--> Skip to main content

Contoh DOA Penghiburan kristen untuk Keluarga Yang Sedang Berduka

Contoh DOA Penghiburan kristen untuk Keluarga Yang Sedang Berduka. Hidup bukanlah kondisi di mana kita akan selalu bahagia dan kita akan mencapai semua yang kita inginkan. Hidup adalah kondisi di mana kita akan menghadapi kebahagiaan dan kesedihan. Jika itu hanya kebahagiaan, mungkin kita bisa menyebutnya surga, dan jika itu hanya kesedihan, mungkin kita bisa menyebutnya neraka. Tuhan sendiri tahu segalanya yang kita butuhkan untuk melakukan kehidupan sementara kita di dunia ini. Tetapi, Dia benar-benar menginginkannya jika kita ingin meminta pertolongan-Nya dan berdoa agar Dia tahu bahwa kita masih menerima Dia dan menganggap Dia ada. Dalam Alkitab, kita dapat menemukan banyak ayat yang dapat membantu kita mengatasi berbagai kondisi dan salah satunya adalah ayat Alkitab untuk memperkuat orang-orang yang berduka. Setelah ini, saya akan berbagi beberapa informasi dengan Anda.

25 Ayat Alkitab untuk Menguatkan Orang Berduka Sebagai Penghiburan


1. 2 Korintus 5:1

“Karena kami tahu, bahwa jika kemah tempat kediaman kita di bumi ini dibongkar, Allah telah menyediakan suatu tempat kediaman yang kekal, yang tidak dibuat oleh tangan manusia”. Kita bisa saja berduka untuk seseorang yang telah pergi dan meninggalkan kita, tetapi kita harus ingat bahwa kehidupan abadi yang akan ia dapatkan nantinya akan jauh lebih indah.

2. Wahyu 21:4

“Dan Ia akan menghapus segala air mata dari mata mereka, dan maut tidak akan ada lagi; tidak akan ada lagi perkabungan, atau ratap tangis, atau dukacita, sebab segala sesuatu yang lama itu telah berlalu”. Arti bersyukur dalam Alkitab adalah ketika kita bisa mengucap syukur dalam keadaan apapun. Segala sesuatu yang terjadi adalah atas kehendak Bapa dan tidak akan terlepas dari campur tanganNya.

3. Yesaya 40:31

“tetapi orang – orang yang menanti-nantikan Tuhan mendapat kekuatan baru: mereka seumpama rajawali yang naik terbang dengan kekuatan sayapnya; mereka berlari dan tidak menjadi lesu, mereka berjalan dan tidak menjadi lelah”. Tuhan memanggil mereka karena mereka sangat berharga dimata Tuhan, dan Tuhan tidak ingin mereka mengalami penderitaan yang dapat membuat keadaan hati bersih mereka menjadi kotor karena dosa.

4. Mazmur 62:2-3

“Hanya dekat Allah saja aku tenang, dari padaNyalah keselamatanku. Hanya dia gunung batuku dan keselamatanku, kota bentengku, aku tidak akan goyah”.

5. 1 Tesalonika 4:14

“Karena jikalau kita percaya, bahwa Yesus telah mati dan telah bangkit, maka kita percaya juga bahwa mereka yang telah meninggal dalam Yesus akan dikumpulkan Allah bersama – sama dengan Dia”.

6. Yesaya 51:11

“Maka orang-orang yang dibebaskan TUHAN akan pulang dan masuk ke Sion dengan sorak-sorai, sedang sukacita abadi meliputi mereka; kegirangan dan sukacita akan memenuhi mereka, duka dan keluh akan menjauh.”

7. Yesaya 41:13

“Sebab Aku ini, Tuhan, Allahmu, memegang tangan kananmu dan berkata kepadamu: Janganlah takut, Akulah yang menolong engkau”.

8. Kisah Para Rasul 24:15

“Aku menaruh pengharapan kepada Allah, sama seperti mereka juga, bahwa akan ada kebangkitan semua orang mati, baik orang – orang yang benar maupun orang – orang yang tidak benar”.

9. 2 Tesalonika 2: 16

“Dan Ia, Tuhan kita Yesus Kristus, dan Allah, Bapa kita, yang dalam kasih karuniaNya telah mengasihi kita dan yang telah menganugerahkan penghiburan abadi dan pengharapan baik kepada kita”.

10. Yohanes 11: 25-26

“Jawab Yesus: Akulah kebangkitan dan hidup; barangsiapa percaya kepadaKu, ia akan hidup walaupun ia sudah mati, dan setiap orang yang hidup dan percaya kepadaKu, tidak akan mati selama – lamanya. Percayakah engkau akan hal ini?”. Ayat alkitab untuk menguatkan orang berduka ini adalah salah satu dari sekian banyak janji – janji Tuhan Yesus bagi orang percaya.

11. Matius 5:4

“Berbahagialah mereka yang berdukacita, karena mereka akan dihibur”. Ayat dari Injil Matius ini tentunya sudah seringkali diperdengarkan baik itu dalam kotbah ataupun renungan – renungan harian. Bagi kita yang masih merasakan kedukaan tentunya ayat ini bisa menjadi sumber penguatan karena akan selalu ada pelangi yang muncul sehabis hujan.

12. Mazmur 34:5

“Aku mencari Tuhan, lalu Ia menjawab aku, dan melapaskan aku dari segala kegentaranku”. Ketika kita merasakan perasaan baik itu senang ataupun sedih memang sebaiknya kita pergi untuk mencari Tuhan. Tuhan sendiri sebenarnya sudah mengetahui apa yang kita rasakan dan butuhkan. Dan dengan berjalan kepadaNya, maka ia akan membantu kita untuk terbebas dari segala perasaan yang tidak menyenangkan dengan damai yang Tuhan Yesus berikan sendiri.

13. Mazmur 147:3

“Ia menyembuhkan orang – orang yang patah hati dan membalut luka – luka mereka”. Hati kita mungkin akan terluka dengan cukup parah ketika kita ditinggalkan oleh seseorang yang dekat dan kita cintai, tetapi Tuhan sendiri lebih besar kuasaNya dibandingkan luka yang kita miliki. Dan Dia sanggup untuk menyembuhkannya.

14. Filipi 4:13

“Segala perkara dapat kutanggung didalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku”. Kuasa Tuhan adalah kuasa terbesar dan tidak ada kuasa lain yang mempu menandingi kuasaNya. Selama kita mau melibatkan Tuhan dalam segala perkara maka Ia akan mau membantu dan ikut campur dalam segala perkara kita.

15. Ulangan 31:6

“Kuatkanlah dan teguhkanlah hatimu, janganlah takut dan jangan gemetar karena mereka, sebab Tuhan, Allahmu, Dialah yang berjalan menyertai engkau; Ia tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau”. Ini adalah ayat alkitab untuk menguatkan orang berduka selanjutnya yang sebaiknya tidak kita lupakan. Karena,  seiring adanya masalah kita cenderung melupakan Tuhan.

16. Mazmur 73:23

“Tetapi aku tetap didekatMu; Engkau memegang tangan kananku”. Tuhan itu tidak jauh, Ia dekat dan selalu menyertai kita umat kesayanganNya. Selama kita mau Tuhan untuk bersama – sama dengan kita, maka Dia akan selalu bersama – sama dengan kita.

17. Mazmur 116:15

“Berharga di mata Tuhan kematian semua orang yang dikasihinNya”. Manusia adalah makhluk ciptaan Allah yang paling sempurna dan berharga karena manusia diciptakan seturut gambar dan citra Allah. Maka, semua kematian orang beriman akan selalu berharga dan diterima oleh Tuhan.

18. Matius 11:28

Sponsors Link


“Marilah kepadaKu, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu”. Berada pada masa yang masih berduka tentunya akan sangat mempengaruhi emosi seseorang dengan cukup dahsyat sehingga karena kedukaannya, seseorang bisa merasa sangat lemah dan rapuh.

19. Amsal 18:10

Nama Tuhan adalah menara yang kuat, ke sanalah orang benar berlari dan ia menjadi selamat”. Salah satu karakter kristen sejati adalah ketika kita sedang menghadapi apapun, kita akan berlari menuju Tuhan dan meminta perlindungannya. Dan apabila hati ini masih mengalami kedukaan, maka sebaiknya juga kita berlari kepada Tuhan dan memintaNya untuk secara perlahan membantu memperbaiki kondisi hati kita.

20. Matius 28:20

“dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kami senantiasa sampai kepada akhir zaman”. Terkadang, ketika kita sedang berduka atau merasa sedih yang teramat dalam, kita akan merasa bahwa Tuhan meninggalkan kita. Tetapi, pada kenyataanNya, Dia tetap menyertai kita dan hal ini dibuktikan oleh adanya ayat Alkitab untuk menguatkan orang berduka ini.

21. Yohanes 14: 1-3

“Janganlah gelisah hatimu; percayalah kepada Allah, percayalah juga kepadaKu. Di rumah BapaKu banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu. Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu. Dan apabila Aku telah pergi ke situ dan telah menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempatKu, supaya di tempat di mana Aku berada, kamupun berada”. Hal ini memang benar adanya karena itulah makna kebangkitan Yesus.

Sponsors Link


22. Roma 14: 7-9

“Sebab tidak ada seorangpun di antara kita yang hidup untuk dirinya sendiri, dan tidak ada seorangpun yang mati untuk dirinya sendiri. Sebab jika kita hidup, kita hidup untuk Tuhan, dan jika kita mati, kita mati untuk Tuhan. Jadi, baik hidup atau mati, kita adalah milik Tuhan. Sebab itulah Kristus telah mati dan hidup kembali, supaya Ia menjadi Tuhan, baik atas orang – orang mati, maupun atas orang – orang hidup”.

23. Ibrani 13:14

“Sebab di sini kita tidak mempunyai tempat tinggal yang tetap; kita mencari kota yang akan datang”.

24. 1 Petrus 5: 7

“Serahkanlah segala kekuatiranmu kepadaNya, sebab Ia yang memelihara kamu”.

25. 1 Petrus 5: 10

“Dan Allah, sumber segala kasih karunia, yang telah memanggil kamu dalam Kristus kepada kemuliaanNya yang kekal, akan melengkapi, meneguhkan, menguatkan, dan mengkokohkan kamu, sesudah kamu menderita seketika lamanya”. Berada dalam masa berduka juga memerlukan kesabaran yang cukup besar untuk menghadapinya. Anda juga akan memerlukan beberapa ayat Alkitab tentang kesabaran untuk menghadapi itu. Ingatlah bahwa semuanya akan indah pada waktuNya.

DOA Penghiburan kristen untuk Keluarga Yang Sedang Berduka

DOA SYAFAAT BAGI YANG BERDUKA

Oleh: Pdt. Daniel T.A. Harahap

Ya Allah, kami mau berdoa bagi mereka yang kehilangan orang yang mereka cintai, belahan jiwa, karunia terindah dalam hidup mereka. Kami menyebut nama mereka di hadiratMu, ya Allah Hiburkanlah hati mereka, ya Allah. Sebab hanya Engkau sajalah yang mampu menghibur hati yang patah dan luka. Ubahlah segera duka jadi suka, gelap berganti terang, dan keputusasaan menjadi harapan. Ya Allah dalam kedukaan ini jangan biarkan umatMu merasa sendiri. Berfirmanlah Engkau, janganlah biarkan peristiwa kematian ini menggoncangkan dan menghancurkan jiwa kami. Ya Allah, yakinkanlah kami Engkau adalah Allah yang hidup, PutraMu sudah mengalahkan maut, supaya dalam duka nestapa sekali pun kami tetap percaya dan taat kepadaMu.

Ya Allah, kami datang ke hadapanMu sebab kami kehilangan orangtua yang melahirkan dan membesarkan kami. Luka dan duka hati kami sangat dalam, ya Tuhan. Siapakah yang dapat menolong kami? Hanya Engkau sajalah Tuhan satu-satunya yang kami percaya. Jangan tinggalkan kami di malam-malam gelap dan gulita ini. Peganglah tangan kami dan peluklah kami ya Kristus. Tinggallah Engkau di sini, sebab hati kami sangat takut dan sedih, dan kami amat lemah dan ringkih. Engkaulah Pelindung, tumpuan jiwa kami, jangan biarkan kami hancur binasa. Demi nama Kristus, Tuhan yang berkuasa dan akan datang kembali mengangkat kami. AMIN.

Ya Tuhan Allah, lihatlah air mata dan tangisan anak-anakMu. Hiburkan, hiburkanlah kami, ya Allah. Engkau tidak pernah menolak hati yang patah dan menghina jiwa yang remuk. Engkau tidak pernah melarang kami menangis. Terimalah hati dan jiwa kami yang hancur sebagai persembahan kami kepadaMu. Janganlah tolak kami. Engkau adalah Allah kami, Tuhan yang baik sepanjang hidup kami. Biarkanlah kami mencurahkan segala kegalauan hati dan air mata kami ke dalam dekapan kasihMu. Ya Roh Penghiburan, kasihanilah kami, datanglah menguatkan kami. AMIN.

Ya Allah kami berdoa bagi saudara-saudara kami yang berduka karena dipaksa berpisah dengan orang-orang yang dikasihi dan mengasihinya. Engkaulah sumber penghiburan sejati. Hiburkanlah hati kami, hapuskanlah air mata dan belalah kami. Yakinkanlah kami Engkau adalah Tuhan baik bagi orang hidup maupun mati. Kekasih-kekasih kami yang meninggal dunia aman dalam genggaman tanganMu. Ya Allah, hadirlah Engkau di dalam rumah dan hati kedukaan ini, tinggallah di sini mengambil bagian dalam dukacita dan lara kami. Janganlah biarkan kami hanyut dan larut dalam kesedihan. Tolonglah kami mengawali kembali kehidupan kami dengan iman dan harapan yang terarah kepadaMu. Dalam Kristus yang bangkit kami berdoa. AMIN.


Ya Allah, Engkau berfirman : buluh yang patah terkulai, tidak akan Kauputuskan, dan sumbu yang redup nyalanya tidak akan kaupadamkan. Kami adalah buluh yang patah dan sumbu yang redup itu. Kasihanilah kami, ya Allah, hiburkanlah kami! Yakinkanlah kami dalam kedukaan ini kami berharga di mataMu, Tuhan tidak akan meninggalkan atau membiarkan kami. Kami adalah milikMu dan Engkau adalah milik kami. Tinggallah Engkau di hati kami, dan biarlah kami juga tetap ada di hatiMu, ya Tuhan. Kematian ini begitu pahit dan sedih, kami sangat membutuhkan Kau ada di sini di samping kami. Ya Allah, demi Kristus PutraMu yang telah mati untuk kami, nyatakanlah diriMu yang hidup kepada kami. AMIN.




Ya Allah Bapa yang baik, hari ini kami mengingat saudara-saudara kami yang dipaksa kematian yang kejam berpisah dengan orang-orang yang mereka kasihi. Yakinkanlah kami semua maut tidak mampu memisahkan kami dari kasihMu abadi. Memang kami berduka karena maut telah merenggut orang yang kami kasihi dari dekat kami, namun kami percaya maut tidak berkuasa merampas Engkau dari umatMu. Teguhkanlah iman kami. Bukalah mata dan hati kami melihat kehadiran dan cinta Tuhan dalam kehidupan ini sehingga dalam kedukaan sekali pun kami masih dapat bersyukur kepadaMu. Dalam nama Tuhan Yesus yang telah mati dan bangkit kembali.

Ya Kristus, kepadaMulah kami membawa air mata kedukaan kami sebab Engkaulah satu-satunya Tuhan dan Juruslamat kami. Biarkanlah kami menangis di hadapanMu, dan mencurahkan segala isi hati kami padaMu sebab hanya Engkaulah yang paling memahami pergumulan kami yang mendalam
dan mengenal jiwa kami. Ya Kristus lihatlah kami, rasakanlah kesedihan, ketakutan, kemarahan, dan kegamangan jiwa kami. Biarlah RohMu berkenan tinggal di dalam remuk hati kami, menghibur dan menguatkan perasaan kami. Berfirmanlah Engkau dari kedalaman batin kami, sentuhlah dan sapalah kami, sebab Engkaulah Tuhan dan Juruslamat kami, juga di hari-hari duka ini. AMIN.


Semoga, beberapa Contoh DOA Penghiburan kristen untuk Keluarga Yang Sedang Berduka untuk memperkuat orang-orang yang berduka yang telah saya bagikan kepada Anda dapat membantu memperkuat iman dan keyakinan Anda dan juga membuat Anda lebih kuat untuk melepaskan segala yang telah terjadi. Sebagai manusia yang masih melakukan perjalanan di dunia ini, akan lebih baik jika kita terus berusaha menemukan kerajaan Allah dengan mencoba memenuhi beberapa persyaratan untuk masuk surga sesuai dengan Alkitab, sehingga kita dapat bertemu orang yang kita cintai dan Tuhan sendiri. Terima kasih atas waktu yang Anda habiskan untuk membaca artikel dan berbagai pertemuan informasi Kristen di situs web kami. Semoga dengan situs web ini, iman dan kepercayaan Anda kepada Tuhan dapat tumbuh lebih besar lagi. Tuhan Yesus, berkati kami semua.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar