--> Skip to main content

15 Cara Memulai Bisnis Online Shop Tanpa Modal Bagi Pemula

Cara Berbisnis Online Shop Bagi Pemula. Seringkali masalah modal menjadi kendala utama ketika seseorang ingin memulai bisnis dan menjual. Khusus untuk pemula yang tentunya masih dalam ketakutan akan memulai bisnis yang akan mengkonsumsi dana besar. Tetapi jika ada yang lebih murah dan lebih mudah dilakukan mengapa tidak? Ya, dengan kemajuan teknologi dan perkembangan zaman, bisnis saat ini tidak hanya harus mengeluarkan banyak dana dan harus memiliki toko atau tempat yang nyata dan utuh.

Jawaban untuk masalah itu adalah bisnis toko online. Anda hanya perlu belajar bagaimana memulai bisnis online dari awal yang ramah dan cukup mudah bahkan untuk pemula. Bahkan Anda tidak tertimbang untuk memiliki tempat untuk berbisnis jika Anda mencoba bisnis online ini. Selain lebih fleksibel, Anda juga bisa belajar menjadi pengusaha tanpa menghabiskan banyak modal yang pasti akan terasa berat di awal bisnis. Penasaran bagaimana? Namun, sebelum memulai, ada beberapa persyaratan atau peralatan pelengkap yang harus Anda persiapkan sebelumnya yaitu:

Cara Berbisnis Online Shop Bagi Pemula


  • Laptop atau Komputer : Walaupun anda belum memilikinya secara pribadi, anda bisa meminjam atau menggunakan fasilitas umum seperti warnet agar bisa membuat sebuah akun media sosial atau toko online sebagai sarana atau toko visual anda nantinya. Pelajari juga tips terampuh berbisnis online di facebook ini.
  • Kuota : Ketersediaan kuota dan lancarnya koneksi internet adalah hal yang di utamakan dan dibutuhkan dalam memulai sebuah usaha online shop.
  • Pembuatan Website : Memang akan memakan biaya dalam pembuatan sebuah website yang menggunakan domain berbayar, namun untuk permulaan anda bisa menggunakan domain gratis seperti wordpress dan blogspot sebagai penunjang dari bisnis toko online shop anda.
  • Memiliki Pengetahuan Internet Marketing : Anda di wajibkan mengetahui pola penjualan produk secara online dan memberikan beragam promosi menarik agar para pelanggan tergerak dan menyukai produk anda. Karena berjualan secara online akan jauh berbeda dengan berjualan offline yang akan membuat anda bertatap muka langsung dengan para pembeli.

Mungkin bagi para pemula yang membutuhkan waktu untuk dapat memahami dan menguasai teknik dan trik dalam pemasaran internet atau berjualan secara online, tetapi jika Anda rajin untuk mencari tau dan ingin mencoba maka akan lebih mudah. Di sini kami menyajikan panduan dan cara memulai toko bisnis online untuk pemula:

Persiapkan Semua Fasilitas '
Seperti telah dijelaskan di atas, ada beberapa dukungan yang harus Anda persiapkan. Seperti ketersediaan jaringan dan kuota serta PC dan laptop sebagai sarana dan infrastruktur Anda dalam mebuat toko visual atau situs web dari toko online Anda tersebut.

Tentukan Tema dan Barang yang Akan Anda Jual
Ada banyak ide bisnis yang dapat menjadi fondasi dasar bisnis toko online Anda, salah satunya adalah ide bisnis makanan online. Putuskan dulu di sektor apa Anda akan menerbitkan produk dan menjualnya, itu bisa dalam kuliner, fashion dan perawatan.

Tes Pasar dan Segmentasi
Cobalah melakukan riset sebelum Anda terjun ke pembuatan toko online Anda sendiri. Bedakan apa yang menjadi ciri di berbagai toko online yang mengusung tema yang mirip dengan apa yang akan Anda buat. Jika Anda mencoba memasarkan produk buatan tangan, maka cobalah bahwa produk Anda memang unik dan kreatif. Jalankan dengan berbagai harga yang berbeda dan lihat berapa banyak yang dapat mereka bayar dan berapa banyak minat konsumen untuk membeli produk Anda. Anda juga dapat meneliti tingkat kepuasan pelanggan yang telah membeli produk toko online Anda.

Memulai dengan Media Sosial
Ada banyak media sosial yang dapat Anda gunakan untuk mempromosikan dan mengembangkan toko online Anda. Facebook, instagram dan twitter adalah beberapa jenis medsos yang sering digunakan dan memiliki banyak pengguna saat ini. Buat akun media sosial dan targetkan teman sampai target pasar Anda ditemukan.

Jangan Spam Notif
Meskipun halaman media sosial Anda bisa menjadi media promosi yang bagus, tetapi hindari untuk melakukan spam ya! Gunakan dengan bijak, terkadang toko online akan mentag beberapa orang secara acak dan mungkin tidak semua dari mereka menyukai ide ini. Gunakan fitur pembaruan status di facebook dan jangan sering memperbarui status.

Buat Katalog
Anda dapat mengembangkan ide anti-bisnis utama Anda dengan mengembangkan toko online dan katalogisasi untuk memudahkan pembeli menemukan produk yang mereka inginkan. Manfaatkan beberapa web dan media sosial gratis untuk menampilkan katalog produk Anda dengan menampilkan foto produk yang menarik, detail tentang produk dan manfaat produk. Dengan memberikan kemudahan katalog Anda dapat memberikan kemudahan bagi pembeli dalam mengetahui jenis, harga dan bagaimana kondisi produk toko online yang Anda tawarkan. bahkan Anda dapat memantau bagaimana lalu lintas dari pengunjung halaman toko bisnis online.

Kelengkapan Informasi
Karena pembeli tidak dapat melihat dan mengetahui secara langsung kondisi barang yang Anda tawarkan, maka Anda harus memberikan informasi selengkap mungkin, sehingga mereka dapat mengetahui dan menghilangkan keraguan yang mungkin menjadi salah satu faktor mereka tidak menggunakan layanan toko online Anda. Jika Anda mendapatkan beberapa testimonial tidak rragu untuk menunjukkannya, ini akan membangun dan meningkatkan kepercayaan pembeli potensial. Usahakan selalu bersikap kooperatif jika mereka mengalami hambatan atau menyakan beberapa detai tentang produk yang Anda jual. Semakin baik dan terpercaya layanan Anda maka mereka akan semakin merasa nyaman dan lbih mempertimbangkan dalam menggunakan layanan toko online Anda tentunya.

Layanan Obrolan
Sebagai wadah dan tempat untuk menghubungkan Anda dengan mudah kepada calon pembeli, Anda dapat menambahkan fitur "obrolan". Biasanya beberapa situs web toko online akan memasang fitur ini sehingga pelanggan dapat langsung berkomunikasi jika Anda online. Sediakan juga kontak Anda yang dapat mereka akses jika ada beberapa pertanyaan yang membutuhkan jawaban dan layanan Anda. Ingat bahwa pelanggan adalah raja, ya!

Tingkatkan Layanan
Salah satu karakteristik bisnis potensial adalah bisnis dan pelanggan yang sangat responsif. dan untuk mendapatkannya Anda tentu harus lebih peka dan memberikan layanan terbaik bagi pembeli yang masih mempercayakan bisnis toko online Anda dan tentu saja layanan prima akan menarik perhatian pembeli lain. Lakukan sebagai ramah dan informatif mungkin sehingga Anda dapat menarik pembeli potensial.

Beberapa cara dalam memulai sebuah toko bisnis online untuk pemula di atas tentu saja Anda dapat langsung berlatih sekarang tanpa menunggu untuk menunggu lagi. Anda harus lebih jeli untuk melihat bagaimana permintaan pasar, persaingan harga dengan pesaing dan meningkatkan kualitas layanan.


Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar