pihak-pihak tersebut, mulai dari yang paling tinggi hingga yang terendah. Adapun orang-orang yang namanya dicantumkan mestilah orang-orang yang benar membantu penulis dalam membuat skripsi, entah itu orang-orang di lingkungan kampus, organisasi, maupun keluarga. Untuk mengetahui seperti apa bentuknya, pembaca bisa melihat contoh di bawah ini*!

Skripsi ini tersusun bukan karena hasil kerja keras peneliti saja. Bantuan dari pihak lain pun turut andil dalam tersusunnya skripsi ini. Untuk itu, peneliti mengucapkan terima kasih semua pihak yang telah membantu tersusunnya skripsi ini, diantaranya:

  • Bapak Moelyono S.E., M.Si selaku Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Harapan Bangsa Jakarta.
  • Ibu Sulaksmi Wibisana S.E., M.M selaku Ketua Program Studi S1 Manajemen.
  • Bapak Andu Moelyanto S.E., M.M selaku dosen pembimbing.
  • Bapak Priyatna selaku Founder dan Chief Excecutive Ofiicer PT Panonpoe media beserta jajarannya.
  • Bapak dan Ibu dosen pengampu dan staf karyawan di Fakultas Ekonomi Universitas Harapan Bangsa Jakarta.
  • Orang tua, kerabat, sahabat, dan pihak-pihak lainnya yang tidak bisa peneliti sebut.

3. Tuliskan Terlebih Dahulu Ungkapan Syukur Kepada Tuhan

Cara menulis kata oengantar pada skripsi yang pertama adalah menuliskan ungkapan rasa syukur kepada Tuhan terlebih dahulu. Ungkapan tersebut ditulis sebagai ungkapan terima kasih dan syukur kepada Tuhan atas terselesaikannya skripsi yang kita susun itu. Untuk mengetahui seperti apa bentuk rasa syukur tersebut, berikut ditampilkan salah satu contohnya!

Puji syukur peneliti ucapkan kepada Allah SWT, karena atas rahmat dan ridha-Nya peneliti bisa menyelesaikan skripsi yang berjudul “Strategi Komunikasi PT. Citra Aksara dalam Memasarkan Produk Terbarunya” ini dengan baik.


4. Tuliskan Penutup

Cara terakhir menulis kata pengantar skripsi adalah menulis penutup. Penutup sendiri bisa berupa permintaan maaf atas kekurangan yang ada dalam skripsi, serta harapan penulis/peneliti terhadap skripsi yang dibuat itu. Penulisan tanggal, kota, dan identitas pembuat skripsi pun mesti dicantumkan dalam penutup, di mana ketiga komponan itu diletakkan di sebelah kanan bawah kata pengantar. Untuk lebih jelasnya, bisa dilihat pada contoh berikut ini**!

Peneliti menyadari bahwa skripsi ini masih jauh dari sempurna. Untuk itu, kritik dan saran dari pembaca sekalian sangat peneliti nantikan. Semoga skripsi ini bermanfaat bagi pembaca sekalian.



Jakarta, 2 Juni 2017

Peneliti

Demikianlah beberapa cara menulis kata pengantar pada skripsi dalam bahasa Indonesia. Jika pembaca ingin menambah referensi soal kata pengantar dan juga hal-hal lain seputar karangan, pembaca bisa membuka artikel contoh kata pengantar makalah, contoh kata pengantar singkat, contoh kata pengantar proposal, contoh penulisan catatan kaki dan daftar pustaka, cara menulis catatan kaki dari buku terjemahan, serta artikel cara penulisan daftar pustaka. Semoga bermanfaat untuk para pembaca sekalian.

*Contoh diambil dari artikel contoh kata pengantar skripsi.

**ibid.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar