--> Skip to main content

9 Manfaat Dan Peranan Doa dalam Kehidupan Kristen

Manfaat Dan Peranan Doa dalam Kehidupan Kristen. Belajar dari teladan Yesus adalah apa yang membuat kita juga harus terus berjuang untuk mengampuni dan mengasihi orang lain, bahkan jika itu adalah musuh kita atau orang yang menganiaya kita. Bagaimana kami bisa melakukan ini? Karena itu, berdoalah! Dengan berdoa, Roh Kudus akan memungkinkan kita untuk mengasihi mereka. Tuhan yang karena cinta dan keadilanNya mengungkapkan diriNya melalui mimpi kepada Abimelech dan memberikan konsekuensi atas tindakannya dengan menutupi rahim setiap wanita di istananya. (baca juga: Roh Kudus)

Tetapi Abraham berdoa kepada Allah dan Allah menyembuhkan Abimelekh dan istri serta budak-budaknya. Sebagai seorang Kristen, doa sama pentingnya dengan membaca kata. Doa yang merupakan nafas kehidupan orang percaya harus memiliki manfaat sehingga hal itu dilakukan. Apa manfaat dari berdoa bagi orang Kristen? Berikut adalah beberapa ulasan tentang manfaat doa bagi orang Kristen yang perlu Anda ketahui sebagai berikut:


1. Doa Menyediakan Penyembuhan

"Lalu Abraham berdoa kepada Allah, dan Allah menyembuhkan Abimelekh dan istrinya serta budak wanita, sehingga mereka melahirkan anak-anak. (Kejadian 20: 17) Tentu saja kita mengingat kisah Abraham dan Abimelech, di mana Abimelech yang akan mendekati Sara, yang sebelumnya telah diminta oleh Abraham untuk berbohong, mengatakan bahwa dia adalah saudara Abraham dan bukan istrinya sehingga mereka berdua bisa bertahan hidup ketika mereka menetap di Gerar. Jika kita sedang mengalami penyakit atau saudara kita mengalaminya, maka berdoalah sekarang dan Tuhan akan bertindak dengan memberikan kesembuhan. (baca: Agama Kristen)

2. Doa Memberi Pengampunan

"Bawalah penyesalan Anda, dan bertobatlah kepada Tuhan! Katakan kepada-Nya:" Maafkan semua kesalahan, agar kita menjadi baik, maka kita akan menawarkan pengakuan kita. "(Hosea 14: 3) Jika saat ini kita menyadari kesalahan kita karena Roh Kudus yang bekerja untuk mengkhawatirkan dan mempertobatkan kita, segera mengambil sikap doa, Dia, Allah yang pengasih, akan memberi kita pengampunan dan kelegaan. Datanglah dengan berani di hadapan takhta-Nya karena tidak ada dosa yang terlalu besar yang tidak dapat diampuniNya.

3. Mengaktifkan Doa Melawan Godaan dan Pencobaan

"Awasi dan berdoalah agar kamu tidak jatuh ke dalam godaan: roh itu patuh, tetapi dagingnya lemah." (Matius 26: 41, Markus 14: 38) Ketika godaan datang ke dalam hidup kita, berdoalah! Tidak ingin dibodohi oleh hasutan setan. Dan ketika ada begitu banyak godaan yang datang, berdoalah! Agar Anda tidak jatuh ke dalamnya. 

4. Doa Memenuhi Kebutuhan

"Dan apa pun yang Anda minta dalam doa dengan keyakinan, Anda akan menerimanya." (Matius 21: 22) Apakah saat ini kita memiliki hal-hal yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan? Apakah itu sesuatu yang tampaknya mustahil untuk kita terima? Jadi] manfaat dari berdoa bagi orang Kristen dengan penuh iman kepada Bapa adalah karena Dia adalah Tuhan dari semua allah yang tidak terbatas. 

5. Doa Menyediakan Perdamaian

"Jangan khawatir tentang apa pun, tetapi nyatakan semua keinginan Anda kepada Tuhan dalam arti berdoa bagi orang Kristen dan memohon dengan ucapan syukur." (Filipi 4: 6) Kita mungkin sering dihadapkan pada kondisi yang tiba-tiba. Misalnya, tiba-tiba ujian diberikan oleh dosen. Tiba-tiba Anda mendapat panggilan untuk wawancara kerja atau mengikuti tes tertentu. Tiba-tiba penagih utang yang datang ke rumah. Atau tiba-tiba surat cerai diberikan oleh istri / suami. Tetapi Paulus mengatakan kepada jemaat Filipina dan juga mengatakan kepada kami untuk tetap tenang. Jangan khawatir! Berdoalah dalam keterbukaan dan petisi dengan ucapan syukur kepada Bapa. Karena tidak satu pun dari kita karena khawatir dapat menambahkan hanya satu hasta ke jalan hidup (Matius 6.27). 

6. Doa Membuat Kita Tahu Kehendak Tuhan

"KerajaanMu datang, Mu akan dilakukan, di bumi seperti di surga." (Matius 6: 10) Doa yang diajarkan oleh Yesus kepada murid-murid-Nya dan juga diajarkan kepada kita membuat kita memahami satu hal lagi tentang doa. Dalam doa-doa kami, kami tidak hanya mengungkapkan masalah, keinginan, dan harapan kami kepada Tuhan, tetapi kami juga mendengar suara-Nya dan kehendak-Nya. Bukankah itu sebagai orang Kristen, melakukan kehendak Tuhan adalah kerinduan kita untuk kita lakukan? Maka tidak mungkin kita bisa melakukannya tanpa menyadarinya. Karena itu, berdoalah! (baca juga: Sola Gratia)

7. Doa Membuat Kita Bertumbuh di dalam Kristus

“Akulah pokok anggur dan kamu adalah ranting-rantingnya. Dia yang berdiam di dalam Aku dan Aku di dalam Dia, Ia menghasilkan banyak buah, karena di luar Aku, kamu tidak dapat berbuat apa-apa.” (Yohanes 15: 5) Sama seperti cabang yang tidak dapat tumbuh tanpa subjek, begitu juga kita. Kita yang merupakan ranting-ranting Allah harus tinggal di dalam Dia. Tetap dipertanyakan tidak tinggal dalam jangka waktu seminggu, sebulan, setahun atau setahun, tapi selamanya. Bertahan berarti memiliki hubungan yang intim dengan Tuhan. Tuhan yang adalah Roh membuat kita hanya bisa berhubungan dengan-Nya melalui kata-kata dan doa. Menikmati Tuhan dalam doa-doa kita membuat kita bertumbuh bahkan lebih dalam pengenalan yang benar akan Dia. Karena itu, berdoalah!

8. Doa Mengajarkan Kita Arti dari Kasih

"Tetapi aku berkata kepadamu: Cintai musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu." (Matius 5: 44) Tidak sedikit orang di sekitar kita sering kesal dan membuat kita sedih. Bisa jadi mereka yang membuat kita seperti itu adalah keluarga kita sendiri. Bahkan sampai pada titik yang membuat sangat sulit bagi kita untuk memaafkan mereka. Ini juga dialami oleh Yesus ketika Dia ada di dunia. Mengutuk, memukul, penghinaan lain yang harus dia tanggung walaupun tidak ada dosa yang ditemukannya. Bahkan salib penderitaan yang harus dia lalui. Namun dia memilih untuk diam dan tetap memaafkan mereka yang membuatnya seperti itu.

9. Doa Dapat Mengusir Setan

"[Jenis ini tidak dapat dikeluarkan kecuali dengan manfaat berdoa bagi orang Kristen dan puasa]" (Matius 17: 21) Apakah kita ingat, pengalaman Yesus menyembuhkan seorang pemuda yang sakit? Pemuda itu sangat menderita dan dia sering jatuh ke dalam api dan sering ke dalam air. Ayahnya membawanya kepada Yesus, yang sebelumnya telah dibawa kepada murid-murid Yesus, tetapi mereka tidak dapat menyembuhkannya. Inilah yang harus membuat Yesus menegur murid-murid-Nya: "Hai generasi yang tidak percaya dan tersesat, berapa lama aku harus tinggal di antara kamu? Berapa lama aku harus sabar bersamamu?" (Matius 17: 17). Singkatnya, Yesus mengeluarkan iblis dari pemuda itu dan dia segera pulih.

Jika kita mengalami kondisi ini, berdoalah dengan iman sebesar biji sesawi sehingga kita dapat mengusir setan. Itu adalah beberapa kilasan artikel yang berarti doa bagi sebagian orang Kristen yang harus Anda ketahui. Ternyata ada begitu banyak makna penting yang perlu Anda ketahui dengan jelas.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar