--> Skip to main content

Kumpulan Contoh Sinopsis dan Naskah film pendek

Contoh Sinopsis dan Naskah film pendek. Sebelumnya, kita telah mengetahui sejumlah contoh sinopsis dari jenis esai non-ilmiah serta dari jenis-jenis prosa non-fiksi dalam beberapa artikel sebelumnya. Artikel-artikel tersebut termasuk contoh sinopsis novel, contoh sinopsis kumpulan buku puisi, contoh sinopsis antologi cerpen, dan contoh sinopsis buku nonfiksi. Artikel ini juga akan menampilkan sejumlah contoh sinopsis. Hanya saja contoh sinopsis ini bukan sinopsis dari beberapa jenis esai atau jenis prosa, melainkan dari sebuah karya seni yang disebut film.

Seperti halnya esai atau buku, sinopsis film juga merupakan ringkasan umum dari sebuah film dan juga merupakan pendamping dalam film, di mana sinopsis film selalu ada ketika film akan muncul. Sinopsis film itu sendiri umumnya dapat dibaca di beberapa situs yang menampilkan data film.




Adapun beberapa contoh sinopsis film sendiri adalah sebagai berikut!

Contoh 1:

Menceritakan tentang kisah seorang Fitri, perempuan yang tidak bisa melihat sejak kecil. Fitri jatuh cinta kepada sesosok hantu dokter yang tak henti dikiriminya surat-surat yang berisi hal-hal personal yang hanya diketahui oleh dirinya. Pada suatu waktu, perempuan yang tidak bisa melihat ini pun bertemu dengan sosok hantu dokter tersebut yangmuncul tanpa sepatah kata pun. Baru diketahui bahwa sosok hantuk dokter itu adalah seorang pria yang tidak bisa mendengar dan bernama Edo. Jika saja Fitri dapat melihat dan Edo dapat mendengar, mungkin keduanya akan saling jatuh cinta sejak lama. Tapi, siapa yang tahu. mungkin saja cinta mereka telah melusuh dalam lusuhnya kontrakan yang mereka tinggali.

Di tempat lain, ada seorang gadis 17 tahun bernama Diana yang hanya mampu melihat dalam jarak 2 cm saja. Jika saja gadis ini mampu melihat lebih jauh, mungkin sejak lama ibunya akan membawanya ke kelas balet yang diidam-idamkan sang anak. Selain hanya bisa melihat sedekat 2 cm, Diana pun belum mengalami menstruasi sekalipun, kendati usianya telah menginajk angka 17.

Pada suatu hari, Diana bertemu seorang lelaki bernama Andhika yang telah mengubah hidup Diana untuk selamanya. Apakah Andhika mencintai Diana? Jika saja Andhika bisa melihat, mungkin saat ini dia tengah bersama mantan kekasihnya yang bernama Gadis.



(Sinopsis Film What They Don’t Talk About When They Talk About Love garapan sutradara Mouly Surya yang dikutip dari http://www.21cineplex.com/what-they-dont-talk-about-when-they-talk-about-love,3120.htm)

Contoh 2:

Suatu hari di sebuah padang sabana Sumba, Indonesia, sekawanan tujuh perampok mendatangi rumah seorag janda bernama Marlina. Mereka mengancam nyawa, harta, dan juga kehormatan Marlina dihadapan suaminya yang sudah berbentuk mumi duduk di pojok ruangan. Keesokan harinya dalam sebuah perjalanan demi mencari keadilan dan penebusan, Marlina membawa kepala dari bos rampok, Markus  yang dipenggalnya kemarin malam. Marlina kemudian bertemu dengan Novi yang menunggu kehadiran bayinya, serta Franz yang menginginkan kepala Markus Kembali. Di belakang Marlina, tubuh Markus yang tak berkepala pun tak henti mengikutinya.

(Sinopsis film Marlina si Pembunuh Empat Babak garapan sutradara Mouly Surya yang disadur dari http://www.21cineplex.com/marlina-si-pembunuh-dalam-empat-babak-movie,4691,07MSPD.htm)


Demikianlah beberapa contoh sinopsis film dalam bahasa Indonesia. Semoga bermanfaat dan mampu menambah wawsan tersendiri bagi para pembaca sekalian, entah itu mengenai sinopsis pada khususnya, maupun mengenai materi pelajaran bahasa Indonesia pada umumnya. Mohon dimaafkan pula jika ada kesalahan penulisan atau penuturan yang ada di dalam pembahasan artikel kali ini. Sekian dan juga terima kasih yang sebesar-besarnya.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar