Skip to main content

Contoh Kata Pengantar Buku | Novel, Biografi, Diktat, Panduan, Cerita

Contoh Kata Pengantar Buku | Novel, Biografi, Diktat, Panduan, Cerita.Kata pengantar adalah tulisan yang berfungsi untuk membuka dan memperkenalkan komposisi secara umum. Tulisan ini biasanya ditempatkan di awal esai. Pada artikel ini, kita akan mengetahui apa pengantar satu jenis esai non-ilmiah atau karya fiksi, yaitu novel. Contohnya adalah sebagai berikut!



Pengantar¹

Yang Anda hadapi adalah novel Indonesia versi terakhir karya George Orwell. Tujuh bulan setelah karya ini diterbitkan, Juni 1949, Orwell meninggal dunia. Begitu diterbitkan, Nineteen Eighty-Four segera berhasil. Orang-orang cenderung menghubungkan kesuksesan itu dengan kenyataan bahwa dalam karya ini Orwell menceritakan kisah yang mendebarkan, setidaknya menurut ukuran waktu, tentang fantasi remaja: gerilya seks, pembangkangan dan perbudakan, dan teror fatal.

Juga, cerita besar ini banyak dibaca sebagai komentar atau kritik sosial. Hal-hal semacam itu mungkin tidak mengejutkan. Seperti yang digambarkan dalam novel ini, bahkan kehidupan orang Inggris - di mana novel itu ditulis - kemudian ramai, ramai, dengan birokrasi pemerintah mereka (termasuk Partai Buruh yang berkuasa). Pada saat yang sama, totaliterisme menghantui. Jerman Nazi belum lama berlalu, dan postur Uni Soviet dan era Cina yang ganas dan ganas, mencengkeram kesadaran politik Barat.

Bahkan, karya ini, yang merupakan semacam mimpi "futuristik" buram, yang diterbitkan pada tahun 1949 dan diberi judul yang merujuk pada kondisi kehidupan pada tahun 1984, juga telah dianggap sebagai semacam ramalan. Ketika tahun 1984 mendekat, ada "suasana yang semakin tegang seperti ketika orang mendengarkan bola kristal untuk melihat apa yang akan segera terjadi." Demikianlah, antara lain, komentar Ben Pimlott, 1989, tentang pengantar untuk penerbitan kembali novel ini tahun itu. Sebagai tanda pengaruh Orwell yang mencengangkan, ketika 1984 sudah dekat, "H-day" di kalender dibicarakan - dengan hampir gelisah - di seluruh dunia, ini adalah awal dari milenium baru.

Sekarang semuanya sudah berakhir. Sementara orang bertanya-tanya, apakah novel ini masih bisa bertahan di rak buku? Berapa lama sebuah cerita tentang "masa lalu" membuat pembaca mencengkeram; terkesiap? Memang, pertanyaan itu bisa langsung dijawab dengan pertanyaan: rak buku siapa? Bagi orang-orang yang memandang nobel ini atau novel lain apa pun, hanya sebagai penjelasan atau ramalan tentang keadaan faktual masyarakat, novel ini mungkin harus dibuang dari rak bukunya. Namun, pembaca yang tidak menceburkan diri hanya memperhatikan aspek "reportase langsung" atau "ramalan", masih dapat menempatkan novel ini dalam posisi terhormat di rak bukunya.
…………………………………………………………………………………………………………………………………… ……………… ..

Rentang Perpustakaan

Begitulah contoh pengantar novel dalam bahasa Indonesia. Untuk menambahkan referensi ke pertanyaan pengantar serta novel, pembaca dapat membuka artikel berikut, yaitu: contoh kata pengantar singkat, contoh kata pengantar tesis, contoh kata pengantar, contoh proposal pengantar, jenis novel, contoh sinopsis novel , dan perbedaan cerita pendek dan novel.

Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan bagi semua pembaca, baik tentang pengantar novel khususnya, dan bahan pembelajaran bahasa Indonesia. Mohon maafkan juga jika ada kesalahan, baik secara tertulis maupun dalam konteks penjelasan materi. Sekian dan juga terima kasih.

¹George Orwell, 1984, Terj. Landung Simatupang, (Yogyakarta: Bentang, 2016), hlm v-vi.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar