--> Skip to main content

Cara Mengusir Setan Roh Jahat Dan Menyembuhkan Orang Kesurupan dalam Agama Kristen

Cara Mengusir Setan Roh Jahat Dan Menyembuhkan Orang Kesurupan dalam Agama Kristen . Mengusir Setan bukanlah perkara mudah bagi setiap orang gereja sebagai tubuh Kristus dalam menghadapi berbagai godaan yang sering datang dari kuasa Setan. Yah, kita perlu mencari tahu siapa sebenarnya iblis dalam Perjanjian Baru. Kata utama yang sering digunakan untuk menyebut makhluk setan adalah "Setan" (bahasa Yunani berarti Diamonion), yang ditemukan 60 kali dalam sejarah Kekristenan. Kata-kata lain adalah "roh jahat atau roh jahat" ditemukan 24 kali dan roh-roh python ditemukan satu kali dalam Kisah Para Rasul 16:16.

Ada dua cara umum bahwa pemahaman Injil merujuk pada situasi di mana orang-orang menunjukkan semacam perilaku setan. Pertama, mereka disebut "demonized" (bahasa Yunani berarti daimonizomai). Kedua, mereka dianggap memiliki kekuatan roh jahat yang menyesatkan banyak orang.


Ayat Alkitab tentang Yesus Kristus mampu mengusir setan, yang dapat Anda lakukan dan terapkan sebagai berikut:

1. Markus 1:34 

‘’Ia menyembuhkan banyak orang yang menderita bermacam-macam penyakit dan mengusir banyak setan; Ia tidak memperbolehkan setan-setan itu berbicara, sebab mereka mengenal Dia’’ Menariknya, yang pertama mengakui tentang Mesias adalah setan (Lukas 4:41). Dengan melakukan itu, Yesus Kristus menunjukkan bahwa Dia memiliki semua otoritas atas setan atau Iblis. Yesus Kristus pernah menaklukkan berbagai godaan oleh Iblis selama pencobaan padang gurun (Matius 4: 1-11). Hal ini membuktikan bahwa Yesus memiliki kuasa yang lebih besar daripada kuasa setan. Hal ini juga menunjukkan bahwa para setan, merupakan malaikat yang telah jatuh ke dalam dosa, melihat kemuliaan Yesus Kristus sebelum Dia datang ke bumi untuk melayani di bumi. Jadi, mereka telah mengenal Dia yang memiliki karakter Kristus sebagai manusia sebelum ada manusia diciptakan.

2. Lukas 10:17 

“Kemudian ketujuh puluh murid itu kembali dengan gembira dan berkata: “Tuhan, juga setan-setan takluk kepada kami demi nama-Mu’’ Inilah yang dikatakan oleh murid Kristus yang diutus oleh Yesus ketika mereka telah kembali. Dia juga memberikan wewenang kepada mereka untuk mengusir setan. Mereka tidak memiliki otoritas itu sendiri karena tidak ada manusia yang cocok bagi iblis, tetapi ketika Yesus memberikan wewenang kepada Anda, maka Anda dapat memiliki otoritas-Nya.

3. Kisah Para Rasul 19:13-16

“19:13 Juga beberapa tukang jampi Yahudi, yang berjalan keliling di negeri itu, mencoba menyebut nama Tuhan Yesus atas mereka yang kerasukan roh jahat dengan berseru, katanya: “Aku menyumpahi kamu demi nama Yesus yang diberitakan oleh Paulus.” 19:14 Mereka yang melakukan hal itu ialah tujuh orang anak dari seorang imam kepala Yahudi yang bernama Skewa. 19:15 Tetapi roh jahat itu menjawab: “Yesus aku kenal, dan Paulus aku ketahui, tetapi kamu, siapakah kamu?” 19:16 Dan orang yang dirasuk roh jahat itu menerpa mereka dan menggagahi mereka semua dan mengalahkannya, sehingga mereka lari dari rumah orang itu dengan telanjang dan luka-luka’’

Coba bayangkan bahwa orang Yahudi sangat terkejut sambil melihat atau mendengar Yesus  sedang cara mengusir setan dalam agama Kristen dan mungkin beberapa murid-Nya telah melakukan hal yang sama. Jadi, orang Yahudi ingin mencobanya dengan menggunakan nama palsu. Sampai pada akhirnya mereka dikejar dan dihasut oleh roh-roh jahat.

4. Lukas 8:30, 33

“Dan Yesus bertanya kepadanya: “Siapakah namamu?” Jawabnya: “Legion,” karena ia kerasukan banyak setan. Lalu keluarlah setan-setan itu dari orang itu dan memasuki babi-babi itu. Kawanan babi itu terjun dari tepi jurang ke dalam danau lalu mati lemas’’ Tidak hanya satu iblis tetapi seluruh kumpulan setan dan sebuah legion Romawi dimana Yesus berada di antara 3.000 dan 6.000 tentara. Hal Ini mungkin dilakukan oleh Yesus sendiri memiliki kuasa yang lebih besar dalam mengusir begitu banyak setan. Pengusiran setan atau roh jahat ini lebih mengesankan lagi karena orang itu begitu kerasukan setan sehingga “dia dirantai dan dibelenggu, tetapi dia akan memutuskan segala pengikat dan dihalau oleh setan ke tempat yang sunyi” (Lukas 8 : 29).


5. Markus 1:39 

“Lalu pergilah Ia ke seluruh Galilea dan memberitakan Injil dalam rumah-rumah ibadat mereka dan mengusir setan-setan’’ Jelaslah bahwa Yesus tidak membuang banyak waktu untuk mengusir setan karena sejak dari awal pelayanan-Nya di bumi, dia memiliki mukjizat nyata yang mampu mengusir banyak setan dalam setidaknya dua puluh situasi yang berbeda seperti yang diketahui di dalam Perjanjian Baru.

6. Markus 3:13-15

“3:13 Kemudian naiklah Yesus ke atas bukit. Ia memanggil orang-orang yang dikehendaki-Nya dan merekapun datang kepada-Nya. 3:14 Ia menetapkan dua belas orang untuk menyertai Dia dan untuk diutus-Nya memberitakan Injil.  3:15 dan diberi-Nya kuasa untuk mengusir setan’’ Ini adalah bukti nyata bahwa Yesus memberikan wewenang kepada para murid untuk mengusir setan yang berarti bahwa mereka sendiri tidak memiliki otoritas seperti itu. Ingatlah apa yang terjadi pada orang Yahudi yang mencoba untuk mengusir setan dengan otoritas dirinya sendiri?

7. Lukas 4:41 

Dari banyak orang keluar juga setan-setan sambil berteriak: “Engkau adalah Anak Allah. Lalu Ia dengan keras melarang mereka dan tidak memperbolehkan mereka berbicara, karena mereka tahu bahwa Ia adalah Mesias’’ Ayat terakhir tentang bagaimana mengusir setan dalam agama Kristen ketika Yesus dihadapkan oleh Setan dan mereka sudah tahu siapa Yesus sebenarnya (Matius 8:29). Ini menunjukkan bahwa mereka tahu bahwa mereka sedang menuju penyiksaan suatu hari seperti yang tertulis di Wahyu 20: 9, yang akan menimbulkan tanda-tanda kematian mereka. Cara yang dapat dilakukan oleh orang Kristen Advent untuk mengusir setan atau setan adalah bahwa kita benar-benar harus mulai dengan memuji mereka terlebih dahulu untuk mengundang hadirat Allah. Kami juga mengikuti tujuan ibadah Kristen dan mengikuti cara berdoa yang benar dengan mengatakan "Dalam nama Yesus Kristus, saya berdoa. Amin 'atau' Atas Nama Yesus Kristus, Keluarlah dari sini iblis! 'Jika kita ingin mengusir setan tergantung pada situasi yang kita hadapi.

Mengenai Firman Tuhan, hanya hal-hal yang harus kita perhatikan, karena untuk menghadapi tantangan gereja di masa sekarang, kita harus mempersiapkan diri kita terlebih dahulu untuk menggunakan semua senjata peralatan yang telah dipersiapkan Allah bagi kita, seperti berikut ini ayat:


  1. Roma 13:14 menunjukkan bahwa kita sebagai orang percaya selalu membutuhkan Tuhan Yesus sebagai perlengkapan senjata terang untuk menghindari keinginan duniawi-nya.
  2. Efesus 6:11-17 menunjukkan bahwa saat menghadapi hari-hari jahat, kita harus memakai seluruh perlengkapan senjata Allah, supaya kita dapat bertahan melawan tipu muslihat iblis dan juga mengadakan perlawanan pada hari yang jahat itu dengan tetap berdiri sambil berikatpinggangkan kebenaran dan berbajuzirahkan keadilan. Tidak hanya itu, kita juga tetap memberitakan Injil damai sejahtera dalam segala keadaan pergunakanlah perisai iman, sebab dengan perisai itu kita akan dapat memadamkan semua panah api dari si jahat. Pada akhirnya kita dapat menerima ketopong keselamatan dan pedang Roh, yaitu firman Allah.

Karena itu, dengan meminta karunia Roh Kudus, kita harus lebih rajin mengenakan senjata-senjata Allah yang disebutkan di atas melalui persekutuan dengan Tuhan Yesus. Selalu patuhi perintah-perintah-Nya dan pelajari Alkitab dengan sepenuh hati. Dari semua hal di atas, kita akan belajar banyak jika kita tumbuh dan berbuah di dalam Kristus. Namun, yang perlu kita pahami adalah bahwa setiap orang yang percaya pada cara untuk mengusir setan dalam agama Kristen tidak akan pernah menggunakan cara apa pun kecuali hanya nama Yesus. Jangan pernah menggunakan cara lain seperti kemeyan, air yang bukan simbol Kristen. Selain itu, kita harus bersyukur bahwa kita mendapatkan janji Allah bagi orang percaya untuk membebaskan kita dari kuasa kegelapan dan memindahkan kita ke dalam kerajaan Putra-Nya yang terkasih (Kolose 1:13). Keselamatan Yesus Kristus dapat memberikan pembebasan dan perlindungan sejati dari Setan. Sampai akhirnya kita menang melalui Yesus Kristus (Roma 8:37).

Tidak hanya itu, kita juga bersukacita karena Tuhan telah memimpin dan memberi kita kemenangan atas dosa (1 Korintus 15:57; 2 Korintus 2:14). Kita juga telah mengalahkan kejahatan melalui kuasa Roh Kudus yang ada di dalam kita lebih besar dari roh jahat (1 Yohanes 2:13, 4: 4). Kita tidak akan takut pada Setan atau iblis karena dia telah dikalahkan oleh Yesus Kristus melalui penyaliban Yesus (1 Yohanes 4: 4). Ini membuktikan bahwa Yesus Kristus memiliki otoritas lebih dari sebelumnya sebelum Ia pergi ke Kalvari dan bahkan sebelum Ia dilahirkan sebagai bayi di palungan.

Dapat disimpulkan bahwa kita harus ingat bahwa Firman Allah adalah satu-satunya sumber kebenaran yang dapat dipercaya tentang iblis dan roh jahat. Selain itu, dengan menjalani panggilan untuk menjadi murid Kristus, kita harus menjadi agen iman yang selalu mendengar dan bertindak sesuai kehendak Tuhan. Semoga artikel tentang cara mengusir setan ini dapat bermanfaat bagi Anda dan keluarga Anda.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar