11 Panduan Cara Berdoa Rosario Yang Baik dan Benar

11 Panduan Cara Berdoa Rosario Yang Baik dan Benar
11 Panduan Cara Berdoa Rosario Yang Baik dan Benar
Doa Rosario adalah doa yang bersumber dari Kitab Suci, diakui dan direkomendasikan oleh Gereja Katolik. Rosario rutin biasanya dilakukan di setiap lingkungan yang telah dibagi oleh gereja per domisili, setiap lingkungan memiliki beberapa keluarga dan dari sana telah dijadwalkan oleh ketua waktu dan penempatan doa Rosario per hari, harap dicatat bahwa setiap keluarga Kristen terdaftar sebagai Gereja Katolik berpaling untuk beribadah di rumahnya. Tetapi Anda juga perlu tahu bahwa Rosario bukanlah beban bagi setiap keluarga terjadwal untuk Rosario.

Banyak Non-Katolik berpikir bahwa Rosario adalah doa untuk Maria, tetapi itu adalah kesalahan besar. Maria hanya saluran untuk doa yang benar-benar doa Rosario adalah doa kepada Tuhan Yesus. Banyak orang Katolik enggan berdoa untuk Rosario karena malas, sibuk dan menerima. Tetapi Anda perlu tahu bahwa Rosario adalah doa yang paling didengar karena sering terjadinya mukjizat kehidupan bagi mereka yang telah merasakan. Dengan doa Rosario Rutin kami membuat kami tak henti-hentinya mengucap syukur dan mengajukan permohonan kepada Allah Tritaya Yang Mahakuasa. Semua doa di Rosario diberikan sebagai satu doa.


Hal-hal yang dibutuhkan dalam Rosario:

  • Kalung rosario atau gelang yang membantu Anda dalam menghitung jumlah doa dan berapa lama Anda telah datang ke doa Salam Maria. Ini tidak wajib tetapi untuk membuatnya lebih mudah bagi kita, dan kita dapat menggantinya dengan sepuluh jari kita.
  • Orang-orang berdoa bersama (Dalam hal ini biasanya jadwal yang telah ditetapkan oleh masing-masing lingkungan untuk berdoa bersama) dengan ini kita juga dapat mengundang satu keluarga atau bahkan saudara kita, lingkungan kita untuk merenungkan peristiwa-peristiwa Kristus dalam doa Rosario. "Karena di mana dua atau tiga orang berkumpul karena aku, aku ada di tengah-tengah mereka" Matius 18:20.
Doa-doa yang terdapat di Doa Rosario


Sebagaimana kita tahu bagaimana berdoa Rosario, elemen yang paling khas adalah Salam Maria dalam rantai, tetapi puncak dari Salam Maria sendiri adalah nama Yesus. Umat Katolik biasanya menggunakan kalung Rosario sebagai pelengkap doa Rosario dan sebagai perhitungan yang lebih mudah dari Salam Maria. Doa Rosario bukan hanya Salam Maria, tetapi ada juga doa-doa lainnya seperti di bawah ini:

Pengakuan Iman Rasuli
Aku Percaya akan Allah, Bapa yang Maha Kuasa, Pencipta langit dan Bumi, Dan akan Yesus Kristus, PutraNya yang Tunggal, Tuhan kita. Yang dikandung dari Roh Kudus, Dilahirkan oleh perawan Maria.Yang menderita sengsara, alam pemerintahan Pontius Pilatus, disalibkan, wafat dan dimakamkan. Yang turun ketempat penantian, pada hari ketiga bangkit diantara orang mati. Yang naik kesurga, duduk disebelah kanan Allah Bapa yang Maha Kuasa. Dari situ Ia akan datang mengadili orang hidup dan mati. Aku percaya akan Roh Kudus, Gereja Katolik yang Kudus, persekutuan para Kudus, pengampunan dosa, kebangkitan badan, dan kehidupan yang Kekal. Amin. 

Bapa Kami
Bapa kami yang ada disurga, dimuliakanlah namaMu, datanglah kerajaanMu, Jadilah kehendakMu, diatas Bumi seperti didalam Surga. Berilah kami rejeki pada hari ini, dan ampunilah kesalahan kami, Seperti kami pun mengampuni yang bersalah kepada kami, dan janganlah masukan kami kedalam pencobaan, tetapi bebaskanlah kami dari yang jahat. Amin.

Salam Maria
Salam Maria, penuh rahmat, Tuhan sertamu, Terpujilah Engkau diantara wanita, dan terpujilah buah tubuhMu Yesus. Santa Maria Bunda Allah,  doakanlah kami  yang berdosa ini, sekarang dan waktu kami mati. Amin. 

Kemuliaan, Terpujilah, dan Doa Fatima
Kemuliaan kepada Bapa, dan Putra, dan Roh Kudus, Seperti pada permulaan, sekarang, selalu dan sepanjang segala abad. Amin, terpujilah nama Yesus, Maria, Yosef. Sekarang dan selama-lamanya. Ya Yesus yang baik, ampunilah dosa-dosa kami, Selamatkanlah kami dari api Neraka, dan hantarlah jiwa-jiwa kesurga,terlebih jiwa-jiwa yang sangat membutuhkan kerahimanMu. Amin.

Arti dan Cara Melakukan Doa Rosario Dalam Ibadah
Tujuan tidak overloading bukan untuk menyediakan makanan berat atau ringan, cukup untuk menyediakan air mineral karena jika ada terlalu banyak hidangan ada tujuan bagi kita untuk berdoa Rosario menjadi terganggu. Doa Rosario juga diadakan pada bulan Mei (sebagai bentuk penghormatan kepada Perawan Maria), dan juga pada bulan Oktober. Tetapi kita juga dapat melakukan Rosario itu sendiri sebagai refleksi dan khayalan dari peristiwa-peristiwa Yesus Kristus yang dikandung oleh perawan Maria sampai ia mati di kayu salib. Doa yang berulang ini membantu kita memusatkan misteri keselamatan yang direnungkan, tetapi itu tidak berarti jika kita tidak dan dibangun oleh iman dan keyakinan kita dalam misteri keselamatan.

Cara Doa Rosario yang benar, dalam cara berdoa Rosario terdapat urutan-urutan doa secara sistematis, Berikut cara Doa Rosario yang benar:

  1. Melakukan pembukaan awal dalam doa sebelum memulai seperti berikut: dalam nama Bapa, Putra dan Roh Kudus. Amin. (baca juga: Gereja terbesar di Dunia)
  2. Melakukan langkah yang selanjutnya yah itu dengan doa yang sudah dibentuk yaitu Aku Percaya.
  3. Setelah itu dengan melanjutkan beberapa Kemuliaan dalam doa tersebut.
  4. Melakukan langkah Terpujilah dengan penggucapan yang lugas dan lengkap adanya.
  5. Setelah itu melakukan doa Bapa Kami dengan lengkap dan sesuai dengan isi yang benar.
  6. Menggucapkan beberapa salam setelah melakukan doa seperti Salam Putri Allah Bapa. Salam Maria.
  7. Setelah itu mengucapkan beberap salam lainnya seperti Salam Bunda Allah Putra.
  8. Mengucapkan beberapa salam yang terakhir dalam iman yaitu salam mempelai Allah Roh Kudus.
  9. Melakukan beberapa pengucapan Kemuliaan sampai lengkap.
  10. Mulai melakukan pengucapan dengan Terpujilah.
  11. Mulai melakukan Peristiwa (Gembira/Terang/Sedih/Mulia)pertama sampai ke empat kalinnya dengan sambil menggucapkan beberapa doa seperti: Bapa Kami, Salam Maria sebagai 10 kali dalam peristiwa pertama sampai seterusnya, Kemulian, Terpujilah, Ya Yesus sebagai permohonan dan penutupan terakhir.
Peristiwa- peristiwa yang terdapat di Rosario

Di sini saya akan menjelaskan bagaimana Rosario benar tetapi sebelum itu saya akan menjelaskan secara singkat tentang Rosario. Doa Rosario adalah sinonim dengan umat Katolik yang merupakan renungan bagi umat Katolik. Bagi umat Katolik, doa Rosario memiliki makna yang mendalam untuk merefleksikan peristiwa-peristiwa dalam Kitab Suci, jadi jika Anda benar-benar melakukan doa Rosario dengan penuh penghargaan itu berarti kita berdoa sesuai dengan Kitab Suci karena dalam Rosario ada doa iman yang kita percayai. dalam "Saya Percaya", Doa Bapa Kami sebagaimana diajarkan oleh Yesus Kristus, dan Doa Salam Maria. Adapun peristiwa yang dibawa selama Doa Rosario, acara itu adalah bentuk penghargaan untuk inkarnasi dan waktu Yesus seperti kelahiran, pelayanan, pengorbanan sampai kematian di Salib. Peristiwa dibagi menjadi 4 bagian, yaitu:


  • Peristiwa Gembira (Pada saat Adven dan Natal, dihari Senin dan Sabtu), yaitu: Maria menerima kabar gembira dari malaikat Gabriel (Lukas 1:26-38), Maria mengunjungi Elisabet saudarinya ( Lukas 1:39-45), Yesus dilahirkan di Bethlehem (Lukas 2:1-7), Yesus dipersembahkan dalam Bait Allah ( Lukas 2:22-40), Yesus diketemukan dalam Bait Allah (Lukas 2:41-52) (baca juga: Pengertian Paroki)
  • Peristiwa Terang ( Pada Masa Puasa, dihari Selasa dan Jumat), yaitu: Yesus dibaptis di Sungai Yordan ( Matius 3:13-17), Yesus menyatakan diriNya dalam pesta perkawinan di Kana ( Yohanes 2:1-12), Yesus memberitakan kerajaan Allah dan menyerukan pertobatan (Matius 3:2, 4:17-23, Markus 1:15), Yesus menampakan KemuliaanNya (Matius 17:1-9), Yesus menetapkan Ekaristi (Markus 14:22-23, Lukas 22:19-29).
  • Peristiwa  Sedih ( Pada Masa makna Paskah, dihari Rabu, Sabtu, Minggu), yaitu: Yesus berdoa kepada BapaNya dalam sakratul maut (Lukas 22:39-46), Yesus didera (Yohanes 19:1), Yesus dimahkotai duri (Yohanes 19:2-3), Yesus memanggul salibNya ke Gunung Kalvari (Lukas 23:26-32), Yesus wafat disalib (Lukas 23:44-49).
  • Peristiwa Mulia (Hanya dihari Kamis), yaitu: Yesus bangkit dari antara orang mati (Lukas 24:1-12), Yesus naik ke surga (Lukas 24:50-53), Roh Kudus turun atas para Rasul (Kisah para Rasul 2:1-13), Maria diangkat ke surga (1Korintus 15:23), Maria dimahkotai di surga (Wahyu 12:1)
Berkat-berkat Dalam Doa Rosario Untuk Umat Katolik

Sebagaimana dijelaskan di atas tentang cara berdoa Rosario yang benar, lebih dari itu Rosario adalah rasa syukur kita untuk pengorbanan Yesus Kristus sementara di Bumi untuk menebus anak-anak yang berdosa ini. Berkat Rosario yang melimpah, kami akan terus berdoa Rosario secara pribadi dan lingkungan, sebagai berikut:

  1. Para pendosa diampuni.
  2. Jiwa- jiwa yang haus disegarkan.
  3. Yang miskin menemukan pertolongan.
  4. Mereka yang terbelenggu mendapatkan pengikat mereka dipatahkan.
  5. Mereka yang dicobai ditemukan kedamaian.
  6. Yang tidak peduli diajarkan.
  7. Umat beriman diperbaharui.
  8. Yang hidup belajar menaklukan kesombongan.
  9. Mereka yang menangis menemukan kebahagiaan.
  10. Dijauhkan dari kejahatan, kegelapan, pencobaan, hal-hal negatif lainnya.
  11. Dihapuskan segala kesakitan, trauma dan kesusahan.
  12. Dikayakan rohani dan jasmaninya.
  13. Hidup dalam kedamaian Kristus.
  14. Jiwa- jiwa yang hilang arah dipulihkan.
  15. Segala doa terjawab.
  16. Didekatkan oleh Kasih Allah Bapa, Kristus, dan Roh Kudus.
Kami telah menjelaskan bagaimana Rosario yang sebenarnya, untuk bimbingan bagi Anda yang belajar tentang Rosario, memperdalam peristiwa-peristiwa Yesus Kristus yang ditemukan di Rosario. Karena dalam iman kita, kita juga harus memahami bagaimana perjuangan Kristus yang telah menebus dosa-dosa kita sejak dikandung oleh Perawan Maria sampai kematiannya di Kayu Salib. Dan semoga kita juga lebih rajin berdoa Rosario karena sebenarnya semua doa ada dalam Doa Rosario. Kasih Kristus dan belas kasihan Bunda Maria selalu bersama kita.

Tips cepat menghapalkan langkah berdoa Rosario dengan mudah, sebagai berikut:

  • Jika kalian pemula dalam melakukan doa Rosario tidak hafal doa-doa yang ada di doa Rosario terutama doa Salam Maria, sebaiknya menggunakan kertas panduan yang biasanya sudah disediakan atau juga melihat di buku Puji Syukur karena sudah lengkap.
  • Jika Kalian gugup untuk mendapati giliran kalian dalam mengucapkan doa Salam Maria, ingatlah bahwa Tuhan Yesus selalu berada disamping kita, maka dari itu berdoalah dengan segenap hati.
  • Jika memang tidak memungkinkan kalian tidak membawa kalung atau gelang Rosario, kalian bisa menggunakan jari-jari kalian, namun hanya sebagai saran mempermudah dan membuat kita lebih khusyuk dalam berdoa Rosario, alangkah baiknya jika kita memakai kalung atau gelang Rosario.
Semoga artikel ini dapat memperdalam kami tentang Doa Rosario sejati dan mampu menjadi saksi Kristus di Dunia ini dan membuat kita lebih dekat dan lebih akrab dengan pengorbanan Tuhan Yesus Kristus yang telah berkorban dan bertempur di Bumi ini.