Skip to main content

Cara Membuat Sinopsis Beserta Contohnya

Cara Membuat Sinopsis Beserta Contohnya. Sinopsis adalah ringkasan esai atau karya seni lain yang biasanya menyertai karya. Satu esai atau karya yang biasanya sinopsis adalah novel. Pada artikel ini, kita akan mengetahui bagaimana membuat sinopsis sebuah novel. Langkah-langkahnya - dikutip dari halaman id.wikipedia.org - adalah sebagai berikut!




1. Sinopsis Tidak Menyimpang

Cara yang terakhir dalam membuat sebuah sinopsis adalah jangan menulis sinopsis secara menyimpang. Artinya, sinopsis yang ditulis harus sesuai dengan isi naskah novel yang hendak disinopsiskan. Sebab, seperti yang kita tahu, bahwa sinopsis adalah ringkasan dari novel itu sendiri.

Dari pemaparan di atas, kita bisa simpulkan bahwa cara menulis sinopsis novel yang baik terdiri atas lima cara, yaitu membaca naskah novel secara utuh, mencatat gagasan-gagasan utama yang terkandung di dalamnya, mengembangkan gagasan ke dalam ringkasan yang lebih rinci, mencantumkan dialog atau monolog untuk mempermanis sinopsis, dan tidak menyimpang dari isi naskah novel. Semua langkah tersebut mesti dilakukan agar sinopsis yang kita buat hisa menjadi sinopsis yang baik, menarik, dan tida menyimpang dari naskah novel secara keseluruhan.

2. Mencantumkan Dialog atau Monolog Novel

Cara ini merupakan cara yang bisa dilakukan guna menambah daya tarik dari sinopsis novel yang kita tulis. Adapun diialog atau moolog yang ditulis adalah monolog yang sekiranya dapat menarik perhatian pembaca.


Demikianlah pembahasan mengena beberapa cara membuat sinopsis novel dalam bahasa Indonesia. Jika pembaca ingin melihat beberapa contoh sinopsis dan pembahasan soal novel, pembaca bisa membuka artikel contoh sinopsis novel, contoh sinopsis antologi cerpen, contoh sinopsis buku puisi, contoh sinopsis buku nonfiksi, contoh sinopsis film, jenis-jenis novel, dan perbedaan cerpen dan novel.


3. Menulis Ringkasan

Setelah gagasan utama dicatat, gagasan utama tersebut kemudian dikembangkan menjadi sebuah ringkasan. Dalam penulisannya, ringkasan tersebut mesti ditulis dengan kalimat yang singkat, padat, dan menarik, sehingga bisa diolah menjadi suatu sinopsis novel yang bagus.

4. Membaca Naskah Novel

Langkah pertama mebuat sinopsis novel adalah membaca naskah novelnya terlebih dahulu. Dengan membaca naskah novel, kita akan mengetahui seperti apa garis besar cerita yang ada dalam novel tersebut. Selain itu, dengan membaca naskah novel, kita juga tahu kesan atau pesan apa yang hendak disampaikan oleh penulis novel tersebut. Dengan begitu, kita bisa membayangkan seperti apa poin-poin yang hendak kita sampaikan dalam sinopsis novel yang hendak kita tulis.

5. Mencatat Gagasan Utama

Langkah selanjutnya dalam menulis sinopsis novel adalah mencatat setiap gagasan utama yang ada. Adapun gagasan utama yang dimaksud adalh gagasan utama yang ada dalam sebuah novel, baik itu gagasan di tiap paragraf maupun di tiap babnya. Dengan mencatat gagasan utama tersebut, kita bisa mengetahui apa konsep besar atau gagasan paling utama yang hendak diungkapkan penulis melalui novelnya. Selain itu, mencatat gagasan utama juga bisa menjadi bahan referensi kita untuk mengembangkan poin-poin yang hendak kita sampaikan dalam sinopsis novel kita.

Semoga bermanfaat dan mampu menambah wawasan bagi para pembaca sekalian, baik itu mengenai sinopsis khususnya, maupun bahasa Indonesia pada umumnya. Mohon dimaafkan pula jika terdapat kesalahan dalam artikel ini, entah itu dari segi penulisan atapun pemaparannya. Sekian dan terima kasih yang sebesar-besarnya untuk para pembaca sekalian.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar