16 Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Online ( Untung dan Rugi Bisnis Online)

16 Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Online ( Untung dan Rugi Bisnis Online)
16 Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Online ( Untung dan Rugi Bisnis Online)
Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Online ( Untung dan Rugi Bisnis Online). Ada beberapa jenis bisnis di pasar yang hanya berdagang melalui sarana online. Dalam membangun bisnis online, pemilik harus melalui prosedur yang sama seperti bisnis tradisional, dalam merumuskan rencana bisnis, dengan menyusun pernyataan misi dan dengan menangani masalah administrasi lainnya. Namun, ada sejumlah keuntungan dan kerugian bisnis online dalam manajemen operasinya, yang patut dipertimbangkan ketika Anda mempersiapkan bisnis online Anda seperti belajar bagaimana memulai bisnis bisnis online untuk pemula.

Keuntungan dari Bisnis Online


Di sini kami akan menjelaskan beberapa kelebihan dari bisnis online yaitu:
16 Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Online ( Untung dan Rugi Bisnis Online)


1. Kurangi Biaya

Keuntungan utama memiliki bisnis online adalah perbedaan biaya bila dibandingkan dengan mendirikan perusahaan berbasis kantor tradisional atau offline. Meskipun ada biaya yang terkait dengan perlindungan domain dan pemasangan situs web, ini sangat minim bila dibandingkan dengan penyewaan dan pemeliharaan bangunan fisik, pelajari juga cara memulai bisnis toko daring.

2. Mengurangi Kebutuhan Staf

Sedangkan di gerai ritel fisik pemilik perlu merekrut sejumlah staf penjualan, dengan banyak pekerjaan bisnis online dilakukan secara otomatis. Misalnya, membeli barang secara online tidak memerlukan kasir untuk melakukan pembayaran: pembeli hanya memasukkan detail kartu dan barang dibayar dalam beberapa menit.

3. Jangkauan lebih luas

Dengan bisnis online, Anda dapat memasarkan perusahaan Anda dalam skala global, menjangkau calon pelanggan di negara dan benua lain. Anda harus memiliki sistem untuk mengirim barang atau jasa Anda ke lokasi terpencil ini. Namun, sementara bisnis fisik hanya dapat beriklan kepada pelanggan di area lokal, memiliki bisnis online berarti Anda dapat mengekspos perusahaan Anda ke sejumlah besar calon pelanggan.

4. Hubungkan dengan cepat

Melalui internet, pemilik bisnis dan karyawan dapat terhubung dengan pelanggan dan anggota komunitas lainnya dengan lebih mudah dari sebelumnya. Daripada harus menelepon atau mengunjungi toko untuk mendapatkan informasi tentang produk atau layanan mereka, pelanggan dapat mengirim email ke toko untuk jawaban. Pertumbuhan media sosial telah memberi pemilik bisnis cara mudah lain untuk terhubung dengan pelanggan, yang dapat mengikuti halaman bisnis Twitter atau bisnis "Suka" di Facebook.

6. Informasi

Jika Anda mencoba belajar tentang jam buka tanpa situs web, Anda mungkin harus menelepon beberapa kali dan ditransfer ke operator hanya untuk mendapatkan jawaban atas pertanyaan sederhana Anda. Jika bisnis memiliki situs web, Anda dapat memperoleh informasi ini dengan cepat dan mudah. Situs web bisnis dapat memberikan banyak informasi yang relevan kepada pelanggan, termasuk informasi kontak, deskripsi produk, dan riwayat perusahaan, memahami cara memulai bisnis dari awal.

7. Penjualan

Memiliki situs web yang menawarkan pelanggan kemampuan untuk berbelanja online dapat dengan cepat membantu meningkatkan keuangan perusahaan. Banyak konsumen lebih memilih belanja online karena mudah dan nyaman. Mereka dapat berbelanja kapan pun mereka mau, tanpa garis dan tidak mengunjungi toko secara langsung. Toko online juga ideal untuk konsumen yang tidak hidup dalam jarak yang masuk akal dari toko. Melalui internet, konsumen ini masih bisa berbelanja di toko.

Kekurangan dari Bisnis Online


Selain memiliki beberapa keuntungan dari bisnis online juga memiliki beberapa kelemahan yaitu:

1. Impersonal

Salah satu kelemahan yang dapat diperdebatkan untuk menjamurnya Internet dalam bisnis modern adalah bahwa beberapa korespondensi antara pelanggan dan bisnis dapat bersifat impersonal. Sebelum ke Internet, pelanggan dengan keluhan dapat menghubungi manajer toko dan menyuarakan keprihatinannya secara langsung. Ketika orang ini sekarang menyuarakan keprihatinannya melalui email, ia mungkin menerima surat formulir pengembalian, yang tidak memberinya kepuasan dalam berurusan dengan manusia.

2. Tidak Mencoba Sebelum Membeli

Meskipun ada sejumlah besar barang yang dapat dibeli secara online tanpa keraguan, ada barang-barang lain, seperti pakaian, sepatu, perabotan, dan gadget elektronik, yang disukai atau dilakukan oleh konsumen sebelum membuat keputusan pembelian. Di dunia ritel online "coba sebelum membeli" tidak mungkin. Pengecer online telah mencoba untuk mengimbangi ini dengan memungkinkan pengguna untuk meninjau produk dan dengan menampilkan foto dan video dari produk yang sedang beraksi, tetapi masih ada beberapa hal yang lebih baik dibeli atau dapat diakses oleh orang-orang.

3. Persaingan

Pengecer online memiliki lebih banyak persaingan di dunia ritel Internet. Meskipun ada sesuatu yang bisa dikatakan tentang perusahaan online yang kredibel, banyak konsumen mencari berdasarkan produk dan tidak begitu banyak dengan pengecer. Ini berarti pengecer dengan rekam jejak yang belum terbukti mungkin akan mengambil beberapa bisnis Anda di dunia ritel online yang kompetitif tahu ide bisnis makanan online.

4. Produktifitas

Jika Anda mengoperasikan toko fisik, Anda memiliki jam operasi. Anda tahu jadwal bisnis Anda dan tahu kapan Anda harus bekerja. Namun, Internet adalah operasi 24/7, yang berarti bisnis Anda selalu terbuka. Dan bisnis online tidak kehabisan lokasi toko fisik, tetapi keluar dari rumah Anda. Ini dapat menyebabkan gangguan dan penurunan produktivitas jika Anda tidak berhati-hati dalam menetapkan waktu yang dihabiskan untuk bisnis Anda.

5. Kredibilitas

Karena ada banyak persaingan dalam ritel online, ada kekhawatiran kredibilitas di antara banyak bisnis yang beroperasi. Itulah salah satu keuntungan dari memiliki lokasi fisik - itu membangun kepercayaan dan otoritas di antara pelanggan, dan itu menggambarkan bisnis Anda dalam cahaya yang lebih profesional daripada jika Anda hanya perusahaan Web. Itu tidak berarti bahwa semua bisnis online tidak memiliki kredibilitas, tetapi ketahuilah bahwa perusahaan juga memiliki lokasi fisik yang menurunkan bendera merah dari sudut pandang kredibilitas.

6. Layanan pelanggan

Banyak bisnis online telah menerapkan fitur obrolan web untuk membantu pelanggan keluar dengan pertanyaan ketika mereka berbelanja, tetapi layanan pelanggan sebagian besar masih dilakukan melalui email, melalui telepon atau dengan surat siput. Meskipun ini dapat efektif untuk beberapa item dan pertanyaan pelanggan, tidak ada gunanya komunikasi tatap muka yang Anda dapatkan dari berbicara dengan rekan kerja di toko. Bisnis dengan toko fisik dapat lebih ramah dengan klien mereka. Mereka dapat menunjukkan bagaimana suatu produk bekerja, dan mereka dapat memecahkan masalah dengan produk sambil menjelaskan tindakan mereka.

7. Kejenuhan pasar

Dengan kehadiran online, bagaimanapun, itu berarti Anda dikelilingi oleh bisnis lain dalam industri Anda, semua bersemangat untuk mengekspos perusahaan mereka ke khalayak luas. Akibatnya, bisnis Anda mungkin tersesat di lautan perusahaan serupa, jadi Anda perlu mencari produk atau elemen ke perusahaan Anda yang memberi Anda keunggulan atas pesaing Anda, belajar juga cara menjalankan bisnis online di Facebook.

8. Kurangnya Interaksi

Dengan kehadiran anggota staf fisik dapat berinteraksi dengan pelanggan secara langsung. Ini dapat membuat pembeli terkesan dan meminta mereka untuk berbagi pengalaman positif mereka dengan orang lain. Beberapa pembeli mungkin lebih suka interaksi tatap muka, dibandingkan dengan membeli barang secara online. Anda mungkin kesulitan untuk mengembangkan hubungan yang bermakna dengan pembeli ketika Anda menjalankan bisnis online.

9. Konektivitas Internet

Anda dapat menanggung kehilangan banyak waktu dan uang jika, entah bagaimana, situs web Anda bisa mendapatkan kesalahan dan tidak dapat diperbaiki selama berjam-jam, atau bahkan berhari-hari. Ini dapat menyebabkan calon pelanggan dibujuk untuk tidak membeli produk dari Anda jika mereka menerima kesalahan saat mencoba mengunjungi situs web Anda, dan mereka dapat mengomunikasikan pengalaman buruk mereka dengan teman dan keluarga.